Langsung ke konten utama

Permaianan Bola Kecil Melalui Bulu Tangkis,Kls 9 ,15 September 2020

Pengertian Bulu tangkis

“Badminton atau bulu tangkis adalah sebuah olahraga raket yang dalam permainannya dilakukan oleh dua orang yaitu satu lawan satu untuk permainan tunggal. Ataupun permainan ganda memakai dua pasangan yang saling berlawanan”
Permainan olahraga ini hampir sama dengan tenis. Bulutangkis atau yang umum disebut dengan badminton bertujuan untuk memukul bola permainan yang disebut kok atau shuttlecock.

Lapangan Badminton

Lapangan badminton mempunyai bentuk persegi empat yang dibatasi oleh net untuk memisahkan antara daerah permainan sendiri dan juga daerah permainan lawan. Dengan ukuran panjang lapangan 13,40 meter yang bisa dipakai untuk partai tunggal atau ganda.


lapangan badminton
lapangan badminton

Memiliki lebar lapangan 6,10 meter untuk pertandingan ganda dan ukuran 5,18 m jika digunakan untuk partai tunggal. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan warnanya harus kontras pada warna lapangan.
Ukuran net sama untuk tunggal dan ganda:
• Tinggi 1,55 meter
• Panjang 6,10 meter
• Lebar 0,67 meter

Peraturan Badminton

peraturan yang berlaku yaitu harus sesuai dengan peraturan IBF. Kebijakan ini bukan hanya berlaku untuk peralatan dan perlengkapan yang dipakai saja. tetapi, partai yang berkepentingan juga harus mengikutinya seperti contohnya produsen peralatan.
  1. Para pemain pada permainan badminton dibedakan menjadi beberapa partai. Partai itu diantaranya adalah partai tunggal dan partai ganda. Partai ini berlaku untuk putra maupun putri. tetapi, dalam partai ganda ada ganda campuran.
  2. Pertandingan dipimpin seorang wasit da dibantu 4 hakim garis. Jika bola keluar garis isyarat hakim garis yaitu dengan merentangkan kedua tangan ke samping.
  3. Sebelum permainan dimulai, akan diadakan undian untuk melakukan servis terlebih dahulu bagi tim yang menang dalam undiannya.

Perhitungan Angka

Perhitungan atau skorsing di permainan badminton memiliki ketentuan sebagai berikut:
Dilakukan dengan dua kali kemenangan. Sejak februari tahun 2006, semua partai permainan menggunakan sistem pemenang 2 dari 3 set yang masing-masing didapat dengan sistem penilaian rally point. Sistem ini dilakukan dengan jumlah setiap game 21.
Dan jika terjadi kedudukan nilai 20-20, maka dinamakan yus. hingga untuk mencari kemenangan setelah kedudukan itu selisih dua poin lebih dulu harus bisa diraih. Bila pihak server melakukan kesalahan, maka penerima server dinyatakan pindah bola dan mendapat nilai 1 poin.
Bila penerima server melakukan kesalahan, maka pemain server mendapat nilai 1 poin.
Server melakukan kesalahan jika letak shuttlecock saat dipukul lebih tinggi dari pinggang server. Atau ketika shuttlecock dipukul badan raket tak diarahkan ke bawah, hingga semua bagian kepala raket tak secara jelas dan nyata ada di bawah tangan server yang memegang raket.

Teknik Dasar Badminton

Cara memegang raket yang terdiri atas tiga macam cara yaitu :
Pegangan dasar atau forehand
pegangan ini bisa dilakukan dengan cara mendirikan raket dengan sisi tegak dengan lantai ini nyaris sama dengan posisi tangan yang sedang bersalaman.
Cara memegang backhand
ini bisa dilakukan dengan cara memutar 1/4 ke kanan dari pegangan forehand.
Pegangan pukul kasur
Raket diletakkan mendatar di atas lantai. kemudian ambil dan pegang raket di bagian pegangan. Singga bagian tangan antara ibu jari dan juga telunjuk menempel di bagian permukaan yang lebar.
Cara-cara untuk melakukan pukulan dalam permainan badminton. Tujuannya yaitu untuk menerbangkan shuttlecock ke lapangan lawan. Terdapat berbagai macam teknik dari pukulan dalam permainan badminton yaitu:

Teknik Service dalam Permainan Bulutangkis

Teknik dasar cara melakukan servis badminton yang betul dalam bermain olahraga bulu tangkis merupakan modal awal bagi seorang pemain dalam mengawali setiap pertandingannya untuk mencuri poin atas lawan-lawannnya. Hal ini berkaitan dengan penjelasan sebelumnya tentang bagaimana Cara Memegang Raket Badminton seorang pemain apakah sudah betul atau belum. Seseorang yang belum menguasai teknik grip atau pegangan raket dengan baik tentu akan kesulitan dalam melakukan teknik service ini dengan benar.


tips cara melakukan service badminton yang baik dan benar

Seorang pemain bisa dengan mudah mendapatkan poin dengan cara melakukan servisan yang baik dan mematikan sehingga menyulitkan bagi lawan untuk mengembalikan bola kok dengan sempurna. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi kita dimana poin demi poin bisa dengan mudah kita dapatkan.

Namun begitu pula sebaliknya jika kita tidak memiliki kualitas servis yang baik maka hal itu justru akan menguntungkan bagi lawan, dimana dia akan dengan mudah menyerang balik kita. Hal ini tentu menjadi bomerang bagi kita terlebih jika kita melakukan servis dengan bola tanggung yang memanjakan lawan maka sudah barang tentu akan sangat mudah baginya untuk mematikan permainan kita.

Atau bahkan yang lebih parahnya lagi kita bisa saja memberikan poin secara cuma-cuma kepada lawan hanya karena kesalahan kita dalam melakukan servis. Oleh karena itu kita juga harus tahu beberapa aturan penting dalam melakukan servis.


Aturan permainan dalam melakukan servis bulutangkis 

  • Tinggi daun raket harus berada dibawah pegangan raket pada saat kita memukul shuttlecock.
  • Posisi pada saat perkanaan kok dan raket harus berada di bawah pinggang.
  • Kondisi kaki kiri harus statis.
  • Kaki hanya bergeser, tetapi tidak lepas dari tanah.
  • Ayunan raket, harus dalam satu rangkaian.
  • Penerima servis bolah bergerak sesaat setelah servis dipukul.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam melakukan servis bulutangkis :

  • Pada saat memukul bola, kepala (daun) raket lebih tinggi atau sejajar dengan grip raket.
  • Titik perkenaan kok, kepala (daun) raket lebih tinggi dari pinggang.
  • Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan.
  • Kaki kiri melakukan langkah.
  • Kaki kanan melangkah sebelum kok dipukul.
  • Rangkaian mengayun raket dan memukul kok tidak boleh terputus.
  • Penerima servis bergerak sebelum kok servis dipukul.
Seberapa berkualitas pukulan servis seorang pemain berbanding lurus dengan seberapa rutin dan serius dalam melatihnya. Semakin sering tangan kita dilatih untuk melakukan servis maka akan semakin baik dan berkualitas hasil servis yang kita lakukan untuk mematikan lawan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r