SILABUS PEMBELAJARAN
                                        Sekolah                       :
SMP
AL-AZHAR 1 B LAMPUNG
                                        Kelas/Semester            : IX / 1 & 2
                                        Mata Pelajaran            : Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kompetensi Inti :
1.            
Menghargai
 dan
 menghayati
ajaran  agama  yang  dianutnya.
2.            
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, dan percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.            
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin
tahunya
tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan
kejadian tampak mata
4.            
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah
dan sumber lain
yang
sama dalam sudut pandang/teori.
| 
Kompetensi Dasar | 
Materi Pokok | 
Nilai Karakter 
KI1, KI2 dan PPK | 
Pembelajaran | 
Penilaian | 
Alokasi Waktu | 
Sumber
   Belajar | 
| 
3.1    Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik
  dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*) 
4.1  Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik
  dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*) | 
Sepak Bola: 
·       
  Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan
  menghentikan bola  
·       
  Variasi dan kombinasi menggiring, menendang/ mengumpan
  dan menghentikan bola 
·       
  Variasi dan kombinasi menggiring, menghentikan, dan
  menendang bola ke gawang/ sasaran 
·       
  Variasi dan kombinasi melempar bola ke dalam dan
  menyundul bola  | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras  | 
Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning 
·         
  Peserta didik
  melakukan variasi
  dan kombinasi gerak spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
  menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
  menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
  dan menyundul bola permainan sepak bola, sesuai dengan instruksi guru sebelum pembelajaran
  dimulai. 
·         
  Guru membuka dan
  menjelaskan manfaat dan tujuan pembelajaran variasi dan kombinasi gerak
  spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
  menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
  menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
  dan menyundul bola permainan sepak bola, bagi kesehatan dan kebugaran jasmani. 
·         
  Peserta didik
  melakukan variasi
  dan kombinasi gerak spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
  menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
  menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
  dan menyundul bola permainan sepak bola, sesuai dengan penjelasan guru secara individu maupun
  kelompok, dan menyampaikan arti penting kerja sama dalam variasi dan kombinasi
  gerak spesifik permainan sepak bola.  
·         
  Seluruh variasi
  dan kombinasi gerak spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
  menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
  menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
  dan menyundul bola permainan sepak bola, yang dilakukan oleh peserta didik diawasi dan
  diberikan koreksi oleh guru apabila ada kesalahan dalam melakukan gerakan. 
·         
  Peserta didik
  secara individu dan atau kelompok melakukan variasi dan kombinasi gerak
  spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
  menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
  menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
  dan menyundul bola permainan sepak bola, yang menekankan pada
  nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh guru. 
·         
  Guru mengamati seluruh aktifitas peserta didik dalam
  melakukan variasi
  dan kombinasi gerak spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
  menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
  menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
  dan menyundul bola permainan sepak bola secara
  seksama. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
3
  x Pertemuan  
(
  9 JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 15-29). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 59-78). | 
|  | 
Bola Voli: 
·       Variasi dan kombinasi passing bawah dan passing atas 
·       Variasi dan kombinasi servis bawah, passing bawah dan passing atas 
·       Variasi dan kombinasi servis atas, passing bawah dan passing
  atas 
·       Variasi dan kombinasi servis bawah, passing bawah, passing atas, smash/spike 
·       Variasi dan kombinasi servis atas, passing bawah, passing atas, smash/spike 
·      
  Variasi dan
  kombinasi servis bawah, passing
  bawah, passing atas, smash/spike dan block/
  bendungan | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) 
·         
  Peserta didik
  melakukan variasi
  dan kombinasi gerak spesifik passing,
  servis, smesh/spike, dan bendungan/block permainan bola voli, yang tidak mampu dilakukan pada saat gerakan. 
·         
  Peserta didik
  melakukan variasi
  dan kombinasi gerak spesifik passing,
  servis, smesh/spike, dan bendungan/block permainan bola voli, secara individu maupun kelompok, dan guru mengamati
  seluruh aktivitas tersebut. 
·         
  Seluruh variasi dan kombinasi gerak
  spesifik passing, servis, smesh/spike, dan bendungan/ block permainan bola voli, yang dilakukan oleh peserta didik diawasi dan
  diberikan koreksi oleh guru apabila ada kesalahan dalam melakukan gerakan. 
·         
  Peserta didik
  secara individu dan atau kelompok melakukan variasi dan kombinasi gerak spesifik passing, servis, smesh/spike, dan bendungan/block permainan bola voli, sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh guru. 
·         
  Seluruh gerakan
  peserta didik setelah diberikan umpan balik diamati oleh guru secara individu
  maupun kelompok. 
·         
  Peserta didik
  melakukan variasi
  dan kombinasi gerak spesifik passing,
  servis, smesh/spike, dan bendungan/block permainan bola voli, secara individu dan saling  bergantian, yang menekankan pada
  nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
3
  x Pertemuan  
(
  9 JP ) | 
a.    
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 15-29). 
b.    
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 79-92). | 
|  | 
Bola Basket: 
·       Variasi dan kombinasi melempar dan menangkap bola 
·       Variasi dan kombinasi melempar,  menangkap dan menggiring bola  
·       Variasi dan kombinasi melempar,  menangkap dan menembak bola 
·       Variasi dan kombinasi melempar,  menangkap, menggiring dan menembak bola | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Saintifik 
·         
  Peserta didik menyimak informasi dan peragaan
  materi tentang variasi dan
  kombinasi gerak spesifik melempar dan menangkap bola; melempar,  menangkap dan menggiring bola;
  melempar,  menangkap dan menembak bola;
  melempar,  menangkap, menggiring, dan
  menembak bola permainan bola basket, secara individual, berpasangan atau
  berkelompok. 
·         
  Peserta didik mencoba dan melakukan variasi dan kombinasi gerak spesifik
  melempar dan menangkap bola; melempar, 
  menangkap dan menggiring bola; melempar,  menangkap dan menembak bola; melempar,  menangkap, menggiring, dan menembak bola
  permainan bola basket, secara individual, berpasangan atau berkelompok. 
·         
  Peserta didik mendapatkan umpan balik dari diri
  sendiri, teman dalam kelompok, dan guru tentang variasi dan kombinasi gerak spesifik melempar dan
  menangkap bola; melempar,  menangkap
  dan menggiring bola; melempar, 
  menangkap dan menembak bola; melempar, 
  menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola basket. 
·         
  Peserta didik memperagakan hasil belajar variasi dan kombinasi gerak spesifik
  melempar dan menangkap bola; melempar, 
  menangkap dan menggiring bola; melempar,  menangkap dan menembak bola; melempar,  menangkap, menggiring, dan menembak bola
  permainan bola basket, yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin,
  sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras. 
·         
  Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses
  dan di akhir pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
3
  x Pertemuan  
(
  9 JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 30-45). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 93-106). | 
| 
3.2   Memahami variasi dan kombinasi gerak
  spesifik dalam berbagai permainan
  bola kecil sederhana dan atau tradisional 
4.2    Mempraktikkan
  variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional | 
Bola Bakar: 
·       
  Variasi dan kombinasi melempar dan menangkap bola  
·       
  Variasi dan kombinasi melemparkan dan memukul bola  
·       
  Variasi dan kombinasi melempar kan, memukul dan
  menangkap bola | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Jigshaw 
·       Peserta didik menyimak informasi dan
  peragaan materi tentang variasi dan kombinasi gerak spesifik melempar dan
  menangkap bola; variasi dan kombinasi melemparkan dan memukul bola; variasi
  dan kombinasi melemparkan, memukul dan menangkap bola permainan bola bakar. 
·      
  Peserta didik
  membagi diri ke dalam tiga (3) kelompok sesuai dengan materi (materi menjadi
  nama kelompok, contoh kelompok melempar
  dan menangkap bola, kelompok variasi dan kombinasi melemparkan dan memukul bola, dan seterusnya). Di dalam kelompok ini setiap peserta didik
  secara berulang-ulang mempraktikkan gerak sesuai dengan nama kelompoknya. 
·      
  Setiap anggota kelompok berkunjung ke kelompok
  lain untuk mempelajari dan “mengajari” materi dari dan ke kelompok lain
  setelah mendapatkan aba-aba dari guru. 
·      
  Setiap anggota kelompok kembali ke kelompok
  masing-masing untuk mempelajari dan “mengajari” materi dari dan ke
  kelompoknya sendiri setelah mendapatkan aba-aba dari guru. 
·      
  Peserta didik menerima umpan balik secara
  individual maupun klasikal dari guru. 
·      
  Peserta didik mencoba melakukan
  tugas variasi dan kombinasi
  gerak spesifik melempar dan menangkap bola; variasi dan kombinasi melemparkan
  dan memukul bola; variasi dan kombinasi melemparkan, memukul dan menangkap
  bola permainan bola bakar ke dalam permainan sederhana, yang menekankan
  pada nilai-nilai: disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja
  keras. 
·       Hasil belajar
  peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
3
  x Pertemuan  
(
  9 JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 45-50). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 107-121). | 
|  | 
Bulutangkis: 
·       Variasi dan kombinasi servis panjang dan pukulan forehand 
·       Variasi dan kombinasi servis panjang dan pukulan backhand 
·       Variasi dan kombinasi servis pendek dan pukulan forehand 
·       Variasi dan kombinasi servis pendek dan pukulan backhand 
·       Variasi dan kombinasi pukulan forehand dan pukulan backhand 
·       Variasi dan kombinasi servis panjang/pendek, pukulan forehanddan pukulan backhand 
·      
  Variasi dan
  kombinasi servis panjang/ pendek, pukulan forehand, pukulan backhand dan
  pukulan smash | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Cooperatif
  (Cooperative Learning) 
·       Peserta didik melakukan variasi dan
  kombinasi gerak spesifik servis panjang dan pukulan forehand; servis panjang dan pukulan backhand; servis pendek dan pukulan forehand; servis pendek dan pukulan backhand, pukulan forehand dan
  pukulan backhand; servis
  panjang/pendek, pukulan forehand dan
  pukulan backhand; servis
  panjang/pendek, pukulan forehand, pukulan
  backhand dan pukulan smash permainan bulutangkis, sesuai
  dengan pembagian kelompok instruksi guru sebelum pembelajaran dimulai.
 
·       Guru menjelaskan keterkaitannya variasi dan
  kombinasi gerak spesifik servis panjang dan pukulan forehand; servis panjang dan pukulan backhand; servis pendek dan pukulan forehand; servis pendek dan pukulan backhand, pukulan forehand dan
  pukulan backhand; servis
  panjang/pendek, pukulan forehand dan
  pukulan backhand; servis
  panjang/pendek, pukulan forehand, pukulan
  backhand dan pukulan smash permainan bulutangkis terhadap kebugaran
  jasmani.
 
·       Peserta didik yang memiliki kemampuan  lebih baik dapat dijadikan sebagai mediator
  bagi peserta didik lain dalam kelompok tersebut. 
 
·       Secara kelompok peserta didik berganti-ganti
  tempat untuk mempelajari variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bulutangkis
  yang berbeda dari kelompok asal. 
 
·       Seluruh variasi dan kombinasi gerak spesifik
  servis panjang dan pukulan forehand; servis
  panjang dan pukulan backhand; servis
  pendek dan pukulan forehand; servis
  pendek dan pukulan backhand, pukulan
  forehand dan pukulan backhand; servis panjang/pendek,
  pukulan forehand dan pukulan backhand; servis panjang/pendek,
  pukulan forehand, pukulan backhand dan pukulan smash permainan bulutangkis, yang
  dilakukan oleh peserta didik diawasi dan diberikan koreksi oleh guru apabila
  ada kesalahan gerakan.
 
·       Peserta didik secara individu dan atau
  kelompok melakukan variasi dan kombinasi gerak spesifik servis panjang dan
  pukulan forehand; servis panjang
  dan pukulan backhand; servis pendek
  dan pukulan forehand; servis pendek
  dan pukulan backhand, pukulan forehand dan pukulan backhand; servis panjang/pendek,
  pukulan forehand dan pukulan backhand; servis panjang/pendek,
  pukulan forehand, pukulan backhand dan pukulan smash permainan bulutangkis, sesuai
  dengan koreksi oleh guru. 
·       Peserta didik secara melakukan variasi dan
  kombinasi gerak spesifik permainan bulutangkis secara sederhana dengan
  menggunakan peraturan yang dimodifikasi, yang menekankan pada nilai-nilai:
  disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
3
  x Pertemuan  
(
  9 JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 50-55). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 122-136). | 
|  | 
Tenis Meja: 
·       Variasi dan kombinasi servis forehand dan servis backhand 
·       Variasi dan kombinasi pukulan forehand dan
  pukulan backhand 
·       Variasi dan kombinasi servis forehand/backhand
  dan pukulan forehand 
·      
  Variasi dan kombinasi servis forehand/backhand
  dan pukulan
  backhand 
·      
  Variasi dan kombinasi servis forehand/backhand
  dan pukulan  forehand/backhand 
·      
  Variasi dan kombinasi servis forehand/backhand,
  pukulan  forehand/backhand, dan pukulan smash. | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Resiprokal 
·       Peserta didik mendapatkan
  pasangan
  sesuai dengan yang ditentukan guru melalui permainan. 
·      
  Peserta didik bersama pasangan menerima dan
  mempelajari lembar kerja (student work
  sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas variasi
  dan kombinasi gerak spesifik servis forehand
  dan servis backhand; pukulan forehanddan pukulan backhand; servis forehand/backhand dan pukulan forehand;
  servis forehand/ backhand dan
  pukulan backhand; servis forehand/ backhand dan pukulan forehand/backhand; servis forehand/backhand, pukulan forehand/backhand, dan pukulan smash permainan tenis meja; dengan berbagai posisi baik tanpa
  awalan maupun dengan awalan.  
·      
  Peserta didik berbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi “pelaku”
  dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan
  tugas variasi dan kombinasi
  gerak spesifik servis forehand dan
  servis backhand; pukulan forehanddan pukulan backhand; servis forehand/backhand dan pukulan forehand;
  servis forehand/ backhand dan
  pukulan backhand; servis forehand/ backhand dan pukulan forehand/ backhand; servis forehand/backhand, pukulan forehand/backhand, dan pukulan smash permainan tenis meja;
  dengan
  berbagai posisi baik tanpa awalan maupun dengan awalan satu persatu dan
  pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak
  sesuai dengan lembar kerja). 
·      
  Peserta didik berganti peran setelah
  mendapatkan aba-aba dari guru. 
·      
  Peserta didik mencoba
  tugas variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan tenis meja dalam bentuk
  permainan sederhana dengan pertauran yang dimodifikasi yang menekankan pada
  nilai-nilai disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras. 
