Langsung ke konten utama

Renang gaya dada,Kelas 8,Jum'at, 11 Februari 2022

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 8


Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin
Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? dan semoga kalian solat subuh semua yaa?

Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh.dan juga sudah melaksanakan solat sunah solat duha ya?

Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.

Jangan lupa absen di isi yaa,

tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah :
1. Siswa dapat memahami dan menjelaskan pengertian dan sejarah  renang 
2. Siswa mampu menjelaskan  teknik dasar gerakan tubuh dan kaki pada renang daya dada yang baik dan benar

Sebelum memulai pembaca materi silakan kalian tulis ter lebih dahulu soal di bawah ini di buku PJOKnya.

1.Jelaskan secara singkat sejarah olah raga renang?
2.Tuliskan manfaat dari olah raga renang ?
3.Jelaskan Teknik dasar apa saja yang harus di kuasi seseorang yang ingin melakukan renang?
4.Coba kalian tuliskan yang kalian ketahui tentang nama gaya gaya dalam renang
5. Tuliskan bagai mana cara pernapasan pada renang gaya dada?

Materi pembelajaran

A. Pengertian dan Asal Usul Renang

 

Olahraga renang berbeda dengan olahraga lain karena bergerak di air. Gerak manusia di darat pada umumnya pada posisi tegak atau vertikal dipengaruhi oleh data tarik bumi sepenuhnya, sedangkan perenang yang bergerak di air dalam posisi horizontal di bawah pengaruh daya tarik bumi dikurangi oleh daya tekan air ke atas.

 

Olahraga renang dimulai sejak abad 19 di London. Sekitar tahun 1837, hanya terdapat 6 kolam renang di kota itu. Populeritas renang terus membaik dan pada tahun 1869 beberapa asosiasi mulai muncul. Sedangkan di Amerika baru tahun 1888 mulai berkembang, dan tahun 1920 berhasil merajai perlombaan renang internasional.

 

Mereka yang sangat menonjol dalam kejuaraan renang tersebut antara lain: Sydney Cavill (1945), Robert JH Kiphuth dari klub renang Universitas Yale, dan Lewis B. Handley wanita pertama yang berenang di Selat Inggris.

 

Pada mulanya nomor yang dipertandingkan hanya gaya dada. Gaya baru yang pertama adalah “Side Arm Stroke atau Side Stroke” yang merupakan gaya ganti di mana sisi perenang berada dalam air.

 

Pada tahun 1902, Richard Cavill perenang Australia membuat rekor baru, yaitu berenang sejauh 100 meter dalam waktu 48,6 detik. Cavill menggunakan Arm Stroke, akan tetapi merubah tendangan kaki dari guntingan menjadi kipasan ke atas dan ke bawah. Gaya ini selanjutnya dikenal dengan nama Australia Crawl.

 

Perkembangan renang dunia selanjutnya, pada tahun 1935 telah membuahkan bermacam-macam gaya renang, di antaranya gaya dada (Breast stroke), gaya punggung (back stroke), dan gaya kupu-kupu (butterfly stroke).

 

Pada Olimpiade tahun 1908, orang-orang telah berani mengarungi lautan dan menyeberangi sungai-sungai yang besar hanya dengan rakit. Kemudian lambat laun berkembang ke seluruh pelosok tanah air. Dan berdirilah kolam renang yang pertama kali di Indonesia yaitu di Cihampelas, Bandung pada tahun 1904.

Tanggal 24 Maret 1951 berdirilah Perserikatan Berenang Seluruh Indonesia yang disingkat PBSI dengan ketuanya Poerwosoedarmo. Kemudian pada tahun 1952 PBSI diterima menjadi anggota FINA (organisasi renang dunia). Dan pada tahun 1957 PBSI diubah namanya menjadi PRSI (Persatuan Renang Seluruh Indonesia). Sumber: www.pbprsi.org.

Manfaat Renang

Setiap olahraga tentunya memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan dan kebugaran jasmani pelakunya, berikut dibawah ini adalah manfaat manfaat yang akan kita dapatkan jika rutin melakukan olahraga renang :
Dapat meredakan stress
Dapat meningkatkan kebugaran tubuh
Dapat meredakan radang sendi
Dapat meningkatkan mood
Dapat membentuk tubuh yang ideal
Dapat meningkatkan kemampuan dari fungsi jantung dan paru-paru
Dapat menambah tinggi badan
Sebagai sarana melatih pernafasan
Membentuk otot
Dapat membakar kalori lebih banyak
Renang bagi kesehatan bayi
Manfaat renang dalam segi kesehatan bagi bayi salah satunya adalah membantu perkembangan motorik bayi, perkembangan saraf, proses pertumbuhan, meningkatkan sistem imun, membantu keberanian bayi, agar tidak mudah terkejut, agar tidak rewel saat mandi, dan membantu adaptasi bayi di tempat lain.
Renang bagi kesehatan wanita
Kesehatan yang didapatkan pada wanita adalah dapat menjaga tubuh wanita tetap ideal, menjaga bentuk tubuh setelah hamil, mengencangkan otot-otot, mengencangkan g-spot, detoksifikasi racun di dalam tubuh dan menghilangkan stres.
Bagi wanita hamil
Manfaat renang bagi wanita hamil akan memberikan kesehatan diantaranya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, tidur menjadi lebih nyenyak, menghindari stres, mencegah prematur, membantu proses persalinan, melonggarkan otot-otot sekitarpinggul, memperkuat paru-paru, serta memperkuat jantung.
Bagi orang tua
Manfaat renang dari segi kesehatan bagi orang tua tentunya akan memberikan efek samping positif seperti menjaga tulang agar tetap sehat, agar tidak pikun, mencegah terjadinya stroke, menjaga fungsi jantung dan paru-paru, tubuh lebih rileks, dan juga agar tidak mudah terserang penyakit.

 

B. Aktivitas Pembelajaran Renang Gaya Dada

 

Renang gaya dada popular pada tahun 1875 oleh perenang Inggris Metthew Webb. Metthew adalah orang pertama yang merenangi teluk Channel (kanal) dengan menggunakan gaya dada. Gerakan renang gaya menyerupai katak yang sedang berenang, sehingga gaya ini sering disebut dengan gaya katak.

 

Bentuk variasi berenang secara utuh di bawah air digunakan oleh perenang Teofilo Lidefonso pada Olimpiade tahun 1928. Ia memodifikasi teknik mengambil napas setelah melakukan satu gerakan di bawah air. Begitu pula perenang Rusia yang bernama Lounitchev meniru juara Olimpiade 1956 Masaru Furukawa dari Jepang.

 

Gerak gaya di bawah permukaan air ternyata menambah cepatnya gerak maju, dan hal ini kemudian dilarang oleh FINA (Induk Organisasi Renang Dunia) sejak tahun 1957. Peraturan ini kemudian merangsang untuk mengembangkan gaya dada dengan posisi di atas permukaan air. Perenang Amerika, Chest Jastremski tampil berperan pada awal tahun 1960 dengan “Power Breast Stroke” (bertenaga gaya dada), sehingga untuk beberapa saat Amerika Serikat memegang supremasi pada gaya ini.

 

Pada tahun 1966 perenang Rusia, Nikolai Pankain mulai mengembangkan gerak gaya dada yang dapat menambah kecepatan gerak tangan melakukan fase istirahat, menghilangkan sikap dimana tangan akan kembali bersama-sama di bawah dada. Hal ini merupakan pembaharuan dalam irama dari gayanya dengan kemungkinan agak sedikit menunda posisi pengambilan napas. Pengembangan ini berperan penting dan kini disebut gaya dada Eropa. Gaya ini berbeda dengan gaya dada Amerika.

 

Renang gaya dada pada dasarnya dapat ditinjau dari: Posisi tubuh, gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan pernapasan, dan koordinasi gerakan. Tanpa penguasaan gerak dasar tersebut kamu tidak mungkin dapat berenang dengan baik pula.

 

1.   Aktivitas pembelajaran gerak spesifik posisi tubuh (body position) renang gaya dada

 

Ada dua macam posisi tubuh renang gaya dada pada saat meluncur atau saat kedua tangan lurus ke depan, yaitu : menurut versi Amerika Utara dan versi Eropa Timur.

 

a.  Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Posisi Badan

 

Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan posisi badan renang gaya dada berikut ini.

 

1)       Posisi badan beserta seluruh anggota badan rileks.

 

2)       Badan harus sehorizontal mungkin.

 

3)       Gerakan dimulai dengan persiapan kaki.

 

4)       Tumit ditarik mendekati pinggul sekaligus membuka lutut ke luar.

 

5)       Dorong kedua kaki ke belakang secaar serempak.

 

6)       Rapatkan kembali kedua kaki seperti sikap pertama.

 

7)       Lakukan Pembelajaran dengan jarak 5 – 7 meter.

 

 


 Gambar 8.1 Aktivitas pembelajaran gerakan posisi badan renang gaya dada

 

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan posisi badan renang gaya dada, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut berikut:

 

1)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

 

2)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

 

3)       Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

Aktivitas Pembelajaran Gerakan Kaki Renang Gaya Dada

 

Gerakan kaki (kicking) renang gaya dada saat ini cenderung membentuk gerakan kaki dolphin (whip kick), dimana pada saat istirahat, yaitu fase ketika kedua tungkai kaki bagian bawah ditarik serentak mendekati pinggul dan kemudian setelah fase itu dilakukan pergelangan kedua kaki diputar mengarah ke luar hingga membentuk sudut ± 50°. Kemudian dari posisi ini kedua kaki melakukan gerakan menginjak dan diakhiri dengan menendang sehingga kedua kaki bertemu lurus di belakang.

 

Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan renang gaya dada berikut ini.

 

a)       Diawali sikap berdiri pada kolam dangkal pegang papan pelampung dengan kedua tangan di depan dada.

 

b)        Luruskan kedua kaki ke belakang hingga badan terapung di atas permukaan air.

 

c)       Lakukan gerakan kaki renang gaya dada ber

 

 


Gambar 8.2  Aktivitas pembelajaran gerakan kaki renang gaya dada

 

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan kaki renang gaya dada, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut berikut:

 

a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

 

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

 

c)        Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan

a.       Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran gerakan kaki pada posisi badan telentang

 

Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan kaki badan telentang renang gaya dada adalah berikut ini.

 

a)       Belajar gerak dasar kaki gaya dada sambil duduk di pinggir kolam.

 

b)       Belajar gerak dasar kaki gaya dada sambil berdiri di pinggir menghadap kolam.

 

c)       Belajar gerak dasar kaki gaya dada sambil berdiri di pinggir menghadap kolam, namun sambil dipegang sebagai bebannya.

 

d)       Belajar gerak dasar kaki gaya dada sambil terapung telentang dan memegang pelampung di 



Gambar 8.3  Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran gerakan kaki badan terlentang renang gaya dada

 

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan pembelajaran gerakan kaki pada posisi badan telentang renang gaya dada, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut berikut:

 

a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

 

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

 

c)       Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

 

b.    Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran gerakan kaki di tempat

 

Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerakan kaki di tempat adalah berikut ini.

 

a)       Pembelajaran gerakan kaki gaya dada sambil memegang dinding kolam.

 

b)       Pembelajaran gerakan kaki gaya dada dengan menggunakan pelampung.

  


Gambar 8.4  Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran gerakan kaki di tempat renang gaya dada

 

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan pembelajaran gerakan kaki di tempat renang gaya dada, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut berikut:

 

a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

 

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

 

c)        Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

 

3)  Aktivitas pembelajaran gerakan dasar kaki di tempat

 

Amati dan peragakan aktivitas pembelajaran gerak dasar kaki di tempat adalah berikut ini.

 

a)       Posisi telungkup, kedua kaki lurus ke belakang dan kedua tangan memegang parit kolam.

 

b)       Kemudian tarik kedua kaki secara serentak mendekati pinggul hingga lutut membentuk sudut dan kedua paha agak membuka.


 

c)        Bersamaan dengan itu, pergelangan kaki diputar menghadap ke luar dan siap mendorong.

 

d)       Langkah selanjutnya, gerakan kedua kaki ke belakang agak menyamping hingga membentuk setengah lingkaran di bawah permukaan air, bersamaan kedua telapak kaki diputar

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan pembelajaran gerakan kaki di tempat renang gaya dada, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut berikut:

a)        Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

 

b)        Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

c)        Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.


3. Posisi Tubuh

Dalam renang gaya dada, posisi tubuh juga berperan penting. Posisi tubuh yang benar memudahkan tubuh mengapung. Amatilah posisi tubuh seperti gambar berikut!


Awalnya, ambil posisi telungkup menghadap permukaan air. Posisi tubuh mengapung. Kedua lengan diluruskan ke depan, telapak tangan dijulurkan ke depan. Kemudian, kedua tungkai diluruskan ke belakang. Pertahankan posisi badan tetap seimbang dan di permukaan air.

4. Gerakan Lengan

Gerakan lengan dalam renang gaya dada berperan sebagai tenaga pendorong. Latihan gerakan lengan dapat dilakukan di kolam dangkal. Agar kamu lebih mahir, praktikkan langkah-langkah berikut.

1. Luruskan kedua tangan dan julurkan ke atas kepala dengan posisi jari-jari merapat. Agar kamu lebih paham, amatilah gambar berikut.

Cara melakukan
1) Buka tangan ke samping dengan posisi telapak tangan menghadap ke luar.
2) Tekuk sikut dan tarik tangan ke samping selebar bahu atau setengah lingkaran (kira-kira 90°) sambil mendorong air.
3) Ayunkan tangan dengan kuat saat mendorong air.
2. Tekuk tangan ke bawah dada, posisi telapak tangan berhadapan ke dalam.
3. Julurkan tangan ke atas kepala dengan posisi ibu jari di atas seperti posisi semula. 
Amatilah gerakan lengan seperti gambar berikut.

5. Pengambilan Nafas

Cara bernapas dalam renang gaya dada sangat menentukan daya tahan perenang. Bagaimana posisi tubuh saat pengambilan napas? Amatilah cara pengambilan napas seperti gambar berikut!

Mari, belajar cara pernapasan diawali dengan posisi tubuh telungkup. Kedua tangan memegang dinding kolam. Ambil napas dengan mulut dan masukkan muka ke air. Pandangan mengarah ke dasar kolam. Buang napas melalui hidung (sedikit dari mulut), kemudian angkat kepala hingga permukaan air. Ambil kembali napas melalui mulut, kemudian masukkan kepala ke air. Udara dikeluarkan saat berada di dalam air. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

Itulah gerak dasar renang gaya dada. Gerakan tersebut harus dikuasai jika kamu ingin berenang gaya dada. Lakukan gerakan tersebut dengan tepat. Kamu dapat terus belajar secara mandiri hingga menguasai gerakan tersebut. Belajarlah dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah.
Setelah kita membahas materi di atas, supaya lebih paham mari kita buka vidio pembelajaran Renang gaya dada
              https://www.youtube.com/watch?v=9Tf4LM8jg2Q

Terimakasih telah mempelajari materi hari ini,semoga bermanfaat .
karna waktu sudah selesai  bpk akhiri 
wasalamualaikum Wr Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r