Aktivitas Atletik melalui Aktivitas Lompat Jauh
1. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Lompat Jauh
Untuk memperoleh suatu hasil yang optimal dalam lompat jauh, selain pelompat tersebut harus memiliki kekuatan, daya ledak, kecepatan, ketepatan, kelentukan, dan koordinasi gerakan, juga harus memahami dan menguasai teknik untuk melakukan gerakan lompat jauh. Di samping pula, gerakan lompat jauh harus dilakukan dengan cepat, tepat, luwes, dan lancar.
Tahapan-tahapan dalam melakukan lompat jauh ada empat tahap, yaitu:
awalan/ancang-ancang, (2) tolakan/tumpuan, (3) sikap badan di udara, dan (4) sikap mendarat. Tahapan-tahapan lompat jauh tersebut akan diuraikan satu per satu sebagai berikut.
a) Aktivitas Pembelajaran Awalan dan Menolak Melalui Atas Boxs
Awalan atau ancang-ancang adalah gerakan permulaan dalam bentuk lari untuk mendapatkan kecepatan pada waktu akan melakukan tolakan (lompatan). Kecepatan yang diperoleh dari hasil awalan itu disebut dengan kecepatan horizontal berguna untuk membantu kekuatan pada waktu melakukan tolakan ke atas-depan.
Gambar 3.16 Aktivitas pembelajaran lompat jauh awalan dan menolak melewati boxs
Di dalam pembelajaran ini, satu hal yang yang harus disampaikan oleh guru adalah peserta didik dapat menemukan kaki yang terkuat yang miliki, tahap awal latihan tugaskan pada mereka untuk melakukan dengan tolakan kaki kiri, setelah itu amati hasilnya, kemudian setelah itu coba dengan tumpuan menggunakan kaki kanan. Setelah itu pada akhirnya peserta didik membandingkan hasil lompatannya, mana yang lebih jauh hasilnya apakah dengan tumpuan kaki kiri atau kanan. Maka yang digunakan untuk menumpu adalah kaki yang terkuat.
Harapannya dari kegiatan ini adalah peserta didik memahami bahwa antara kaki kiri dan kanan memiliki kekuatan yang berbeda dalam menumpu.
Aktivitas Pembelajaran Gerakan Langkah dan Menolak Melewati Tali
Apabila di sekolah tidak tersedia peti lompat, maka untuk latihan tolakan dalam melompat dapat dilakukan dengan seutas tali, cara
melakukan aktivitas pembelajaran gerakan melangkah dan menolak melewati tali dalam lompat jauh sebagai berikut.
Permainan ini sebaiknya dilakukan oleh seluruh peserta didik.
Tugaskan peserta didik untuk membentangkan seutas tali di lapangan permainan dengan ketinggian 50 cm.
Berdiri di sisi tali, ambil langkah mundur hitungan ganjil.
Tahap awal ambil ancang-ancang dengan cara berjalan, kemudian dengan tumpuan satu kaki melompat melewati tali.
Lakukan latihan ini berulang kali, hingga peserta didik menemukan cara yang tepat.
Gambar 3.17 Aktivitas pembelajaran lompat jauh langkah dan menolak melewati tali
Aktivitas Pembelajaran Gerakan Langkah, Menolak, dan Posisi Badan di Udara
Berikut ini peserta didik akan mempelajari tentang gerakan melangkah, menolak, dan posisi badan di udara lompat jauh sebagai berikut.
Pembelajaran dilakukan secara perorangan atau berkelompok.
Sebelum melakukan latihan ini, gantungkan sebuah bola pada seutas tali, ketinggian bola diperkirakan sekitar 1,5 meter
Jika pada bak lompatan belum ada papan tolakan, maka buatlah dengan tanda dari taburan kapur.
Berdiri menghadap ke bak lompat, kemudian ambil langkah mundur hitungan ganjil, misalnya 7, 9, atau 11 langkah.
Titik langkah terakhir merupakan titik awal mengambil ancang-ancang.
Pada titik ancang-ancang ini letakkan kaki yang terkuatmu di depan dengan posisi melangkah.
Mulai berlari pelan kemudian makin lama makin cepat, tumpukan kaki terkuatmu di papan lompatan dan melayang ke atas.
Saat melayang ke atas dorongkan dada ke depan hingga mengenai bola yang digantung.
Mendarat dengan kedua kaki mengeper.
Gambar 3.18 Aktivitas pembelajaran lompat jauh
langkah, menolak, dan posisi badan di udara
(Buatlah ramgkuman materi lompat jauh)
Ananda semua sebagai revensi materi lompat jauh,silakan buka link vidio yuotub di bawah ini
youtube.com/watch?v=bkg6UfOznIg
Komentar
Posting Komentar