Langsung ke konten utama

Aktivitas Atletik melalui Aktivitas Lompat Jauh, Kelas 9, senin,9 November 2020

Aktivitas Atletik melalui Aktivitas Lompat Jauh

1. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Lompat Jauh


Untuk memperoleh suatu hasil yang optimal dalam lompat jauh, selain pelompat tersebut harus memiliki kekuatan, daya ledak, kecepatan, ketepatan, kelentukan, dan koordinasi gerakan, juga harus memahami dan menguasai teknik untuk melakukan gerakan lompat jauh. Di samping pula, gerakan lompat jauh harus dilakukan dengan cepat, tepat, luwes, dan lancar.


Tahapan-tahapan dalam melakukan lompat jauh ada empat tahap, yaitu:


awalan/ancang-ancang, (2) tolakan/tumpuan, (3) sikap badan di udara, dan (4) sikap mendarat. Tahapan-tahapan lompat jauh tersebut akan diuraikan satu per satu sebagai berikut.


a) Aktivitas Pembelajaran Awalan dan Menolak Melalui Atas Boxs


Awalan atau ancang-ancang adalah gerakan permulaan dalam bentuk lari untuk mendapatkan kecepatan pada waktu akan melakukan tolakan (lompatan). Kecepatan yang diperoleh dari hasil awalan itu disebut dengan kecepatan horizontal berguna untuk membantu kekuatan pada waktu melakukan tolakan ke atas-depan.

Gambar 3.16 Aktivitas pembelajaran lompat jauh awalan dan menolak melewati boxs

Di dalam pembelajaran ini, satu hal yang yang harus disampaikan oleh guru adalah peserta didik dapat menemukan kaki yang terkuat yang miliki, tahap awal latihan tugaskan pada mereka untuk melakukan dengan tolakan kaki kiri, setelah itu amati hasilnya, kemudian setelah itu coba dengan tumpuan menggunakan kaki kanan. Setelah itu pada akhirnya peserta didik membandingkan hasil lompatannya, mana yang lebih jauh hasilnya apakah dengan tumpuan kaki kiri atau kanan. Maka yang digunakan untuk menumpu adalah kaki yang terkuat.

Harapannya dari kegiatan ini adalah peserta didik memahami bahwa antara kaki kiri dan kanan memiliki kekuatan yang berbeda dalam menumpu.

Aktivitas Pembelajaran Gerakan Langkah dan Menolak Melewati Tali

Apabila di sekolah tidak tersedia peti lompat, maka untuk latihan tolakan dalam melompat dapat dilakukan dengan seutas tali, cara
melakukan aktivitas pembelajaran gerakan melangkah dan menolak melewati tali dalam lompat jauh sebagai berikut.

Permainan ini sebaiknya dilakukan oleh seluruh peserta didik.

Tugaskan peserta didik untuk membentangkan seutas tali di lapangan permainan dengan ketinggian 50 cm.

Berdiri di sisi tali, ambil langkah mundur hitungan ganjil.

Tahap awal ambil ancang-ancang dengan cara berjalan, kemudian dengan tumpuan satu kaki melompat melewati tali.

Lakukan latihan ini berulang kali, hingga peserta didik menemukan cara yang tepat.
Gambar 3.17 Aktivitas pembelajaran lompat jauh langkah dan menolak melewati tali

Aktivitas Pembelajaran Gerakan Langkah, Menolak, dan Posisi Badan di Udara

Berikut ini peserta didik akan mempelajari tentang gerakan melangkah, menolak, dan posisi badan di udara lompat jauh sebagai berikut.

Pembelajaran dilakukan secara perorangan atau berkelompok.

Sebelum melakukan latihan ini, gantungkan sebuah bola pada seutas tali, ketinggian bola diperkirakan sekitar 1,5 meter

Jika pada bak lompatan belum ada papan tolakan, maka buatlah dengan tanda dari taburan kapur.

Berdiri menghadap ke bak lompat, kemudian ambil langkah mundur hitungan ganjil, misalnya 7, 9, atau 11 langkah.

Titik langkah terakhir merupakan titik awal mengambil ancang-ancang.
Pada titik ancang-ancang ini letakkan kaki yang terkuatmu di depan dengan posisi melangkah.

Mulai berlari pelan kemudian makin lama makin cepat, tumpukan kaki terkuatmu di papan lompatan dan melayang ke atas.

Saat melayang ke atas dorongkan dada ke depan hingga mengenai bola yang digantung.

Mendarat dengan kedua kaki mengeper.

Gambar 3.18 Aktivitas pembelajaran lompat jauh langkah, menolak, dan posisi badan di udara


(Buatlah ramgkuman materi lompat jauh)


Ananda semua sebagai revensi materi lompat jauh,silakan buka link vidio yuotub di bawah ini


youtube.com/watch?v=bkg6UfOznIg



 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis