Langsung ke konten utama

PERMAINAN BOLA VOLI (SMES DAN BLOK)

1. Smash

Permainan Bola Voli
ilustrasi smash
Smash adalah pukulan bola yang keras dan juga menukik ke area lapangan lawan. Smash atau spikepada bola voli merupakan hal yang sangat disukai oleh setiap pemain, sebab dengan smash bisa mematikan permainan lawan main, sehingga smash banyak menghasilkan poin (angka).

Dalam melatih smash, yang harus diperhatikan adalah:
1. Awalan, coba perhatikan 3 langkah terakhir dan ayunan tangan.
2. Tolakan, dengan kedua kaki.
3. Pukulan, saat pukulan tangan lurus.
4. Pendaratan, dengan menggunakan kedua kaki secara bersama-sama dan lutut sedikit mengeper.

Beberapa contoh latihan smash, misalnya: 
a). Memukul-mukul bola ke lantai dengan gerakan pols.
b). Mencoba smash dengan bola dilempar oleh pelatih. 
c). Memukul-mukul bola ke arah dinding.
d). Memukul-mukul bola bervariasi dengan gerakan maju mundur ke samping.
e). Melompat dengan awalan - lompatan - bola dilempar ke lapangan lawan.
f). Bola dilempar dari belakang net, lalu dipukul tegak lurus.
g). Memukul-mukul bola dengan memakai awalan dan juga dengan lompatan.

Kesalahan yang sering terjadi pada smash, antara lain:
a). Memukul bola tidak pada waktu yang tepat.
b). Pada saat pendaratan kaki tidak mendarat bersama-sama.
c). Ayunan  dilakukan dengan  satu tangan.
d). Pukulan  dilakukan dengan  tangan bengkok/sikut ditekuk.
e). Awalan, langkah terakhir tidak sesuai.
f). Tolakan dilakukan dengan satu kaki.
g. Pada saat pendaratan lutut tidak mengeper.

2. Blok (Bendungan)

Permainan Bola Voli
ilustrasi blok
Pengertian blok dalam permainan bola voli adalah usaha untuk menghadang bola lawan dengan menjulurkan tangan ke atas net. Blok sangat penting oleh sebab dengan melakukan blok kita bisa mendapatkan poin (angka). Blok juga merupakan serangan balik dari regu lawan.

Beberapa contoh latihan blok:
a. Posisi awal blok:
  • Badan berdiri tegak. 
  • Kedua tangan di depan dada. 
b. Lutut sedikit agak ditekuk, melompat sambil meluruskan tangan ke atas.
c. Jari-jari tangan sedikit direnggangkan.
d. Hal yang sangat penting yaitu melakukan blok pada waktu yang tepat, baik pada saat melompat ataupun pada waktu meluruskan tangan.
e. Lakukan gerakan-gerakan blok tanpa bola.
f. Pelatih memukul bola, lalu siswa melakukan blok.

Hal-hal yang wajib untuk diperhatikan pada waktu melakukan blok, antara lain:
a. Blok jangan memakai awalan seperti halnya smash.
b. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan lompatan sambil meluruskan kedua tangan ke atas.
c. Jangan mendarat ke arah depan atau samping.
d. Sikap tangan jangan diayun dari bawah ke atas (cukup dengan meluruskan dari dada ke atas).
e. Lakukan latihan blok dari 3 posisi (posisi 1 - 3 dan 4).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r