Langsung ke konten utama

PEWRMAINAN BOLA KECIL MELALUI PERMAINAN SOFT BALL (Peraturan permainan)kls 8,Kamis 24 september 2020

 

B.   Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Softball

 

Variasi dalam pembelajaran softball adalah melakukan satu bentuk gerak spesifik dengan berbagai cara, seperti melakukan gerak spesifik melambung melempar bola

 

di tempat, sambil bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.

Akhir dari pembelajaran variasi gerak spesifik ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.

 

1.       Aktivitas Pembelajaran Melambungkan dan Menangkap Bola Berhadapan

Gambar 2.5 Melambungkan dan menangkap bola berhadapan.

 

(1)     Bentuk kelompok, berdiri berhadapan berjarak kurang lebih 5-7 m, satu kelompok satu bola softball.

 

(2)     Lambungkan bola ke arah teman di depannya menggunakan satu lengan dan tangan, ketinggian bola di atas lutut, lalu bola ditangkap oleh teman di depannya menggunakan tangan yang memakai sarung tangan (glove), lakukan seperti pertama secara bergantian.

 

(3)     Tahap pertama, lakukan di tempat.

 

(4)     Tahap kedua, lakukan bergerak maju, mundur, dan menyamping.

 

(5)     Tahap ketiga, lakukan dengan gerak berpindah posisi setelah melakukan gerakan.

 

(6)     Fokuskan gerak spesifik gerakan putaran lengan di samping badan dengan sumber gerakan pada pangkal bahu, lepaskan bola saat lengan lurus ke depan, dan pergelangan tangan dan jari-jari tangan.

2.       Aktivitas Pembelajaran Melambungkan dan Menangkap Bola Dilakukan 3 rang dengan Formasi Membentuk Garis Lurus



Gambar 2.6 Melambungkan dan menangkap bola dilakukan 3 orang formasi membentuk garis lurus.

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Posisi a, lambungkan bola ke arah posisi b, dan posisi b diawali memutar badan ke arah posisi c, lakukan kebalikannya (c, b, lalu a), lambungkan bola di atas lutut, bola ditangkap menggunakan tangan yang memakai sarung tangan (glove).

 

(2)     Fokuskan gerak spesifik gerakan putaran lengan di samping badan dengan sumber gerakan pada pangkal bahu, lepaskan bola saat lengan lurus ke depan, dan pergelangan tangan dan jari-jari tangan.

 

3.      Aktivitas Pembelajaran Memukul Menggunakan Stick (Tongkat) Bola di Atas Bettig Tea, Bola Tergantung



Gambar 2.7 Memukul menggunakan stick (tongkat) bola di atas bettig tea dan bola tergantung.

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)    Bentuk kelompok, berdiri menghadap beeting tea atau menghaap bola tergantung. Satu kelompok satu bola softball

(2)     Pemukul bola di atas bettig tea,

 

(3)     Jika sudah menguasi lanjutkan dengan tahap kedua memukul bola tergantung,

(4)     Fokuskan gerak spesifik gerakan memegang stick (tongkat , ayunan lengan, dan fokus terhadap sasaran bola.

4.      Aktivitas Pembelajaran Memukul Bola dengan Stick (Tongkat), Bola Dilambungkan Sendiri



Gambar 2.8 Memukul bola dengan stick (tongkat) bola dilambung sendiri.

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Lambungkan bola ke atas depan badan, saat bola turun sebatas pinggang tahan bola dengan stick (tongkat).

 

(2)     Fokuskan gerak spesifik gerakan memegang stick (tongkat), perkenaan bola pada stick, dan fokus terhadap sasaran bola.

 

5.      Aktivitas Pembelajaran Memukul Bola dengan Stick (Tongkat), Bola Dilambungkan Teman



Gambar 2.9 Memukul bola dengan stick (tongkat) bola dilambung teman

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Berdiri berhadapan A dan B berjarak ± 3-4 meter, A sebagai pemukul, dan B sebagai pelambung, satu pasangan satu buah bola softball dipegang oleh B,

 

(2)     B melambungkan bola ke A, dan A memukul bola,

(3)     Fokuskan gerak spesifik gerakan memegang stick (tongkat), ayunan lengan, dan fokus terhadap sasaran bola.

 

6.      Aktivitas Pembelajaran Memukul Bola dengan Stick (Tongkat), Bola Dilambungkan Teman (Pitcher)



Gambar 2.10 Memukul bola dengan stick (tongkat) bola dilambung teman (pitcher).

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Peserta didik berdiri berhadapan A dan B berjarak ± 4-5 meter, A sebagai pelambung (pitcher) dan B sebagai pemukul. Satu pasangan satu buah bola softball dipegang oleh A.

 

(2)     A melambungkan bola ke B, dan B memukul bola.

(3)     Fokuskan prinsip dasar gerakan memegang stick (tongkat), ayunan lengan, dan fokus terhadap sasaran bola.

 

7.      Aktivitas Pembelajaran Memukul Bola Bunt dengan Stick (Tongkat), Bola Dilambungkan Sendiri




Gambar 2.11 Memukul bola bunt dengan stick (tongkat)

Tahapan Pemblejaran

 

(1)     Bentuk kelompok, berdiri menghadap arah gerakan, satu kelompok satu buah bola softball dipegang oleh tangan kanan, tangan kiri memegang stick (tongkat).

 

(2)     Lambungkan bola ke atas depan badan. Saat bola turun sebatas pinggang, tahan bola dengan stick (tongkat).

 

(3)     Fokuskan gerak spesifik gerakan memegang stick (tongkat), perkenaan bola pada stick, dan fokus terhadap sasaran bola.

 

8.      Aktivitas Pembelajaran Memukul Bola Bunt dengan Stick (Tongkat) Bola Dilambungkan Teman



Gambar 2.12 Memukul bola bunt dengan stick (tongkat) bola dilambung teman.

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Berhadapan A dan B berjarak ± 3- 4 meter, A sebagai pemukul dan B sebagai pelambung.

 

(2)     B melambungkan bola ke A, dan A memukul bola (bunt),

(3)     Fokuskan gerak spesifik gerakan memegang stick (tongkat , perkenaan bola pada stick, dan fokus terhadap sasaran bola.

 

9.      Aktivitas Pembelajaran Memukul Bola Dengan Stick (Tongkat) Bola Dilambungkan Teman (Pitcher)



Gambar 2.13 Memukul bola dengan stick (tongkat) bola dilambung teman (pitcher)

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Berdiri berhadapan a dan b berjarak ± 4-5 meter,

(2)     A sebagai pelambung (pitcher) dan B sebagai pemukul, satu pasangan satu buah bola softball dipegang oleh B,

 

(3)     B melambungkan bola ke A, dan A memukul bola (bunt),

(4)     Fokuskan gerak spesifik gerakan memegang stick (tongkat , perkenaan bola pada stick, dan fokus terhadap sasaran bola.

 

C.   Aktivitas Variasi Bermain Softball

 

Variasi dalam bermain softball adalah melakukan bentuk gerakan spesifik dengan berbagai cara, seperti melakukan gerak spesifik melambung memukul, dan

 

menangkap bola di tempat, bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, zig-zag, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.

 

Akhir dari pembelajaran kombinasi gerak spesifik ini adalah untuk meningkatkan

 

pengetahuan, keterampilan, dan koordinasi gerakan, serta penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.

 

Aktivitas Variasi Bermain Melempar, Memegang Stick, dan Memukul Bola



Gambar 2.14 Melempar, memegang stick dan memukul bola.

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Bentuk kelompok (A, B, C, dan D ) masing-masing berhadapan dengan jarak ± 6-9 meter.

 

(2)     Kelompok A pemukul, kelompok B, C, dan D pelambung (pitcher atau lambungan biasa).

 

(3)     Tahap pertama pukulan swing dan tahap kedua pukulan bunt.

(4)    B melambungkan bola pada A, dan A memukul. Setelah melambung dan memukul bola, pemain bergerak pindah tempat (B ke kelompok A, dan A ke kelompok B; C dan D bergerak pindah ke A), fokuskan terhadap gerak spesifik memukul dan melempar.

2. Aktivitas Variasi Bermain Melempar, Memegang Stick dan Memukul Bola



Gambar 2.15 Melempar, memegang stick dan memukul bola.

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Bentuk kelompok (A dan B ) masing-masing berhadapan berjarak ± 6-9 meter.

 

(2)     Kelompok B pelambung (pitcher atau lambungan biasa), kelompok A pemukul.

 

(3)     Tahap pertama pukulan swing dan tahap kedua pukulan bunt.

(4)     B melambungkan bola pada A, dan A memukul. Setelah melambung dan memukul bola, pemain bergerak pindah tempat (B ke kelompok A, dan A kelompok B),

 

(5)     Fokuskan terhadap gerak spesifik memukul dan melempar.

 

D.   Aktivitas Bermain Softball Sederhana

 

Akhir dari pembelajaran bermain sederhana adalah mengkomunikasikan gerak

 

spesifik yang telah dikuasi untuk lebih meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan

 

koordinasi gerakan, serta penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama, dengan pembelajaran sebagai berikut.

 

1.      Aktivitas Bermain Melempar, Menangkap Bola, dan Berlari

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Persiapan: Bentuk kelompok (A sampai F) empat orang per kelompok, masing-masing menempati posisinya. Kelompok A menangkap dan melempar, kelompok B pelambung (pitcher atau lambungan biasa) juga penangkap bola; kelompok C, D, E pelari; dan kelompok F penangkap dan pelempar. Permainan dilakukan ± 2-3 menit,

 

(2)     Pelaksanaan: B melambungkan bola pada A, dan A menangkap lalu dilempar ke kelompok F. Maka, A lari ke C, C ke D, D ke E, dan E ke B, sedangkan B ke A. Lakukan seterusnya seperti gerakan pertama. Untuk kelompok F, mendapat giliran setelah permainan berakhir ± 2-3 menit.



Gambar 2.16 Melempar, menangkap bola, dan berlari.

 

2.      Aktivitas  Bermain Melempar, Memegang Stick, Memukul, Menangkap

 

Bola, dan Berlari   epat



Gambar 2.17 Melempar, memegang stick, memukul, menangkap bola, dan berlari cepat.

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Bentuk kelompok (A sampai F ) empat orang (peserta didik) per kelompok, masing-masing menempati posisinya. Kelompok A pemukul, kelompok B pelambung (pitcher atau lambungan biasa), kelompok C D, E pelari, dan kelompok F penangkap dan pelempar. Permainan dilakukan ± 2-3 menit.

 

(2)     B melambungkan bola pada A, dan A memukul bola setelah bola dipukul, A lari ke C, D ke E, dan E ke B, sedangkan B ke A. Perpindahan lari dilakukan dengan cepat sebelum bola dilempar ke O. Lakukan seterusnya seperti gerakan pertama. Kelompok F dan O mendapat giliran setelah permainan berakhir ± 2-3 menit.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis