Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola Voli ( Pasing atas an Srvis atas) Kls 8,kamis agustus 2020
Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola Voli
Permainan bola voli ditemukan oleh William G
Morgan pada tahun 1895 di Holyoke (Amerika bagian timur). William
G Morgan adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young
Men’s Christain Association (MCA). Permainan bola voli di Amerika
sangat cepat perkembangannya, sehingga tahun 1933 YMCA mengadakan
kejuaraan bola voli nasional.
Kemudian
permainan bola voli ini menyebar ke seluruh dunia. Untuk pertama kalinya
dipertandingkan di Polandia pada tahun 1974 dengan peserta yang cukup
banyak. Maka pada tahun 1984 didirikan Federasi Bola voli Internasional atau
Internationnal Volley Ball Federation (IVBF) yang waktu itu
beranggotakan 15 negara. Permainan bola voli ini sangat cepat perkembangannya,
antara lain disebabkan oleh :
a.
permainan
bola voli tidak memerlukan lapangan yang luas.
b.
mudah
dimainkan.
c.
alat-alat
yang digunakan sangat sederhana.
d.
permainan
ini sangat menyenangkan.
e.
kemungkinan
terjadinya kecelakaan sangat kecil.
f.
dapat
dimainkan di alam bebas maupun di ruang tertutup, dan
g.
dapat
dimainkan banyak orang.
Kini
permainan bola voli sudah memiliki teknik permainan yang lebih baik yakni suatu
proses melahirkan keaktifan jasmani dan pembuktian suatu praktik dengan sebaik
mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam melakukan gerakan (khususnya
permainan bola voli). Teknik dikatakan baik apabila dari segi anatomis/ fisiologis
mekanik dan mental terpenuhi secara benar persyaratannya. Apabila diterapkan
pencapaian kompetensi maksimal untuk menganalisa teknik gerakan, umumnya para
guru akan dapat mengoreksi dan memperbaiki (Suharno, HP,
.
Adapun
kegunaan teknik dalam permainan bola voli adalah (a efisien dan efektif untuk
mencapai kompetensi maksimal, (b) untuk mencegah dan mengurangi terjadinya
cidera, (c) untuk mempermudah pengembangan gerakan peserta didik, (d) peserta
didik akan lebih yakin dengan kemampuan gerakan.
A.
Gerak Spesifik (Passing)
Permainan Bola Voli
1.
Gerak Spesifik Mengumpan (Passing) Atas Bola
voli/Mengumpan Atas Bola
Voli.
Gambar 1.38 Arah bola dari hasil passing
atas membentuk parabola (melengkung)
Tahapan Pembelajaran
(1)
Persiapan: berdiri dengan kedua kaki
dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada
ujung kaki bagian depan, posisi lengan di depan badan dengan kedua telapak
tangan dan jari-jari renggang sehingga membentuk seperti mangkuk di depan atas
muka (wajah).
(2) Gerakan: dorong kedua lengan
ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit
terangkat. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah atas wajah.
Perkenaan bola yang baik adalah tepat mengenai ujung jari-jari tangan.
(3) Akhir gerakan: tumit
terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan
mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental)
dari gerak mendorong.
2.
Gerak Spesifik Mengumpan (Passing) Bawah/Mengumpan
Bawah Bola Voli
Gambar 1.39 Passing
bawah/mengumpan bawah bola voli.
Tahapan Pembelajaran
(1) Persiapan: berdiri dengan
kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan
tertumpu pada kedua ujung kaki di bagian depan. Rapatkan dan luruskan kedua
lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan pandangan ke arah
datangnya bola.
(2) Gerakan: dorongkan kedua
lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta
tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat di
tengah-tengah badan, perkenaan bola tepat pada pergelangang tangan.
(3) Akhir gerakan: tumit
terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus,
pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar
(fundamental) dari gerak mendorong.
B.
Gerak Spesifik Servis Atas Permainan Bola Voli
Gerak Spesifik Servis Atas (Tenis Servis)/ Memukul Bola Voli
Gambar 1.40 Servis atas (tenis
servis) memukul bola voli.
Tahapan Pembelajaran
(1)
Persiapan:
berdiri dengan kedua kaki dalam posisi melangkah, berat badan bertumpu pada
kedua kaki dan sikap badan agak condong ke depan, pegang bola di depan badan.
(2)
Gerakan:
lambungkan bola ke atas agak ke belakang menggunakan tangan kiri, lentingkan
badan ke belakang. Bersamaan dengan gerakan badan ke depan, bola dipukul
menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan.
(3)
Akhir
gerakan: Ikuti gerakan badan ke depan dengan melangkahkan kaki belakang ke
depan. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak memukul.
C.
Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Permainan
Bola Voli
Variasi dalam pembelajaran bola voli adalah melakukan satu
bentuk gerak spesifik dengan berbagai cara, seperti melakukan gerak spesifik passing
atas bola voli di tempat, sambil bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping,
baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.
Selama kegiatan pembelajaran, peserta didik diberikan
kesempatan mengemukakan kesulitan atau menanyakannya pada guru atau teman.
Jawaban yang mereka berikan dijadikan untuk memperbaiki dan mengatasi kesulitan
yang dialaminya.
Akhir dari pembelajaran variasi gerak spesifik adalah untuk
meningkatkan pengetahuan, keterampilan penanaman nilai disiplin, menghargai
perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama. Berikut variasi dalam
pembelajarannya.
1. Aktivitas Pembelajaran
Mendorong Bola Menggunakan Kedua Tangan dari Depan Atas Dahi
Gambar 1.41 Mendorong bola
menggunakan kedua tangan dari depan atas dahi.
Tahapan Pembelajaran
(1)
Amati
contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.41.
(2)
Lakukan
seperti contoh peragaan.
(3)
Rasakan
saat melakukan gerakan tersebut.
(4) Bandingkan gerakan yang kamu
lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5)
Gerakan
mana yang mudah kamu lakukan?
(6)
Fokuskan
pada gerak mendorong bola, kaki, lutut, dan pinggul naik.
2. Aktivitas Pembelajaran
Mendorong Bola Menggunakan Kedua Tangan dari Depan Atas Dahi, Bola Dipantul ke
Lantai Terlebih Dahulu
Tahapan Pembelajaran
(1)
Amati
contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.42.
(2)
Lakukan
seperti contoh peragaan.
(3)
Rasakan
saat melakukan gerakan tersebut.
(4) Bandingkan gerakan yang kamu
lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5)
Gerakan
mana yang mudah kamu lakukan?
(6)
Fokuskan
pada gerak mendorong bola, kaki, lutut, dan pinggul naik.
Tahapan Pembelajaran
(1)
Amati
contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.44.
(2)
Lakukan
seperti contoh peragaan.
Dorong
bola
(3) Rasakan saat melakukan
gerakan ke depan
atas tersebut.
(4)
Bandingkan
gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5)
Gerakan mana yang mudah kamu
|
1
|
2
|
3
|
|
lakukan?
|
6) Fokuskan pada gerak mendorong
bola, kaki, lutut, dan
pinggul naik. Gambar 1.44
Mendorong bola menggunakan kedua tangan
Tujuan pembelajaran
menggunakan bola dari depan atas dahi bola tergantung.
yang diikat tali, adalah agar:
1.
peserta
didik menggunakan waktu dengan efektif,
2.
bola
tidak menggulir jauh,
3.
peserta
didik mudah mengontrol posisi dan gerakan bola,
4.
peserta
didik dapat melakukan pengulangan gerakan dengan mudah.
4. Aktivitas Pembelajaran
Menembak (Shooting) Bola dengan Satu Tangan Melewati Atas Tali
Gambar 1.45 Menembak (shooting)
bola dengan satu tangan melewati atas tali.
Tahap Pembelajaran
(1)
Amati
contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.45.
(2)
Lakukan
seperti contoh peragaan.
(3)
Rasakan
saat melakukan gerakan tersebut.
(4) Bandingkan gerakan yang kamu
lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5)
Gerakan
mana yang mudah kamu lakukan?
(6)
Fokuskan
perhatian pada gerakan tangan mendorong bola..
5. Aktivitas Pembelajaran
Mendorong Bola Menggunakan Kedua Tangan, Bola Dilambung Teman dari Arah Depan
Komentar
Posting Komentar