·       Hasil belajar
  peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
3
  x Pertemuan  
(
  9 JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 56-62). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 137-151). | 
| 
3.3  Memahami  kombinasi gerak spesifik jalan, lari,
  lompat, dan lempar dalam berbagai
  permainan sederhana dan atau tradisional  
4.3  Mempraktikkan kombinasi
  gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau
  tradisional | 
Jalan Cepat: 
·       Kombinasi start dengan
  gerakan
  tungkai 
·       Kombinasi gerakan tungkai dengan ayunan lengan 
·       Kombinasi gerakan tungkai, ayunan
  lengan dan gerakan pinggul 
·       Kombinasi gerakan tungkai, ayunan
  lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish 
·      
  Kombinasi start, gerakan tungkai, ayunan
  lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning 
·         
  Peserta didik
  melakukan kombinasi
  gerak spesifik start dengan gerakan
  tungkai; gerakan tungkai dengan ayunan lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan
  dan gerakan pinggul; gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan
  memasuki garis finish; start,
  gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish jalan cepat, sesuai dengan instruksi guru sebelum pembelajaran
  dimulai. 
·         
  Guru membuka dan
  menjelaskan manfaat dan tujuan pembelajaran kombinasi gerak spesifik start dengan gerakan tungkai; gerakan tungkai dengan ayunan
  lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan dan gerakan pinggul; gerakan tungkai,
  ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish; start, gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul,
  dan memasuki garis finish jalan
  cepat, bagi kesehatan
  dan kebugaran jasmani. 
·         
  Peserta didik
  melakukan kombinasi
  gerak spesifik start dengan gerakan
  tungkai; gerakan tungkai dengan ayunan lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan
  dan gerakan pinggul; gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan
  memasuki garis finish; start,
  gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish jalan cepat.  
·         
  Seluruh kombinasi gerak spesifik start dengan gerakan tungkai; gerakan
  tungkai dengan ayunan lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan dan gerakan
  pinggul; gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish; start, gerakan tungkai, ayunan
  lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish jalan cepat, yang dilakukan
  oleh peserta didik diawasi dan diberikan koreksi oleh guru apabila ada
  kesalahan dalam melakukan gerakan. 
·         
  Peserta didik
  secara individu dan atau kelompok melakukan kombinasi gerak spesifik start dengan gerakan tungkai; gerakan tungkai dengan ayunan
  lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan dan gerakan pinggul; gerakan tungkai,
  ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish; start, gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul,
  dan memasuki garis finish jalan
  cepat, yang menekankan pada
  nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh guru. 
·         
  Guru mengamati seluruh aktifitas peserta didik dalam
  melakukan kombinasi
  gerak spesifik start dengan gerakan
  tungkai; gerakan tungkai dengan ayunan lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan
  dan gerakan pinggul; gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan
  memasuki garis finish; start,
  gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish jalan cepat
  secara seksama. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
3
  x Pertemuan  
( 9
  JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 65-71). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 152-164). | 
|  | 
Lari Sambung / Estafet: 
·       Kombinasi start dengan
  memberi tongkat estafet 
·       Kombinasi memberi dengan menerima tongkat estafet 
·       Kombinasi start,
  memberi, dan menerima tongkat estafet  
·       Kombinasi start,
  memberi, menerima tongkat estafet, dan memasuki garis finish | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Periksa Diri (Selfcheck) 
·        
  Peserta
  didik menerima dan mempelajari lembar periksa sendiri (selfcheck sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas kombinasi gerak spesifik start dengan memberi tongkat estafet; memberi dengan menerima
  tongkat estafet; start, memberi,
  dan menerima tongkat estafet; dan start,
  memberi, menerima tongkat estafet, dan memasuki garis finish lari sambung/estafet. 
·        
  Peserta didik mencoba melakukan gerak sesuai
  dengan gambar dan diskripsi yang ada pada lembar periksa sendiri. 
·        
  Peserta
  didik melakukan tugas gerak dan memeriksa keberhasilannya sendiri (sesuai
  indikator atau tidak) secara berurutan satu persatu. Jika telah menguasai
  gerakan pertama (start), maka
  dipersilahkan untuk melanjutkan ke gerakan kedua (memberi dan menerima
  tongkat estafet), dan jika belum maka harus mengulang kembali gerakan
  pertama. Demikian seterusnya hingga tuntas seluruh materi. 
·        
  Peserta didik mendapatkan umpan balik secara intrinsik (intrinsic feedback) dari diri sendiri. 
·        
  Peserta didik melakukan kombinasi
  gerak spesifik lari sambung/estafet menempuh jarak 4 x 100 m, yang menekankan
  pada nilai-nilai: disiplin, sportivitas,
  kerja sama, percaya diri, dan kerja keras. 
·        
  Umpan
  balik disediakan dalam lembar periksa sendiri, dan secara oleh peserta didik. 
·        
  Hasil
  belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
2
  x Pertemuan  
(
  6 JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 71-76). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 165-177). | 
|  | 
Lompat Tinggi: 
·       Kombinasi awalan dengan tolakan 
·       Kombinasi tumpuan dan melewati mistar 
·       Kombinasi tumpuan, melewati mistar, dan mendarat 
·       Kombinasi awalan, tumpuan, melewati mistar, dan
  mendarat | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Penugasan 
·      
  Peserta didik menerima dan mempelajari kartu tugas
  (task sheet) yang berisi perintah
  dan indikator tugas kombinasi gerak spesifik awalan dengan tolakan; tumpuan dan melewati mistar;
  tumpuan, melewati mistar, dan mendarat; awalan, tumpuan, melewati mistar, dan
  mendarat lompat tinggi, dengan
  berbagai posisi baik tanpa awalan maupun dengan awalan.  
·      
  Peserta didik
  melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk
  mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran kombinasi gerak
  spesifik awalan dengan tolakan;
  tumpuan dan melewati mistar; tumpuan, melewati mistar, dan mendarat; awalan,
  tumpuan, melewati mistar, dan mendarat lompat tinggi. 
·      
  Peserta didik menerima
  umpan balik dari guru tentang kombinasi gerak spesifik awalan dengan tolakan; tumpuan dan melewati mistar;
  tumpuan, melewati mistar, dan mendarat; awalan, tumpuan, melewati mistar, dan
  mendarat lompat tinggi.  
·      
  Peserta didik melakukan
  pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai
  umpan balik yang diberikan.  
·      
  Peserta didik mencoba
  tugas kombinasi
  gerak spesifik lompat tinggi secara sederhana dengan
  menggunakan peraturan yang dimodifikasi, yang menekankan pada nilai-nilai:
  disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras. 
·       Hasil belajar
  peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
2
  x Pertemuan  
(
  6 JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 76-80). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 178-190). | 
|  | 
Tolak Cakram: 
·       Kombinasi memegang cakram dengan  awalan melempar cakram 
·       Kombinasi awalan dengan 
  melempar cakram 
·       Kombinasi melempar cakram dengan gerak
  lanjutan 
·       Kombinasi awalan, melempar cakram, dengan gerak
  lanjutan 
·      
  Kombinasi memegang
  cakram, awalan, melempar cakram, dengan gerak lanjutan | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Komando 
·        
  Peserta
  didik menyimak informasi dan peragaan materi tentang kombinasi gerak spesifik
  memegang cakram dengan awalan melempar cakram; awalan dengan  melempar cakram; melempar cakran dengan
  gerak lanjutan; awalan, melempar cakram, dengan gerak lanjutan; memegang cakram,
  awalan, melempar cakram, dengan gerak lanjutan lempar cakram, baik melalui
  vidio pembelajaran, gambar, maupun peragaan guru atau peserta didik. 
·        
  Peserta
  didik mencoba kombinasi gerak spesifik memegang cakram dengan awalan melempar
  cakram; awalan dengan  melempar cakram;
  melempar cakran dengan gerak lanjutan; awalan, melempar cakram, dengan gerak
  lanjutan; memegang cakram, awalan, melempar cakram, dengan gerak lanjutan
  lempar cakram, yang telah diperlihatkan melalui vidio pembelajaran, gambar,
  diperagakan oleh guru atau peserta didik. 
·        
  Peserta
  didik mempraktikkan secara berulang-ulang kombinasi gerak spesifik memegang cakram
  dengan awalan melempar cakram; awalan dengan 
  melempar cakram; melempar cakran dengan gerak lanjutan; awalan, melempar
  cakram, dengan gerak lanjutan; memegang cakram, awalan, melempar cakram,
  dengan gerak lanjutan lempar cakram, sesuai dengan komando dan giliran yang
  diberikan oleh guru. 
·        
  Peserta
  didik menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara
  klasikal. 
·        
  Hasil
  belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
2
  x Pertemuan  
(
  6 JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 81-85). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 191-203). | 
| 
3.4  Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik seni beladiri 
4.4  Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik seni
  beladiri | 
Beladiri: 
·      
  Variasi dan kombinasi kuda-kuda dengan pola langkah 
·      
  Variasi dan kombinasi kuda-kuda, pukulan dengan
  tangkisan 
·      
  Variasi dan kombinasi kuda-kuda, tendangan dengan
  elakan 
·       Variasi
  dan kombinasi kuda-kuda, pukulan, tangkisan, tendangan, dan elakan | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) 
·         
  Peserta didik
  melakukan variasi
  dan kombinasi kuda-kuda dengan pola langkah; kuda-kuda, pukulan dengan
  tangkisan; kuda-kuda, tendangan dengan elakan; kuda-kuda, pukulan, tangkisan,
  tendangan, dan elakan dalam pencak silat, yang tidak mampu dilakukan pada saat gerakan. 
·         
  Peserta didik
  melakukan variasi
  dan kombinasi kuda-kuda dengan pola langkah; kuda-kuda, pukulan dengan
  tangkisan; kuda-kuda, tendangan dengan elakan; kuda-kuda, pukulan, tangkisan,
  tendangan, dan elakan dalam pencak silat, secara individu maupun kelompok, dan guru mengamati
  seluruh aktivitas tersebut. 
·         
  Seluruh variasi dan kombinasi kuda-kuda
  dengan pola langkah; kuda-kuda, pukulan dengan tangkisan; kuda-kuda,
  tendangan dengan elakan; kuda-kuda, pukulan, tangkisan, tendangan, dan elakan
  dalam pencak silat, yang dilakukan
  oleh peserta didik diawasi dan diberikan koreksi oleh guru apabila ada
  kesalahan dalam melakukan gerakan. 
·         
  Peserta didik
  secara individu dan atau kelompok melakukan variasi dan kombinasi kuda-kuda dengan pola
  langkah; kuda-kuda, pukulan dengan tangkisan; kuda-kuda, tendangan dengan
  elakan; kuda-kuda, pukulan, tangkisan, tendangan, dan elakan dalam pencak
  silat, sesuai dengan
  koreksi yang diberikan oleh guru. 
·         
  Seluruh gerakan
  peserta didik setelah diberikan umpan balik diamati oleh guru secara individu
  maupun kelompok. 
·         
  Peserta didik
  melakukan variasi
  dan kombinasi kuda-kuda dengan pola langkah; kuda-kuda, pukulan dengan
  tangkisan; kuda-kuda, tendangan dengan elakan; kuda-kuda, pukulan, tangkisan,
  tendangan, dan elakan dalam pencak silat, secara individu dan saling  bergantian, yang menekankan pada
  nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
3
  x Pertemuan  
( 9
  JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 89-96). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 204-218). | 
| 
3.5    Memahami  
  penyusunan program pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait
  dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana 
4.5    Mempraktikkan penyusunan program pengembangan
  komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara
  sederhana | 
Penyusunan program latihan sederhana 
·      
  Latihan
  kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan,
  dan kelenturan) 
·      
  Latihan
  kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan
  (kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)  | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Saintifik 
·         
  Peserta didik menyimak informasi dan peragaan
  materi tentang latihan
  kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan, yang meliputi: kekuatan, daya tahan
  otot, daya tahan pernapasan, dan kelenturan; dan latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan
  keterampilan yang meliputi: kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi, secara
  individual, berpasangan atau berkelompok. 
·         
  Peserta didik mencoba dan melakukan latihan kebugaran jasmani yang terkait
  dengan kesehatan, yang meliputi: kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan,
  dan kelenturan; dan latihan
  kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan yang meliputi: kecepatan,
  kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi, secara individual,
  berpasangan atau berkelompok. 
·         
  Peserta didik mendapatkan umpan balik dari diri
  sendiri, teman dalam kelompok, dan guru tentang latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan
  kesehatan, yang meliputi: kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan,
  dan kelenturan; dan latihan
  kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan yang meliputi: kecepatan, kelincahan,
  keseimbangan, dan koordinasi. 
·         
  Peserta didik memperagakan hasil belajar latihan kebugaran jasmani yang terkait
  dengan kesehatan, yang meliputi: kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan,
  dan kelenturan; dan latihan
  kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan yang meliputi: kecepatan,
  kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi, yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin,
  sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras. 
·         
  Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses
  dan di akhir pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
3
  x Pertemuan  
( 9
  JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 99-110). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 219-232). | 
| 
3.6 
  Memahami  kombinasi  keterampilan berbentuk rangkaian gerak
  sederhana  secara konsisten, tepat, dan
  terkontrol dalam aktivitas spesifik senam lantai 
4.6    Mempraktikkan
  kombinasi  keterampilan berbentuk
  rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam
  aktivitas spesifik senam lantai | 
·      
  Kombinasi guling ke depan dengan guling ke belakang 
·      
  Kombinasi guling ke depan dengan guling lenting 
·      
  Kombinasi guling ke belakang dengan lenting lenting | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Komando 
·        
  Peserta
  didik menyimak informasi dan peragaan materi tentang kombinasi guling ke
  depan dengan guling ke belakang; guling ke depan dengan guling lenting;
  guling ke belakang dengan lenting lenting senam lantai, baik melalui vidio
  pembelajaran, gambar, maupun peragaan guru atau peserta didik. 
·        
  Peserta
  didik mencoba melakukan kombinasi guling ke depan dengan guling ke belakang;
  guling ke depan dengan guling lenting; guling ke belakang dengan lenting
  lenting senam lantai, yang telah diperlihatkan melalui vidio pembelajaran,
  gambar, diperagakan oleh guru atau peserta didik. 
·        
  Peserta
  didik melakukan secara berulang-ulang kombinasi guling ke depan dengan guling
  ke belakang; guling ke depan dengan guling lenting; guling ke belakang dengan
  lenting lenting senam lantai, sesuai dengan komando dan giliran yang
  diberikan oleh guru. 
·        
  Peserta
  didik menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara
  klasikal. 
·        
  Hasil
  belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
2
  x Pertemuan  
(
  6 JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 113-124). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 233-246). | 
| 
3.7    Memahami
  variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan
  mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak
  pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam aktivitas gerak berirama 
4.7    Mempraktikkan
  variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan
  mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak
  pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam aktivitas gerak berirama | 
Aktivitas Gerak Berirama: 
·      
  Variasi dan kombinasi langkah dasar 
·      
  Variasi dan kombinasi gerak dan ayunan lengan dan tangan 
·      
  Variasi dan kombinasi pelurusan sendi tubuh 
·      
  Variasi dan kombinasi irama gerak | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Saintifik 
·         
  Peserta didik menyimak informasi dan peragaan
  materi tentang variasi dan kombinasi langkah
  dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama
  gerak, aktivitas gerak berirama, secara individual, berpasangan atau berkelompok. 
·         
  Peserta didik mencoba dan melakukan variasi dan
  kombinasi langkah dasar, gerak
  dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak,
  aktivitas gerak berirama, secara individual, berpasangan atau berkelompok. 
·         
  Peserta didik mendapatkan umpan balik dari diri
  sendiri, teman dalam kelompok, dan guru tentang variasi dan kombinasi langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan
  tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak, aktivitas gerak berirama. 
·         
  Peserta didik memperagakan hasil belajar variasi dan
  kombinasi langkah dasar, gerak
  dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak,
  aktivitas gerak berirama,
  yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan
  kerja keras. 
·         
  Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses
  dan di akhir pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
3
  x Pertemuan  
( 9
  JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 127-136). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 247-260). | 
| 
3.8    Memahami
  gerak spesifik salah satu gaya renang dalam bentuk perlombaan***) 
4.8    Mempraktikkan
  gerak spesifik salah satu gaya renang dalam bentuk perlombaan ***) | 
Aktivitas Renang: 
·      
  Variasi dan kombinasi gerakan meluncur dengan gerakan
  kaki 
·      
  Variasi dan kombinasi gerakan kaki dengan gerakan
  lengan 
·      
  Variasi dan kombinasi gerakan kaki, gerakan lengan, dan
  gerakan mengambil napas 
·       Koordinasi
  gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan lengan, dan gerakan mengambil napas | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Komando 
·        
  Peserta
  didik menyimak informasi dan peragaan materi tentang variasi dan kombinasi
  gerak spesifik pengenalan air, gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan
  lengan, gerakan mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya punggung,
  baik melalui vidio pembelajaran, gambar, maupun peragaan guru atau peserta
  didik. 
·        
  Peserta
  didik mencoba melakukan variasi dan kombinasi gerak spesifik pengenalan air,
  gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan mengambil napas, dan
  koordinasi gerakan renang gaya punggung, yang telah diperlihatkan melalui
  vidio pembelajaran, gambar, diperagakan oleh guru atau peserta didik. 
·        
  Peserta
  didik melakukan secara berulang-ulang variasi dan kombinasi gerak spesifik
  pengenalan air, gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan
  mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya punggung sesuai dengan
  komando dan giliran yang diberikan oleh guru. 
·        
  Peserta
  didik menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara
  klasikal. 
·        
  Hasil
  belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja) | 
8
  x Pertemuan  
( 24
  JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 140-146). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 261-272). | 
| 
3.9    Memahami
  tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain 
4.9    Memaparkan
  tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain | 
·       Pengertian
  P3K 
·       Macam-macam
  cidera 
·       Macam-macam
  alat P3K 
·       Tindakan P3K pada kejadian
  darurat baik pada
  diri sendiri maupun orang lain | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) 
·       Guru menyajikan sebuah fenomena yaitu:
  sebuah kejadian di suatu tempat terhadap kecelakaan yang terjadi rumah,
  jalan, sekolah, dan tempat kerja. Masalah utamanya adalah tindakan P3K, yaitu:
  tindakan P3K pada kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain. 
·      
  Guru
  memfasilitasi peserta didik menemukan dan mengklarifikasi masalah tersebut. 
·      
  Peserta didik mengidentifikasi masalah dan
  melakukan curah pendapat dengan difasilitasi oleh
  guru. 
·      
  Peserta didik dalam kelompok mengklasifikasi apa
  yang diketahui, apa yang perlu diketahui, apa yang perlu dilakukan untuk
  menyelesaikan masalah, dengan menyusun pertanyaan seperti: 
-       
  Apa
  yang dimaksud dengan P3K, macam-macam cidera, macam-macam alat P3K, tindakan P3K pada
  kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain? 
-       
  Apa
  pengaruhnya P3K, macam-macam cidera, macam-macam alat P3K, tindakan P3K pada
  kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain? 
-       
  Mengapa tindakan P3K pada kejadian darurat baik
  pada diri sendiri maupun orang lain sangat diperlukan? 
-       
  Bagaimanakah
  cara melakukan tindakan P3K pada kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun
  orang lain? 
·      
  Peserta didik mengembangkan penyelesaian
  berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. 
·      
  Peserta didik secara mandiri maupun kelompok
  mengumpulkan data dan informasi (pengetahuan, konsep, teori) dari berbagai
  sumber (website, buku siswa, dan lain-lain) untuk menemukan solusi atas  masalah yang ditemukan. 
·      
  Peserta
  didik mengolah hasil pengumpulan informasi untuk dipergunakan sebagai solusi
  pemecahan masalah dengan berbagai pembelajaran tentang tindakan P3K pada
  kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain dalam kelompok. 
·      
  Peserta didik dalam kelompok berbagi informasi dan
  diskusi untuk menemukan dan menentukan solusi yang dianggap tepat untuk
  menyelesaikan masalah. 
·      
  Peserta didik menetapkan solusi penyelesaian
  masalah. 
·      
  Peserta didik menyusun hasil kerja kelompok yang
  dapat berupa paparan, peragaan atau dalam bentuk lembaran. 
·      
  Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
  kelompok di depan kelas. 
·      
  Peserta didik yang lain mereviu dan memberi
  tanggapan terhadap kerja kelompok. 
·      
  Peserta didik dalam kelompok memperbaiki hasil
  kerja berdasarkan masukan dan tanggapan dari kelompok lain. 
·      
  Peserta didik bersama-sama guru melakukan mereviu
  dan refleksi atas pembelajaran yang dilakukan. 
·      
  Peserta didik dan guru memberikan apresiasi atas
  partisipasi semua pihak. 
·      
  Peserta didik dan guru bersama-sama mengapresiasikan
  keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok,
  yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya
  diri, dan kerja keras. 
·      
  Peserta didik mengemukakan ulasan terhadap
  pembelajaran yang dilakukan. 
·      
  Peserta didik dan guru memberikan apresiasi atas
  partisipasi semua pihak. 
·       Peserta didik dan
  guru melakukan refleksi atas kontribusi setiap orang dalam proses
  pembelajaran. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja dan portopolio) | 
2
  x Pertemuan  
( 6
  JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 149-166). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 273-287). | 
| 
3.10  Memahami
  peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit  
4.10 
  Memaparkan peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit | 
·       Pengertian
  aktivitas fisik 
·       Manfaat
  melakukan aktivitas fisik terhadap
  pencegahan penyakit  
·       Dampak/akibat
  apabila tidak melakukan aktivitas fisik 
·       Cara
  melakukan aktivitas fisik untuk mencegah penyakit | 
·     Disiplin 
·     Sportifitas 
·     Kerja sama 
·     Percaya diri 
·     Kerja keras | 
Pembelajaran Saintifik 
·       Peserta didik membaca buku atau mengamati tayangan video tentang peran aktivitas
  fisik terhadap pencegahan penyakit, yang meliputi: pengertian aktivitas
  fisik, manfaat melakukan aktivitas fisik terhadap pencegah-an penyakit,
  dampak/akibat apabila tidak melakukan aktivitas fisik, dan cara melakukan
  aktivitas fisik untuk mencegah penyakit, dan membuat catatan hal-hal yang
  belum diketahui terkait dengan peran aktivitas fisik terhadap pencegahan
  penyakit. 
·      
  Peserta didik membuat pertanyaan tentang  peran
  aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit, misalnya: Apakah
  macam-macam peran aktivitas
  fisik terhadap pencegahan penyakit? Bagaimana peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit? Bagaimana-kah
  cara melakukan aktivitas fisik
  terhadap pencegahan penyakit? 
·       pengertian aktivitas fisik, manfaat melaku-kan
  aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit, dampak/akibat apabila tidak
  melakukan aktivitas fisik, dan cara melakukan aktivitas fisik untuk mencegah
  penyakit. 
·      
  Peserta didik mendiskusikan  peran
  aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit, yang meliputi: pengertian
  aktivitas fisik, manfaat melakukan aktivitas fisik terhadap pencegahan
  penyakit, dampak/akibat apabila tidak melakukan aktivitas fisik, dan cara
  melakukan aktivitas fisik untuk mencegah penyakit dengan benar dan membuat
  kesimpulannya. 
·      
  Peserta didik memaparkan hasil diskusi berkaitan
  dengan fungsi, prosedur, dan
  bentuk
  pembelajaran untuk memahami dan dapat mempraktikkan peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit,
  yang meliputi: pengertian aktivitas fisik, manfaat melakukan aktivitas fisik
  terhadap pencegah-an penyakit, dampak apabila tidak melakukan aktivitas
  fisik, dan cara melakukan aktivitas fisik untuk mencegah penyakit, yang
  menekankan pada nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan
  kerja keras. | 
a.   Sikap (jurnal)  
b.   Pengetahuan (Tes tertulis
  dan penugasan) 
c.   Keterampilan/ 
Praktik (Unjuk kerja dan portopolio) | 
2
  x Pertemuan  
( 6
  JP ) | 
a.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
  (hal. 159-171). 
b.  
  Muhajir. 2017.
  PJOK (Buku guru). Bogor:
  PT. Yudhistira (hal. 288-299). | 
*          Kolom nilai karakter
dimaksudkan  untuk membantu guru dalam
menganalisis nilai karakter yang bisa dikembangkan dalam KD dan materi yang
bersangkutan. Tetapi nilai karakter tidak perlu dituliskan pada materi pokok
RPP.
*          Penggunaan metode
pembelajaran dalam Silabus ini merupakan salah satu contoh saja. Guru
diharapkan dapat mengembangkan Silabus ini yang disesuaikan dengan konten
materi yang akan diajarkan. Dalam penggunaan metode pembelajaran, guru dapat
menggunakan lebih dari satu metode dalam suatu proses pembelajaran. 
Ok pak
BalasHapusok pak :ragil afda
BalasHapusOkee pakk
BalasHapusOk pak
BalasHapusOke pak
BalasHapusOk pak
BalasHapusokk pak
BalasHapusSiapppppp
BalasHapusOke pak
BalasHapusOk akbar
BalasHapusHadir
BalasHapushadir
BalasHapusKevin:siap
BalasHapusOkesiap
BalasHapusKevin:siap
BalasHapus