Langsung ke konten utama

Pembelajaran Melalui Aktivitas Senam Lantai,Kelas 8, Kamis, 28-1-2021

Unit Kerja         : SMPAL-AZHAR 1 Bandar Lampung

Nama Guru      : Andi prayogo,S.Pd

NIK                 198411162015071345
Kelas               : IX b

Assalamualaikum Wr Wb,alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu Aamiin Ya robal alamin,
Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh?Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allahkekuatan dan kemampuan untuk melaksanakan

dan semoga sudah sholat duha juga yaa?
Pada kesempatan kali ini 
Kita akan melanjutkan pembahasan kita yaitu bentuk bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani
Sebelum memulai kegiatan belajar marilah kita berdoa terlebih dahulu, , (berdoa Mulai)

Tujuan Pembelajaran: :
Bapak berharap dengan kita mempelajari materi ini,siswa siswi dapat memahami,dan menerapkan Kegiatan aktivitas senam (Gerakan Senam Lantai)

3.6 Memahami kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam aktivitas spesifik senam lantai.

3.6.1. Mengidentifikasikan kombinasi gerakan senam lantai.

3.6.2. Menjelaskan kombinasi gerakan senam lantai.

3.6.3. Menjelaskan cara melakukan kombinasi gerakan senam lantai.

Pembelajaran Melalui Aktivitas Senam Lantai

 

Senam merupakan jenis olahraga yang mengakar pada kebudayaan Yunani kuno dalam menyembah dewa Zeus. Pada permulaan abad ke-20, senam mulai diperkenalkan sebagai salah satu cabang olah tubuh yang kemudian menjadi populer di berbagai Negara. Dalam masa perkembangannya, senam kemudian membagi dirinya ke dalam beberapa jenis spesifik. Satu di antaranya adalah senam lantai

 

atau biasa juga dikenal dengan istilah oo is . Apa yang dimaksud dengan senam lantai? Secara sederhana, senam ini sama saja dengan pengertian senam pada umumnya. Sama seperti namanya, senam ini dilakukan di atas lantai tanpa bantuan alat apapun kecuali matras yang bisa digunakan jika diinginkan.

 

Sejarah senam secara umum, tentu tak bisa lepas dari peranan bangsa Yunani.

 

Namun jika mengulas mengenai s s l i secara mendetil, maka mungkin kita seharusnya mengambil awalan dari Cina kuno sebab sejak 2700 Sebelum Masehi

mereka telah mengenal beberapa bentuk sederhana dari senam lantai yang dahulu dilakukan di biara-biara dan bukan sebagai sebuah senam tetapi bagian dari langkah pengobatan dan juga bela diri. Catatan mengenai gerakan sederhana dari senam lantai ini bisa dijumpai dari kitab peninggalan Khong Hu Cu yang banyak bercerita mengenai gerakan-gerakan tertentu yang dilakukan dengan tujuan pengobatan.

 

Sejarah senam lantai lainnya tak bisa lepas dari negeri Taaj Mahal, India. Negeri yang satu ini memang sudah lama dikenal sebagai salah satu rumah sejarah pengobatan dengan metode pernafasan dan gerakan tubuh. Langkah pengobatan ini tidak lepas dari kepercayaan keagamaan yang dianut di India. Salah satu warisan India yang erat kaitannya dengan sejarah senam lantai adalah yoga. Jika Anda cermati, gerakan dasar pada yoga memiliki kesamaan dengan senam lantai misalnya saja gerakan kayang dan semacamnya. Yoga dahulu dipercaya bukan hanya sebagai penyembuh tetapi juga sarana untuk memuja dewa berdasarkan kepercayaan orang India. Dalam yoga, dituntut adanya kelenturan tubuh serta aliran napas yang dinamis seperti yang dijumpai pada senam lantai modern.

 

Sejarah senam lantai juga bisa dijumpai pada tulisan atau gambar yang ada di Piramida Mesir. Dalam fitur salah satu keajaiban dunia tersebut terdapat banyak kisah yang diceritakan dalam bentuk gambar oleh nenek moyang Mesir. Mereka bercerita soal kehidupan mereka termasuk di dalamnya beberapa gerakan olahraga sederhana yang identik dengan senam lantai. Bahkan, beberapa peneliti menyimpulkan bahwa dari apa yang mereka gambarkan, terlihat bahwa nenek moyang mesir mengenal gerakan-gerakan yang hampir serupa dengan yoga di India juga gimnastik Jerman kuno yang mencakup di dalamnya gerakan-gerakan sederhana yang ada pada senam lantai. Berdasarkan fakta-fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa sejarah senam lantai bukanlah hal yang dimulai dari abad ke-20 tetapi jauh melampaui tahun-tahun sebelum itu. Nenek moyang kita telah lama mengenal gerakan yang juga dikenal dalam senam lantai dewasa ini meskipun masih dalam ciri yang terlampau sederhana.

 

A.   Gerak Spesifik Senam Lantai

 

1.       Gerakan Spesifikasi Meroda

 

Gerakan meroda merupakan gerakan memutar badan dengan sikap awali menyamping arah gerakan dan tumpuan berat badan ketika berputar menggunakan kedua tangan dan kaki. Teknik gerakan meroda dapat dilakukan sebagai berikut (lihat Gambar: 6.1).

 

(           Posisi awal : berdiri sikap menyamping arah gerakan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lengan terentang serong atas.

 

(           Gerakan: bila gerakan diawali tangan kiri, letakkan telapak tangan kiri pada matras yang diikuti kaki kanan terangkat lurus ke atas, Saat tangan kanan diletakkan pada matras, kaki kiri terangkat lurus ke atas, hingga badan membentuk berdiri dengan tangan. Turunkan dengan cepat kaki kanan pada matras disusul terangkatnya tangan kiri dari matras dan kaki kiri mendarat matras.

(           Akhir gerakan: berdiri sikap menyamping arah gerakan dengan posisi kedua kaki terbuka selebar bahu, sikap kedua lengan terentang serong atas di samping telinga.


Gambar 6.1 Gerakan meroda

 2. Gerakan Spesifik Guling Lenting

 

Gerakan guling lenting merupakan gerak melecutkan kedua kaki ke depan atas setelah tengkuk menempel matras dengan sumber gerakan dari pinggang. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut (lihat Gambar . .

 

(           Posisi awal posisi jongkok menghadap matras (arah gerakan , kedua telapak tangan di atas matras, pandangan ke depan.

 

(           Gerakan: angkat pinggul dan masukkan kepala di antara kedua lengan yang ditekuk

 

keluar, saat tengkuk menempel matras, lecutkan kedua kaki ke depan hingga keduanya mendarat pada matras dengan ujung telapak kaki agak rapat,

 

(           Akhir gerakan berdiri dengan kedua kaki agak rapat, pinggang melenting ke belakang, kedua lengan lurus ke atas di samping telinga. Pandangan ke depan atas.

Variasi dan kombinasi merupakan melakukan beberapa bentuk gerakan spesifik dengan berbagai cara, seperti gerak spesifik meroda, guling lenting dari posisi jongkok, berdiri dan melangkah, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.  Pembelajaran variasi dan kombinasi gerak spesifik adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan menanamkan nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab dan perbedaan.  Meroda dan guling lenting merupakan dua gerakan dasar dalam senam lantai. Dua gerakan ini membutuhkan kekuatan, ketahanan serta keseimbangan tubuh. Variasi gerak spesifik meroda dan guling lenting tergolong dalam gerak kombinasi senam lantai. Baca juga: Variasi Gerak Spesifik Guling Belakang dan Guling Lenting Gerakan meroda dan guling lenting bisa dikombinasikan menjadi satu gerakan kombinasi yang utuh. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Berikut penjelasannya yang dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud): 

Terdapat sepuluh langkah yang bisa dilakukan untuk melatih variasi gerak kombinasi meroda serta guling lenting, yaitu: 

Baca juga: Variasi Gerak Spesifik Guling Depan dan Guling Belakang Tubuh dalam posisi berdiri tegak dan menyamping dari arah matras. Kedua kaki harus dibuka sedikit lebar. Posisi kedua tangan direntangkan ke atas dan dibuka lebar seperti membentuk huruf V. Badan dijatuhkan ke samping kanan. Telapak tangan diletakkan di samping kanan dan perlahan angkat kaki kiri dalam posisi lurus ke atas. Saat badan mulai berputar. Posisi kedua kaki dibuka lebar di atas. Kedua tangan posisinya dibuka selebar bahu. Kemudian angkat tangan kanan untuk mulai memutar badan ke posisi semula. Pastikan jika posisi kaki yang lebih dulu menapak permukaan lantai sudah berdiri kokoh. Saat akan melakukan gerakan guling lenting, posisi tubuh berdiri dan salah satu kaki dimajukan ke depan. Pada saat yang bersamaan, salah satu tangan dimajukan ke depan. Misalkan kaki kanan dimajukan ke depan, maka tangan kanan juga dimajukan ke depan. 

Letakkan kedua tangan di permukaan lantai. Kaki yang dimajukan ke depan tetap menapak kuat di permukaan lantai. Sedangkan kaki yang berada di belakang dinaikkan ke atas. Pada saat yang bersamaan angkat kedua kaki secara bersamaan. Posisi kaki lurus dan rapat ke atas. Dorong badan ke depan dan secara perlahan lepas kedua tangan. 

Posisi tubuh saat melakukan gerakan ini adalah melayang di udara. Pastikan untuk meletakkan kedua kaki secara lurus dan rapat di permukaan lantai. Posisi pendaratan saat melakukan gerakan guling lenting adalah kedua kaki lurus dan rapat. Sedangkan kedua tangan direntangkan lurus ke depan.

Demikian pertemuan kali ini ,untuk mengetahui seberapa paham kalian dalam mempelajari materi senam lantai,silakan kalian kerjakan di buku latihanya,kemudian kirim fotonya kebapak ya?

Soal Latihan

1. Posisi badan yang benar saat akan melakukan gerakan meroda adalah ...... 

a. menghadap arah gerakan 

b. membelakangi arah gerakan 

c. menyamping arah gerakan 

d. menyilang arah gerakan


 

2.   Posisi awal kedua lengan yang benar saat akan melakukan gerakan meroda adalah......

                 a. lurus ke atas di samping telinga   c. lurus ke bawah di samping badan

                 b. lurus ke depan sejajar dada           d. lurus ke samping sejajar bahu

 

3. Bentuk gerakan meroda yang benar adalah ......

 

a. berputar menyamping arah gerakan           c. berputar meliuk arah gerakan

 

b. berputar menyilang arah gerakan                d. berputar menghadap arah gerakan

 

4.  Prinsip dasar gerakan lengan yang benar mendarat pada matras saat meroda adalah

 

......

 

a.  mendarat satu per satu posisi lengan lururs

 

b. mendarat satu per satu posisi lengan disilang

 

c.  mendarat satu per satu posisi lengan ditekuk

 

d. mendarat satu per satu posisi lengan diputar

 

5. Posisi kedua kaki yang benar saat kedua lengan bertumpu pada matras adalah ... 

a. rapat dan lurus 

b. rapat ditekuk 

c. terbuka dan lurus 

d. terbuka ditekuk


Kerjakanlah dengan dengan baik ,bapak tunggu tugasnya,terimakasi,


Wasalamualaikum, Wr,Wb 







 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis