SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP
AL-AZHAR 1 B LAMPUNG
Kelas/Semester : IX / 1 & 2
Mata Pelajaran : Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai
dan
menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, dan percaya diri
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan
rasa ingin
tahunya
tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan
kejadian tampak mata
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari
di sekolah
dan sumber lain
yang
sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Nilai Karakter
KI1, KI2 dan PPK
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
3.1 Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*)
4.1 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik
dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional*)
|
Sepak Bola:
·
Variasi dan kombinasi menendang/ mengumpan dan
menghentikan bola
·
Variasi dan kombinasi menggiring, menendang/ mengumpan
dan menghentikan bola
·
Variasi dan kombinasi menggiring, menghentikan, dan
menendang bola ke gawang/ sasaran
·
Variasi dan kombinasi melempar bola ke dalam dan
menyundul bola
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning
·
Peserta didik
melakukan variasi
dan kombinasi gerak spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
dan menyundul bola permainan sepak bola, sesuai dengan instruksi guru sebelum pembelajaran
dimulai.
·
Guru membuka dan
menjelaskan manfaat dan tujuan pembelajaran variasi dan kombinasi gerak
spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
dan menyundul bola permainan sepak bola, bagi kesehatan dan kebugaran jasmani.
·
Peserta didik
melakukan variasi
dan kombinasi gerak spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
dan menyundul bola permainan sepak bola, sesuai dengan penjelasan guru secara individu maupun
kelompok, dan menyampaikan arti penting kerja sama dalam variasi dan kombinasi
gerak spesifik permainan sepak bola.
·
Seluruh variasi
dan kombinasi gerak spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
dan menyundul bola permainan sepak bola, yang dilakukan oleh peserta didik diawasi dan
diberikan koreksi oleh guru apabila ada kesalahan dalam melakukan gerakan.
·
Peserta didik
secara individu dan atau kelompok melakukan variasi dan kombinasi gerak
spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
dan menyundul bola permainan sepak bola, yang menekankan pada
nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh guru.
·
Guru mengamati seluruh aktifitas peserta didik dalam
melakukan variasi
dan kombinasi gerak spesifik menendang/ mengumpan dan menghentikan;
menggiring, menendang/ mengumpan dan menghentikan bola; menggiring,
menghentikan, dan menendang bola ke gawang/sasaran; melempar bola ke dalam
dan menyundul bola permainan sepak bola secara
seksama.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
3
x Pertemuan
(
9 JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 15-29).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 59-78).
|
|
Bola Voli:
· Variasi dan kombinasi passing bawah dan passing atas
· Variasi dan kombinasi servis bawah, passing bawah dan passing atas
· Variasi dan kombinasi servis atas, passing bawah dan passing
atas
· Variasi dan kombinasi servis bawah, passing bawah, passing atas, smash/spike
· Variasi dan kombinasi servis atas, passing bawah, passing atas, smash/spike
·
Variasi dan
kombinasi servis bawah, passing
bawah, passing atas, smash/spike dan block/
bendungan
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)
·
Peserta didik
melakukan variasi
dan kombinasi gerak spesifik passing,
servis, smesh/spike, dan bendungan/block permainan bola voli, yang tidak mampu dilakukan pada saat gerakan.
·
Peserta didik
melakukan variasi
dan kombinasi gerak spesifik passing,
servis, smesh/spike, dan bendungan/block permainan bola voli, secara individu maupun kelompok, dan guru mengamati
seluruh aktivitas tersebut.
·
Seluruh variasi dan kombinasi gerak
spesifik passing, servis, smesh/spike, dan bendungan/ block permainan bola voli, yang dilakukan oleh peserta didik diawasi dan
diberikan koreksi oleh guru apabila ada kesalahan dalam melakukan gerakan.
·
Peserta didik
secara individu dan atau kelompok melakukan variasi dan kombinasi gerak spesifik passing, servis, smesh/spike, dan bendungan/block permainan bola voli, sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh guru.
·
Seluruh gerakan
peserta didik setelah diberikan umpan balik diamati oleh guru secara individu
maupun kelompok.
·
Peserta didik
melakukan variasi
dan kombinasi gerak spesifik passing,
servis, smesh/spike, dan bendungan/block permainan bola voli, secara individu dan saling bergantian, yang menekankan pada
nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
3
x Pertemuan
(
9 JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 15-29).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 79-92).
|
|
Bola Basket:
· Variasi dan kombinasi melempar dan menangkap bola
· Variasi dan kombinasi melempar, menangkap dan menggiring bola
· Variasi dan kombinasi melempar, menangkap dan menembak bola
· Variasi dan kombinasi melempar, menangkap, menggiring dan menembak bola
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Saintifik
·
Peserta didik menyimak informasi dan peragaan
materi tentang variasi dan
kombinasi gerak spesifik melempar dan menangkap bola; melempar, menangkap dan menggiring bola;
melempar, menangkap dan menembak bola;
melempar, menangkap, menggiring, dan
menembak bola permainan bola basket, secara individual, berpasangan atau
berkelompok.
