Langsung ke konten utama

Permaianan bola kecil melalui permainan bola kasti,Kls 7, Senin, 21 September 2020


4)       Aktivitas pembelajaran gerakan lempar tangkap bola melambung, mendatar, dan menggelundung dalam formasi berkelompok dan pemain bergerak lari setelah melakukan lemparan.

Amati dan peragakan gerakan lempar tangkap bola dengan ayunan atas, ayunan samping, dan bawah Menangkap dengan menangkap bola lurus serta bola guling rendah, dilakukan di tempat dan pemain bergerak lari setelah melakukan lemparan di lakukan secara berpasangan berikut ini.

a)       Menghadap ke arah bola.

b)       Kedua kaki dibuka dan lutut ditekuk sedikit kaki kiri depan kaki kanan di belakang.

c)       Lakukan gerakan lempar tangkap dilanjutkan bergerak lari setelah melakukan lemparan.


Gambar 2.13 Aktivitas pembelajaran melempar dan menangkap bola berkelompok

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan melempar dan menangkap bola berkelompok dalam permainan kasti, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut:

a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

c)       Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan

e.    Aktivitas  pembelajaran  gerak  spesifik  memukul  obyek  yang dilambungkan/ dilemparkan dari berbagai arah, jarak, dan kecepatan

1)   Aktivitas Pembelajaran Memukul Lurus/Mendatar

Amati dan peragakan gerakan memukul bola lurus mendatar berikut ini.

a)       Pandangan ke arah bola dan ayunkan pemukul ke depan bola.

b)       Pemukul tepat mengenai bola sehingga bola meluncur lurus, mendatar ke depan.

c)       Sikap setelah memukul, kayu pemukul tetap mengayun ke depan dan ke samping kiri.
1)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

2)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

3)       Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

4.   Aktivitas pembelajaran bermain kasti menggunakan peraturan dimodifikasi

Tujuan pembelajaran melempar, memukul dan menangkap bola adalah untuk mengombinasikan gerak dasar dalam permainan kasti. Setelah melakukan gerak dasar melempar, memukul dan menangkap bola, rasakan gerakan melempar, memukul dan menangkap bola yang mana mudah dan sulit dilakukan. Mengapa gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahan tersebut, kemudian lakukan kembali gerakan-gerakan tersebut.

Gerak dasar melempar, memukul dan menangkap bola dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan melempar, memukul dan menangkap bola, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin.

Bentuk-bentuk pembelajaran gerak dasar melempar, memukul dan menangkap bola tersebut adalah berikut ini.

a.   Aktivitas Pembelajaran Bermain Kasti dengan Gerakan Bola Lambung

Amati dan peragakan kasti dengan gerakan bola lambung berikut ini.

1)       Permainan dilakukan 2 regu masing-masing regu 7-10 orang (a-b).

2)       Bila regu a melakukan lambungan, maka regu b melakukan jaga.

3)       Bola dilambungkan regu a yang tidak tertangkap oleh penjaga regu b, maka anggota regu yang melakukan lambungan berhak lari ke base i, ii, iii atau iv. Bila lambungan tertangkap regu b, yang melakukan lambungan mati (dianggap gugur ke luar) dan seterusnya.

4)       Lambungan bola yang tertangkap skor satu untuk regu yang menangkap bola.

5)       Lambungan bola yang tidak tertangkap skor satu untuk regu pelambung.
 
Gambar 2.16 Aktivitas pembelajaran bermain dengan bola dilambungkan

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan bermain kasti dengan bola dilambungkan kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut:

1)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

2)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

3)       Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

b.       Aktivitas pembelajaran bermain dengan gerakan bola dipukul dan dilambungkan dari arah samping/depan

Amati cara bermain kasti dengan gerakan bola dipukul dan dilambungkan dari arah samping/depan berikut ini.

1)        Bola yang digunakan bola yang lunak/lembut, agar tidak memantul terlalu jauh.

2)        Ketentuan permainan yang lainnya sama dengan pembelajaran bermain pertama.

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan bermain kasti dengan bola dipukul dan dilambungkan dari arah samping/depan, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut:

1)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

2)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.


3)       Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.
Gambar 2.17 Aktivitas pembelajaran bermain dengan bola dipukul dan dilambungkan dari arah samping/depan

c. aktivitas pembelajaran bermain kasti dengan memukul bola dan lari

Amati cara bermain kasti dengan gerakan memukul bola dan berlari berikut

ini.

1)       Setelah melakukan pukulan terhadap bola dengan baik dan benar, maka pemain harus berlari menuju tiang hinggap pertama.

2)       Begitu pula pelari yang ada di tiang hinggap yang lebih dahulu dapat berlari ke tiang hinggap berikutnya. berlari harus dilakukan secepat mungkin agar tidak dimatikan oleh penjaga.


* alhamdulillah kita teah mem pelajari permaian bola kasti pada saat ini,untuk memperlancar ingatan kita dalam permaiana kasti.silakan kalian mengerjakan tugas latihan di bawah ini
* Silakan Kalian Tulis Dibuku Latihan Penjas,Soal Dan Jawabannya
* kalian bisa melihat bloger sebelunya yaitu bola kasti,di aploutan tgl 7 september kemarin.
* Kalau sudah selesai mengerjakan di foto kirim ke nomor bpk.

Selamat mengerjakan

1.       Tulisan macam-macam cara melempar bola dalam permainan kasti.

2.       Tulisan macam-macam cara menangkap bola dalam permainan kasti.

3.       Tulisan macam-macam cara memukul bola dalam permainan kasti.

4.       Jelaskan cara melempar dan menangkap bola dalam permainan kastil.

5.       Jelaskan cara memukul bola dalam permainan kasti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r