PEWRMAINAN BOLA KECIL MELALUI PERMAINAN SOFT BALL (Peraturan permainan)kls 8,Kamis 24 september 2020
B.
Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Softball
Variasi dalam pembelajaran softball adalah melakukan
satu bentuk gerak spesifik dengan berbagai cara, seperti melakukan gerak
spesifik melambung melempar bola
di tempat, sambil bergerak
maju-mundur, dan bergerak menyamping, baik secara perorangan, berpasangan
maupun kelompok.
Akhir dari pembelajaran variasi gerak spesifik ini adalah
untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan penanaman nilai disiplin,
menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.
1. Aktivitas Pembelajaran Melambungkan dan Menangkap Bola Berhadapan
Gambar 2.5 Melambungkan dan
menangkap bola berhadapan.
(1) Bentuk kelompok, berdiri
berhadapan berjarak kurang lebih 5-7 m, satu kelompok satu bola softball.
(2)
Lambungkan
bola ke arah teman di depannya menggunakan satu lengan dan tangan, ketinggian
bola di atas lutut, lalu bola ditangkap oleh teman di depannya menggunakan
tangan yang memakai sarung tangan (glove), lakukan seperti pertama
secara bergantian.
(3)
Tahap
pertama, lakukan di tempat.
(4)
Tahap
kedua, lakukan bergerak maju, mundur, dan menyamping.
(5) Tahap ketiga, lakukan dengan
gerak berpindah posisi setelah melakukan gerakan.
(6)
Fokuskan
gerak spesifik gerakan putaran lengan di samping badan dengan sumber gerakan
pada pangkal bahu, lepaskan bola saat lengan lurus ke depan, dan pergelangan
tangan dan jari-jari tangan.
2. Aktivitas Pembelajaran
Melambungkan dan Menangkap Bola Dilakukan 3 rang dengan Formasi Membentuk Garis
Lurus
Gambar
2.6 Melambungkan dan menangkap bola dilakukan 3 orang formasi membentuk garis
lurus.
Tahapan Pembelajaran
(1) Posisi a, lambungkan bola ke
arah posisi b, dan posisi b diawali memutar badan ke arah posisi c, lakukan
kebalikannya (c, b, lalu a), lambungkan bola di atas lutut, bola ditangkap
menggunakan tangan yang memakai sarung tangan (glove).
(2) Fokuskan gerak spesifik
gerakan putaran lengan di samping badan dengan sumber gerakan pada pangkal
bahu, lepaskan bola saat lengan lurus ke depan, dan pergelangan tangan dan jari-jari
tangan.
3. Aktivitas Pembelajaran
Memukul Menggunakan Stick (Tongkat) Bola di Atas Bettig Tea, Bola
Tergantung
Gambar
2.7 Memukul menggunakan stick (tongkat) bola di atas bettig tea
dan bola tergantung.
Tahapan Pembelajaran
(1) Bentuk kelompok, berdiri
menghadap beeting tea atau menghaap bola tergantung. Satu kelompok satu
bola softball
(2)
Pemukul
bola di atas bettig tea,
(3)
Jika sudah menguasi lanjutkan dengan
tahap kedua memukul bola tergantung,
(4) Fokuskan gerak spesifik
gerakan memegang stick (tongkat , ayunan lengan, dan fokus terhadap sasaran
bola.
4. Aktivitas Pembelajaran
Memukul Bola dengan Stick (Tongkat), Bola Dilambungkan Sendiri
Gambar 2.8 Memukul bola dengan stick
(tongkat) bola dilambung sendiri.
Tahapan Pembelajaran
(1) Lambungkan bola ke atas depan
badan, saat bola turun sebatas pinggang tahan bola dengan stick
(tongkat).
(2) Fokuskan gerak spesifik
gerakan memegang stick (tongkat), perkenaan bola pada stick, dan
fokus terhadap sasaran bola.
5. Aktivitas Pembelajaran
Memukul Bola dengan Stick (Tongkat), Bola Dilambungkan Teman
Gambar 2.9 Memukul bola dengan stick (tongkat) bola dilambung teman
Tahapan Pembelajaran
(1)
Berdiri berhadapan A dan B berjarak
± 3-4 meter, A sebagai pemukul, dan B sebagai pelambung, satu pasangan satu
buah bola softball dipegang oleh B,
(2) B melambungkan bola ke A, dan
A memukul bola,
(3) Fokuskan gerak spesifik
gerakan memegang stick (tongkat), ayunan lengan, dan fokus terhadap
sasaran bola.
6. Aktivitas Pembelajaran
Memukul Bola dengan Stick (Tongkat), Bola Dilambungkan Teman (Pitcher)
Gambar
2.10 Memukul bola dengan stick (tongkat) bola dilambung teman (pitcher).
Tahapan Pembelajaran
(1) Peserta didik berdiri
berhadapan A dan B berjarak ± 4-5 meter, A sebagai pelambung (pitcher)
dan B sebagai pemukul. Satu pasangan satu buah bola softball dipegang
oleh A.
(2) A melambungkan bola ke B, dan
B memukul bola.
(3) Fokuskan prinsip dasar
gerakan memegang stick (tongkat), ayunan lengan, dan fokus terhadap sasaran
bola.
7. Aktivitas Pembelajaran
Memukul Bola Bunt dengan Stick (Tongkat), Bola Dilambungkan
Sendiri
Gambar 2.11 Memukul bola bunt dengan
stick (tongkat)
Tahapan Pemblejaran
(1)
Bentuk
kelompok, berdiri menghadap arah gerakan, satu kelompok satu buah bola softball
dipegang oleh tangan kanan, tangan kiri memegang stick (tongkat).
(2) Lambungkan bola ke atas depan
badan. Saat bola turun sebatas pinggang, tahan bola dengan stick
(tongkat).
(3) Fokuskan gerak spesifik
gerakan memegang stick (tongkat), perkenaan bola pada stick, dan fokus
terhadap sasaran bola.
8. Aktivitas Pembelajaran
Memukul Bola Bunt dengan Stick (Tongkat) Bola Dilambungkan Teman
Gambar 2.12 Memukul bola bunt dengan
stick (tongkat) bola dilambung teman.
Tahapan Pembelajaran
(1) Berhadapan A dan B berjarak ±
3- 4 meter, A sebagai pemukul dan B sebagai pelambung.
(2) B melambungkan bola ke A, dan
A memukul bola (bunt),
(3) Fokuskan gerak spesifik
gerakan memegang stick (tongkat , perkenaan bola pada stick, dan fokus terhadap
sasaran bola.
9. Aktivitas Pembelajaran
Memukul Bola Dengan Stick (Tongkat) Bola Dilambungkan Teman (Pitcher)
Gambar 2.13 Memukul bola dengan
stick (tongkat) bola dilambung teman (pitcher)
Tahapan Pembelajaran
(1)
Berdiri
berhadapan a dan b berjarak ± 4-5 meter,
(2) A sebagai pelambung (pitcher)
dan B sebagai pemukul, satu pasangan satu buah bola softball dipegang
oleh B,
(3) B melambungkan bola ke A, dan
A memukul bola (bunt),
(4) Fokuskan gerak spesifik
gerakan memegang stick (tongkat , perkenaan bola pada stick, dan fokus terhadap
sasaran bola.
C.
Aktivitas Variasi Bermain Softball
Variasi dalam
bermain softball adalah melakukan bentuk gerakan spesifik dengan
berbagai cara, seperti melakukan gerak spesifik melambung memukul, dan
menangkap bola di tempat,
bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, zig-zag, baik secara perorangan,
berpasangan maupun kelompok.
Akhir dari pembelajaran kombinasi
gerak spesifik ini adalah untuk meningkatkan
pengetahuan, keterampilan,
dan koordinasi gerakan, serta penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan,
tanggung jawab, dan kerja sama.
Aktivitas Variasi Bermain Melempar, Memegang Stick, dan Memukul Bola
Gambar
2.14 Melempar, memegang stick dan memukul bola.
Tahapan Pembelajaran
(1) Bentuk kelompok (A, B, C, dan
D ) masing-masing berhadapan dengan jarak ± 6-9 meter.
(2) Kelompok A pemukul, kelompok
B, C, dan D pelambung (pitcher atau lambungan biasa).
(3) Tahap pertama pukulan swing
dan tahap kedua pukulan bunt.
(4) B melambungkan bola pada A, dan A memukul. Setelah melambung dan memukul bola, pemain bergerak pindah tempat (B ke kelompok A, dan A ke kelompok B; C dan D bergerak pindah ke A), fokuskan terhadap gerak spesifik memukul dan melempar.
2. Aktivitas Variasi Bermain Melempar, Memegang Stick dan Memukul Bola
Gambar 2.15 Melempar, memegang stick
dan memukul bola.
Tahapan Pembelajaran
(1) Bentuk kelompok (A dan B )
masing-masing berhadapan berjarak ± 6-9 meter.
(2) Kelompok B pelambung (pitcher
atau lambungan biasa), kelompok A pemukul.
(3) Tahap pertama pukulan swing
dan tahap kedua pukulan bunt.
(4)
B
melambungkan bola pada A, dan A memukul. Setelah melambung dan memukul bola,
pemain bergerak pindah tempat (B ke kelompok A, dan A kelompok B),
(5)
Fokuskan
terhadap gerak spesifik memukul dan melempar.
D.
Aktivitas Bermain Softball Sederhana
Akhir dari pembelajaran bermain sederhana adalah
mengkomunikasikan gerak
spesifik yang telah dikuasi untuk
lebih meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan
koordinasi gerakan, serta
penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama,
dengan pembelajaran sebagai berikut.
1. Aktivitas Bermain Melempar,
Menangkap Bola, dan Berlari
Tahapan Pembelajaran
(1) Persiapan: Bentuk kelompok (A
sampai F) empat orang per kelompok, masing-masing menempati posisinya. Kelompok
A menangkap dan melempar, kelompok B pelambung (pitcher atau lambungan
biasa) juga penangkap bola; kelompok C, D, E pelari; dan kelompok F penangkap
dan pelempar. Permainan dilakukan ± 2-3 menit,
(2) Pelaksanaan: B melambungkan
bola pada A, dan A menangkap lalu dilempar ke kelompok F. Maka, A lari ke C, C
ke D, D ke E, dan E ke B, sedangkan B ke A. Lakukan seterusnya seperti gerakan
pertama. Untuk kelompok F, mendapat giliran setelah permainan berakhir ± 2-3
menit.
Gambar 2.16 Melempar, menangkap
bola, dan berlari.
2.
Aktivitas Bermain
Melempar, Memegang Stick, Memukul, Menangkap
Bola, dan Berlari epat
Gambar 2.17 Melempar, memegang stick,
memukul, menangkap bola, dan berlari cepat.
Tahapan Pembelajaran
(1)
Bentuk kelompok (A sampai F ) empat
orang (peserta didik) per kelompok, masing-masing menempati posisinya. Kelompok
A pemukul, kelompok B pelambung (pitcher atau lambungan biasa), kelompok
C D, E pelari, dan kelompok F penangkap dan pelempar. Permainan dilakukan ± 2-3
menit.
(2)
B
melambungkan bola pada A, dan A memukul bola setelah bola dipukul, A lari ke C,
D ke E, dan E ke B, sedangkan B ke A. Perpindahan lari dilakukan dengan cepat
sebelum bola dilempar ke O. Lakukan seterusnya seperti gerakan pertama.
Kelompok F dan O mendapat giliran setelah permainan berakhir ± 2-3 menit.
Komentar
Posting Komentar