·
Peserta didik mencoba dan melakukan variasi dan kombinasi gerak spesifik
melempar dan menangkap bola; melempar,
menangkap dan menggiring bola; melempar, menangkap dan menembak bola; melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola
permainan bola basket, secara individual, berpasangan atau berkelompok.
·
Peserta didik mendapatkan umpan balik dari diri
sendiri, teman dalam kelompok, dan guru tentang variasi dan kombinasi gerak spesifik melempar dan
menangkap bola; melempar, menangkap
dan menggiring bola; melempar,
menangkap dan menembak bola; melempar,
menangkap, menggiring, dan menembak bola permainan bola basket.
·
Peserta didik memperagakan hasil belajar variasi dan kombinasi gerak spesifik
melempar dan menangkap bola; melempar,
menangkap dan menggiring bola; melempar, menangkap dan menembak bola; melempar, menangkap, menggiring, dan menembak bola
permainan bola basket, yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin,
sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras.
·
Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses
dan di akhir pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
3
x Pertemuan
(
9 JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 30-45).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 93-106).
|
3.2 Memahami variasi dan kombinasi gerak
spesifik dalam berbagai permainan
bola kecil sederhana dan atau tradisional
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional
|
Bola Bakar:
·
Variasi dan kombinasi melempar dan menangkap bola
·
Variasi dan kombinasi melemparkan dan memukul bola
·
Variasi dan kombinasi melempar kan, memukul dan
menangkap bola
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Jigshaw
· Peserta didik menyimak informasi dan
peragaan materi tentang variasi dan kombinasi gerak spesifik melempar dan
menangkap bola; variasi dan kombinasi melemparkan dan memukul bola; variasi
dan kombinasi melemparkan, memukul dan menangkap bola permainan bola bakar.
·
Peserta didik
membagi diri ke dalam tiga (3) kelompok sesuai dengan materi (materi menjadi
nama kelompok, contoh kelompok melempar
dan menangkap bola, kelompok variasi dan kombinasi melemparkan dan memukul bola, dan seterusnya). Di dalam kelompok ini setiap peserta didik
secara berulang-ulang mempraktikkan gerak sesuai dengan nama kelompoknya.
·
Setiap anggota kelompok berkunjung ke kelompok
lain untuk mempelajari dan “mengajari” materi dari dan ke kelompok lain
setelah mendapatkan aba-aba dari guru.
·
Setiap anggota kelompok kembali ke kelompok
masing-masing untuk mempelajari dan “mengajari” materi dari dan ke
kelompoknya sendiri setelah mendapatkan aba-aba dari guru.
·
Peserta didik menerima umpan balik secara
individual maupun klasikal dari guru.
·
Peserta didik mencoba melakukan
tugas variasi dan kombinasi
gerak spesifik melempar dan menangkap bola; variasi dan kombinasi melemparkan
dan memukul bola; variasi dan kombinasi melemparkan, memukul dan menangkap
bola permainan bola bakar ke dalam permainan sederhana, yang menekankan
pada nilai-nilai: disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja
keras.
· Hasil belajar
peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
3
x Pertemuan
(
9 JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 45-50).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 107-121).
|
|
Bulutangkis:
· Variasi dan kombinasi servis panjang dan pukulan forehand
· Variasi dan kombinasi servis panjang dan pukulan backhand
· Variasi dan kombinasi servis pendek dan pukulan forehand
· Variasi dan kombinasi servis pendek dan pukulan backhand
· Variasi dan kombinasi pukulan forehand dan pukulan backhand
· Variasi dan kombinasi servis panjang/pendek, pukulan forehanddan pukulan backhand
·
Variasi dan
kombinasi servis panjang/ pendek, pukulan forehand, pukulan backhand dan
pukulan smash
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Cooperatif
(Cooperative Learning)
· Peserta didik melakukan variasi dan
kombinasi gerak spesifik servis panjang dan pukulan forehand; servis panjang dan pukulan backhand; servis pendek dan pukulan forehand; servis pendek dan pukulan backhand, pukulan forehand dan
pukulan backhand; servis
panjang/pendek, pukulan forehand dan
pukulan backhand; servis
panjang/pendek, pukulan forehand, pukulan
backhand dan pukulan smash permainan bulutangkis, sesuai
dengan pembagian kelompok instruksi guru sebelum pembelajaran dimulai.
· Guru menjelaskan keterkaitannya variasi dan
kombinasi gerak spesifik servis panjang dan pukulan forehand; servis panjang dan pukulan backhand; servis pendek dan pukulan forehand; servis pendek dan pukulan backhand, pukulan forehand dan
pukulan backhand; servis
panjang/pendek, pukulan forehand dan
pukulan backhand; servis
panjang/pendek, pukulan forehand, pukulan
backhand dan pukulan smash permainan bulutangkis terhadap kebugaran
jasmani.
· Peserta didik yang memiliki kemampuan lebih baik dapat dijadikan sebagai mediator
bagi peserta didik lain dalam kelompok tersebut.
· Secara kelompok peserta didik berganti-ganti
tempat untuk mempelajari variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bulutangkis
yang berbeda dari kelompok asal.
· Seluruh variasi dan kombinasi gerak spesifik
servis panjang dan pukulan forehand; servis
panjang dan pukulan backhand; servis
pendek dan pukulan forehand; servis
pendek dan pukulan backhand, pukulan
forehand dan pukulan backhand; servis panjang/pendek,
pukulan forehand dan pukulan backhand; servis panjang/pendek,
pukulan forehand, pukulan backhand dan pukulan smash permainan bulutangkis, yang
dilakukan oleh peserta didik diawasi dan diberikan koreksi oleh guru apabila
ada kesalahan gerakan.
· Peserta didik secara individu dan atau
kelompok melakukan variasi dan kombinasi gerak spesifik servis panjang dan
pukulan forehand; servis panjang
dan pukulan backhand; servis pendek
dan pukulan forehand; servis pendek
dan pukulan backhand, pukulan forehand dan pukulan backhand; servis panjang/pendek,
pukulan forehand dan pukulan backhand; servis panjang/pendek,
pukulan forehand, pukulan backhand dan pukulan smash permainan bulutangkis, sesuai
dengan koreksi oleh guru.
· Peserta didik secara melakukan variasi dan
kombinasi gerak spesifik permainan bulutangkis secara sederhana dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi, yang menekankan pada nilai-nilai:
disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
3
x Pertemuan
(
9 JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 50-55).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 122-136).
|
|
Tenis Meja:
· Variasi dan kombinasi servis forehand dan servis backhand
· Variasi dan kombinasi pukulan forehand dan
pukulan backhand
· Variasi dan kombinasi servis forehand/backhand
dan pukulan forehand
·
Variasi dan kombinasi servis forehand/backhand
dan pukulan
backhand
·
Variasi dan kombinasi servis forehand/backhand
dan pukulan forehand/backhand
·
Variasi dan kombinasi servis forehand/backhand,
pukulan forehand/backhand, dan pukulan smash.
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Resiprokal
· Peserta didik mendapatkan
pasangan
sesuai dengan yang ditentukan guru melalui permainan.
·
Peserta didik bersama pasangan menerima dan
mempelajari lembar kerja (student work
sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas variasi
dan kombinasi gerak spesifik servis forehand
dan servis backhand; pukulan forehanddan pukulan backhand; servis forehand/backhand dan pukulan forehand;
servis forehand/ backhand dan
pukulan backhand; servis forehand/ backhand dan pukulan forehand/backhand; servis forehand/backhand, pukulan forehand/backhand, dan pukulan smash permainan tenis meja; dengan berbagai posisi baik tanpa
awalan maupun dengan awalan.
·
Peserta didik berbagi tugas siapa yang pertama kali menjadi “pelaku”
dan siapa yang menjadi “pengamat”. Pelaku melakukan
tugas variasi dan kombinasi
gerak spesifik servis forehand dan
servis backhand; pukulan forehanddan pukulan backhand; servis forehand/backhand dan pukulan forehand;
servis forehand/ backhand dan
pukulan backhand; servis forehand/ backhand dan pukulan forehand/ backhand; servis forehand/backhand, pukulan forehand/backhand, dan pukulan smash permainan tenis meja;
dengan
berbagai posisi baik tanpa awalan maupun dengan awalan satu persatu dan
pengamat mengamati, serta memberikan masukan jika terjadi kesalahan (tidak
sesuai dengan lembar kerja).
·
Peserta didik berganti peran setelah
mendapatkan aba-aba dari guru.
·
Peserta didik mencoba
tugas variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan tenis meja dalam bentuk
permainan sederhana dengan pertauran yang dimodifikasi yang menekankan pada
nilai-nilai disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras.
· Hasil belajar
peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
3
x Pertemuan
(
9 JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 56-62).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 137-151).
|
3.3 Memahami kombinasi gerak spesifik jalan, lari,
lompat, dan lempar dalam berbagai
permainan sederhana dan atau tradisional
4.3 Mempraktikkan kombinasi
gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana dan atau
tradisional
|
Jalan Cepat:
· Kombinasi start dengan
gerakan
tungkai
· Kombinasi gerakan tungkai dengan ayunan lengan
· Kombinasi gerakan tungkai, ayunan
lengan dan gerakan pinggul
· Kombinasi gerakan tungkai, ayunan
lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish
·
Kombinasi start, gerakan tungkai, ayunan
lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Inquiry/Discovery Learning
·
Peserta didik
melakukan kombinasi
gerak spesifik start dengan gerakan
tungkai; gerakan tungkai dengan ayunan lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan
dan gerakan pinggul; gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan
memasuki garis finish; start,
gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish jalan cepat, sesuai dengan instruksi guru sebelum pembelajaran
dimulai.
·
Guru membuka dan
menjelaskan manfaat dan tujuan pembelajaran kombinasi gerak spesifik start dengan gerakan tungkai; gerakan tungkai dengan ayunan
lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan dan gerakan pinggul; gerakan tungkai,
ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish; start, gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul,
dan memasuki garis finish jalan
cepat, bagi kesehatan
dan kebugaran jasmani.
·
Peserta didik
melakukan kombinasi
gerak spesifik start dengan gerakan
tungkai; gerakan tungkai dengan ayunan lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan
dan gerakan pinggul; gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan
memasuki garis finish; start,
gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish jalan cepat.
·
Seluruh kombinasi gerak spesifik start dengan gerakan tungkai; gerakan
tungkai dengan ayunan lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan dan gerakan
pinggul; gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish; start, gerakan tungkai, ayunan
lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish jalan cepat, yang dilakukan
oleh peserta didik diawasi dan diberikan koreksi oleh guru apabila ada
kesalahan dalam melakukan gerakan.
·
Peserta didik
secara individu dan atau kelompok melakukan kombinasi gerak spesifik start dengan gerakan tungkai; gerakan tungkai dengan ayunan
lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan dan gerakan pinggul; gerakan tungkai,
ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish; start, gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul,
dan memasuki garis finish jalan
cepat, yang menekankan pada
nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras sesuai dengan koreksi yang diberikan oleh guru.
·
Guru mengamati seluruh aktifitas peserta didik dalam
melakukan kombinasi
gerak spesifik start dengan gerakan
tungkai; gerakan tungkai dengan ayunan lengan; gerakan tungkai, ayunan lengan
dan gerakan pinggul; gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan
memasuki garis finish; start,
gerakan tungkai, ayunan lengan, gerakan pinggul, dan memasuki garis finish jalan cepat
secara seksama.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
3
x Pertemuan
( 9
JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 65-71).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 152-164).
|
|
Lari Sambung / Estafet:
· Kombinasi start dengan
memberi tongkat estafet
· Kombinasi memberi dengan menerima tongkat estafet
· Kombinasi start,
memberi, dan menerima tongkat estafet
· Kombinasi start,
memberi, menerima tongkat estafet, dan memasuki garis finish
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Periksa Diri (Selfcheck)
·
Peserta
didik menerima dan mempelajari lembar periksa sendiri (selfcheck sheet) yang berisi perintah dan indikator tugas kombinasi gerak spesifik start dengan memberi tongkat estafet; memberi dengan menerima
tongkat estafet; start, memberi,
dan menerima tongkat estafet; dan start,
memberi, menerima tongkat estafet, dan memasuki garis finish lari sambung/estafet.
·
Peserta didik mencoba melakukan gerak sesuai
dengan gambar dan diskripsi yang ada pada lembar periksa sendiri.
·
Peserta
didik melakukan tugas gerak dan memeriksa keberhasilannya sendiri (sesuai
indikator atau tidak) secara berurutan satu persatu. Jika telah menguasai
gerakan pertama (start), maka
dipersilahkan untuk melanjutkan ke gerakan kedua (memberi dan menerima
tongkat estafet), dan jika belum maka harus mengulang kembali gerakan
pertama. Demikian seterusnya hingga tuntas seluruh materi.
·
Peserta didik mendapatkan umpan balik secara intrinsik (intrinsic feedback) dari diri sendiri.
·
Peserta didik melakukan kombinasi
gerak spesifik lari sambung/estafet menempuh jarak 4 x 100 m, yang menekankan
pada nilai-nilai: disiplin, sportivitas,
kerja sama, percaya diri, dan kerja keras.
·
Umpan
balik disediakan dalam lembar periksa sendiri, dan secara oleh peserta didik.
·
Hasil
belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
2
x Pertemuan
(
6 JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 71-76).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 165-177).
|
|
Lompat Tinggi:
· Kombinasi awalan dengan tolakan
· Kombinasi tumpuan dan melewati mistar
· Kombinasi tumpuan, melewati mistar, dan mendarat
· Kombinasi awalan, tumpuan, melewati mistar, dan
mendarat
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Penugasan
·
Peserta didik menerima dan mempelajari kartu tugas
(task sheet) yang berisi perintah
dan indikator tugas kombinasi gerak spesifik awalan dengan tolakan; tumpuan dan melewati mistar;
tumpuan, melewati mistar, dan mendarat; awalan, tumpuan, melewati mistar, dan
mendarat lompat tinggi, dengan
berbagai posisi baik tanpa awalan maupun dengan awalan.
·
Peserta didik
melaksanakan tugas ajar sesuai dengan target waktu yang ditentukan guru untuk
mencapai ketuntasan belajar pada setiap materi pembelajaran kombinasi gerak
spesifik awalan dengan tolakan;
tumpuan dan melewati mistar; tumpuan, melewati mistar, dan mendarat; awalan,
tumpuan, melewati mistar, dan mendarat lompat tinggi.
·
Peserta didik menerima
umpan balik dari guru tentang kombinasi gerak spesifik awalan dengan tolakan; tumpuan dan melewati mistar;
tumpuan, melewati mistar, dan mendarat; awalan, tumpuan, melewati mistar, dan
mendarat lompat tinggi.
·
Peserta didik melakukan
pengulangan pada materi pembelajaran yang belum tercapai ketuntasannya sesuai
umpan balik yang diberikan.
·
Peserta didik mencoba
tugas kombinasi
gerak spesifik lompat tinggi secara sederhana dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi, yang menekankan pada nilai-nilai:
disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras.
· Hasil belajar
peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
2
x Pertemuan
(
6 JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 76-80).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 178-190).
|
|
Tolak Cakram:
· Kombinasi memegang cakram dengan awalan melempar cakram
· Kombinasi awalan dengan
melempar cakram
· Kombinasi melempar cakram dengan gerak
lanjutan
· Kombinasi awalan, melempar cakram, dengan gerak
lanjutan
·
Kombinasi memegang
cakram, awalan, melempar cakram, dengan gerak lanjutan
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Komando
·
Peserta
didik menyimak informasi dan peragaan materi tentang kombinasi gerak spesifik
memegang cakram dengan awalan melempar cakram; awalan dengan melempar cakram; melempar cakran dengan
gerak lanjutan; awalan, melempar cakram, dengan gerak lanjutan; memegang cakram,
awalan, melempar cakram, dengan gerak lanjutan lempar cakram, baik melalui
vidio pembelajaran, gambar, maupun peragaan guru atau peserta didik.
·
Peserta
didik mencoba kombinasi gerak spesifik memegang cakram dengan awalan melempar
cakram; awalan dengan melempar cakram;
melempar cakran dengan gerak lanjutan; awalan, melempar cakram, dengan gerak
lanjutan; memegang cakram, awalan, melempar cakram, dengan gerak lanjutan
lempar cakram, yang telah diperlihatkan melalui vidio pembelajaran, gambar,
diperagakan oleh guru atau peserta didik.
·
Peserta
didik mempraktikkan secara berulang-ulang kombinasi gerak spesifik memegang cakram
dengan awalan melempar cakram; awalan dengan
melempar cakram; melempar cakran dengan gerak lanjutan; awalan, melempar
cakram, dengan gerak lanjutan; memegang cakram, awalan, melempar cakram,
dengan gerak lanjutan lempar cakram, sesuai dengan komando dan giliran yang
diberikan oleh guru.
·
Peserta
didik menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara
klasikal.
·
Hasil
belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
2
x Pertemuan
(
6 JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 81-85).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 191-203).
|
3.4 Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik seni beladiri
4.4 Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik seni
beladiri
|
Beladiri:
·
Variasi dan kombinasi kuda-kuda dengan pola langkah
·
Variasi dan kombinasi kuda-kuda, pukulan dengan
tangkisan
·
Variasi dan kombinasi kuda-kuda, tendangan dengan
elakan
· Variasi
dan kombinasi kuda-kuda, pukulan, tangkisan, tendangan, dan elakan
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)
·
Peserta didik
melakukan variasi
dan kombinasi kuda-kuda dengan pola langkah; kuda-kuda, pukulan dengan
tangkisan; kuda-kuda, tendangan dengan elakan; kuda-kuda, pukulan, tangkisan,
tendangan, dan elakan dalam pencak silat, yang tidak mampu dilakukan pada saat gerakan.
·
Peserta didik
melakukan variasi
dan kombinasi kuda-kuda dengan pola langkah; kuda-kuda, pukulan dengan
tangkisan; kuda-kuda, tendangan dengan elakan; kuda-kuda, pukulan, tangkisan,
tendangan, dan elakan dalam pencak silat, secara individu maupun kelompok, dan guru mengamati
seluruh aktivitas tersebut.
·
Seluruh variasi dan kombinasi kuda-kuda
dengan pola langkah; kuda-kuda, pukulan dengan tangkisan; kuda-kuda,
tendangan dengan elakan; kuda-kuda, pukulan, tangkisan, tendangan, dan elakan
dalam pencak silat, yang dilakukan
oleh peserta didik diawasi dan diberikan koreksi oleh guru apabila ada
kesalahan dalam melakukan gerakan.
·
Peserta didik
secara individu dan atau kelompok melakukan variasi dan kombinasi kuda-kuda dengan pola
langkah; kuda-kuda, pukulan dengan tangkisan; kuda-kuda, tendangan dengan
elakan; kuda-kuda, pukulan, tangkisan, tendangan, dan elakan dalam pencak
silat, sesuai dengan
koreksi yang diberikan oleh guru.
·
Seluruh gerakan
peserta didik setelah diberikan umpan balik diamati oleh guru secara individu
maupun kelompok.
·
Peserta didik
melakukan variasi
dan kombinasi kuda-kuda dengan pola langkah; kuda-kuda, pukulan dengan
tangkisan; kuda-kuda, tendangan dengan elakan; kuda-kuda, pukulan, tangkisan,
tendangan, dan elakan dalam pencak silat, secara individu dan saling bergantian, yang menekankan pada
nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
3
x Pertemuan
( 9
JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 89-96).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 204-218).
|
3.5 Memahami
penyusunan program pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait
dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana
4.5 Mempraktikkan penyusunan program pengembangan
komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara
sederhana
|
Penyusunan program latihan sederhana
·
Latihan
kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan (kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan,
dan kelenturan)
·
Latihan
kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan
(kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi)
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Saintifik
·
Peserta didik menyimak informasi dan peragaan
materi tentang latihan
kebugaran jasmani yang terkait dengan kesehatan, yang meliputi: kekuatan, daya tahan
otot, daya tahan pernapasan, dan kelenturan; dan latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan
keterampilan yang meliputi: kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi, secara
individual, berpasangan atau berkelompok.
·
Peserta didik mencoba dan melakukan latihan kebugaran jasmani yang terkait
dengan kesehatan, yang meliputi: kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan,
dan kelenturan; dan latihan
kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan yang meliputi: kecepatan,
kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi, secara individual,
berpasangan atau berkelompok.
·
Peserta didik mendapatkan umpan balik dari diri
sendiri, teman dalam kelompok, dan guru tentang latihan kebugaran jasmani yang terkait dengan
kesehatan, yang meliputi: kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan,
dan kelenturan; dan latihan
kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan yang meliputi: kecepatan, kelincahan,
keseimbangan, dan koordinasi.
·
Peserta didik memperagakan hasil belajar latihan kebugaran jasmani yang terkait
dengan kesehatan, yang meliputi: kekuatan, daya tahan otot, daya tahan pernapasan,
dan kelenturan; dan latihan
kebugaran jasmani yang terkait dengan keterampilan yang meliputi: kecepatan,
kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi, yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin,
sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan kerja keras.
·
Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses
dan di akhir pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
3
x Pertemuan
( 9
JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 99-110).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 219-232).
|
3.6
Memahami kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak
sederhana secara konsisten, tepat, dan
terkontrol dalam aktivitas spesifik senam lantai
4.6 Mempraktikkan
kombinasi keterampilan berbentuk
rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam
aktivitas spesifik senam lantai
|
·
Kombinasi guling ke depan dengan guling ke belakang
·
Kombinasi guling ke depan dengan guling lenting
·
Kombinasi guling ke belakang dengan lenting lenting
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Komando
·
Peserta
didik menyimak informasi dan peragaan materi tentang kombinasi guling ke
depan dengan guling ke belakang; guling ke depan dengan guling lenting;
guling ke belakang dengan lenting lenting senam lantai, baik melalui vidio
pembelajaran, gambar, maupun peragaan guru atau peserta didik.
·
Peserta
didik mencoba melakukan kombinasi guling ke depan dengan guling ke belakang;
guling ke depan dengan guling lenting; guling ke belakang dengan lenting
lenting senam lantai, yang telah diperlihatkan melalui vidio pembelajaran,
gambar, diperagakan oleh guru atau peserta didik.
·
Peserta
didik melakukan secara berulang-ulang kombinasi guling ke depan dengan guling
ke belakang; guling ke depan dengan guling lenting; guling ke belakang dengan
lenting lenting senam lantai, sesuai dengan komando dan giliran yang
diberikan oleh guru.
·
Peserta
didik menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara
klasikal.
·
Hasil
belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
2
x Pertemuan
(
6 JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 113-124).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 233-246).
|
3.7 Memahami
variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak
pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam aktivitas gerak berirama
4.7 Mempraktikkan
variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan
mengikuti irama (ketukan) tanpa/ dengan musik sebagai pembentuk gerak
pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam aktivitas gerak berirama
|
Aktivitas Gerak Berirama:
·
Variasi dan kombinasi langkah dasar
·
Variasi dan kombinasi gerak dan ayunan lengan dan tangan
·
Variasi dan kombinasi pelurusan sendi tubuh
·
Variasi dan kombinasi irama gerak
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Saintifik
·
Peserta didik menyimak informasi dan peragaan
materi tentang variasi dan kombinasi langkah
dasar, gerak dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama
gerak, aktivitas gerak berirama, secara individual, berpasangan atau berkelompok.
·
Peserta didik mencoba dan melakukan variasi dan
kombinasi langkah dasar, gerak
dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak,
aktivitas gerak berirama, secara individual, berpasangan atau berkelompok.
·
Peserta didik mendapatkan umpan balik dari diri
sendiri, teman dalam kelompok, dan guru tentang variasi dan kombinasi langkah dasar, gerak dan ayunan lengan dan
tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak, aktivitas gerak berirama.
·
Peserta didik memperagakan hasil belajar variasi dan
kombinasi langkah dasar, gerak
dan ayunan lengan dan tangan, pelurusan sendi tubuh, dan irama gerak,
aktivitas gerak berirama,
yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan
kerja keras.
·
Hasil belajar peserta didik dinilai selama proses
dan di akhir pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
3
x Pertemuan
( 9
JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 127-136).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 247-260).
|
3.8 Memahami
gerak spesifik salah satu gaya renang dalam bentuk perlombaan***)
4.8 Mempraktikkan
gerak spesifik salah satu gaya renang dalam bentuk perlombaan ***)
|
Aktivitas Renang:
·
Variasi dan kombinasi gerakan meluncur dengan gerakan
kaki
·
Variasi dan kombinasi gerakan kaki dengan gerakan
lengan
·
Variasi dan kombinasi gerakan kaki, gerakan lengan, dan
gerakan mengambil napas
· Koordinasi
gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan lengan, dan gerakan mengambil napas
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Komando
·
Peserta
didik menyimak informasi dan peragaan materi tentang variasi dan kombinasi
gerak spesifik pengenalan air, gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan
lengan, gerakan mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya punggung,
baik melalui vidio pembelajaran, gambar, maupun peragaan guru atau peserta
didik.
·
Peserta
didik mencoba melakukan variasi dan kombinasi gerak spesifik pengenalan air,
gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan mengambil napas, dan
koordinasi gerakan renang gaya punggung, yang telah diperlihatkan melalui
vidio pembelajaran, gambar, diperagakan oleh guru atau peserta didik.
·
Peserta
didik melakukan secara berulang-ulang variasi dan kombinasi gerak spesifik
pengenalan air, gerakan meluncur, gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan
mengambil napas, dan koordinasi gerakan renang gaya punggung sesuai dengan
komando dan giliran yang diberikan oleh guru.
·
Peserta
didik menerima umpan balik secara langsung maupun tertunda dari guru secara
klasikal.
·
Hasil
belajar peserta didik dinilai selama proses dan di akhir pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja)
|
8
x Pertemuan
( 24
JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 140-146).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 261-272).
|
3.9 Memahami
tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
4.9 Memaparkan
tindakan P3K pada kejadian darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
|
· Pengertian
P3K
· Macam-macam
cidera
· Macam-macam
alat P3K
· Tindakan P3K pada kejadian
darurat baik pada
diri sendiri maupun orang lain
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning)
· Guru menyajikan sebuah fenomena yaitu:
sebuah kejadian di suatu tempat terhadap kecelakaan yang terjadi rumah,
jalan, sekolah, dan tempat kerja. Masalah utamanya adalah tindakan P3K, yaitu:
tindakan P3K pada kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain.
·
Guru
memfasilitasi peserta didik menemukan dan mengklarifikasi masalah tersebut.
·
Peserta didik mengidentifikasi masalah dan
melakukan curah pendapat dengan difasilitasi oleh
guru.
·
Peserta didik dalam kelompok mengklasifikasi apa
yang diketahui, apa yang perlu diketahui, apa yang perlu dilakukan untuk
menyelesaikan masalah, dengan menyusun pertanyaan seperti:
-
Apa
yang dimaksud dengan P3K, macam-macam cidera, macam-macam alat P3K, tindakan P3K pada
kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain?
-
Apa
pengaruhnya P3K, macam-macam cidera, macam-macam alat P3K, tindakan P3K pada
kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain?
-
Mengapa tindakan P3K pada kejadian darurat baik
pada diri sendiri maupun orang lain sangat diperlukan?
-
Bagaimanakah
cara melakukan tindakan P3K pada kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun
orang lain?
·
Peserta didik mengembangkan penyelesaian
berdasarkan pengetahuan yang dimiliki.
·
Peserta didik secara mandiri maupun kelompok
mengumpulkan data dan informasi (pengetahuan, konsep, teori) dari berbagai
sumber (website, buku siswa, dan lain-lain) untuk menemukan solusi atas masalah yang ditemukan.
·
Peserta
didik mengolah hasil pengumpulan informasi untuk dipergunakan sebagai solusi
pemecahan masalah dengan berbagai pembelajaran tentang tindakan P3K pada
kejadian darurat baik pada diri sendiri maupun orang lain dalam kelompok.
·
Peserta didik dalam kelompok berbagi informasi dan
diskusi untuk menemukan dan menentukan solusi yang dianggap tepat untuk
menyelesaikan masalah.
·
Peserta didik menetapkan solusi penyelesaian
masalah.
·
Peserta didik menyusun hasil kerja kelompok yang
dapat berupa paparan, peragaan atau dalam bentuk lembaran.
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja
kelompok di depan kelas.
·
Peserta didik yang lain mereviu dan memberi
tanggapan terhadap kerja kelompok.
·
Peserta didik dalam kelompok memperbaiki hasil
kerja berdasarkan masukan dan tanggapan dari kelompok lain.
·
Peserta didik bersama-sama guru melakukan mereviu
dan refleksi atas pembelajaran yang dilakukan.
·
Peserta didik dan guru memberikan apresiasi atas
partisipasi semua pihak.
·
Peserta didik dan guru bersama-sama mengapresiasikan
keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok,
yang menekankan pada nilai-nilai: disiplin, sportivitas, kerja sama, percaya
diri, dan kerja keras.
·
Peserta didik mengemukakan ulasan terhadap
pembelajaran yang dilakukan.
·
Peserta didik dan guru memberikan apresiasi atas
partisipasi semua pihak.
· Peserta didik dan
guru melakukan refleksi atas kontribusi setiap orang dalam proses
pembelajaran.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja dan portopolio)
|
2
x Pertemuan
( 6
JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 149-166).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 273-287).
|
3.10 Memahami
peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit
4.10
Memaparkan peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit
|
· Pengertian
aktivitas fisik
· Manfaat
melakukan aktivitas fisik terhadap
pencegahan penyakit
· Dampak/akibat
apabila tidak melakukan aktivitas fisik
· Cara
melakukan aktivitas fisik untuk mencegah penyakit
|
· Disiplin
· Sportifitas
· Kerja sama
· Percaya diri
· Kerja keras
|
Pembelajaran Saintifik
· Peserta didik membaca buku atau mengamati tayangan video tentang peran aktivitas
fisik terhadap pencegahan penyakit, yang meliputi: pengertian aktivitas
fisik, manfaat melakukan aktivitas fisik terhadap pencegah-an penyakit,
dampak/akibat apabila tidak melakukan aktivitas fisik, dan cara melakukan
aktivitas fisik untuk mencegah penyakit, dan membuat catatan hal-hal yang
belum diketahui terkait dengan peran aktivitas fisik terhadap pencegahan
penyakit.
·
Peserta didik membuat pertanyaan tentang peran
aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit, misalnya: Apakah
macam-macam peran aktivitas
fisik terhadap pencegahan penyakit? Bagaimana peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit? Bagaimana-kah
cara melakukan aktivitas fisik
terhadap pencegahan penyakit?
· pengertian aktivitas fisik, manfaat melaku-kan
aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit, dampak/akibat apabila tidak
melakukan aktivitas fisik, dan cara melakukan aktivitas fisik untuk mencegah
penyakit.
·
Peserta didik mendiskusikan peran
aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit, yang meliputi: pengertian
aktivitas fisik, manfaat melakukan aktivitas fisik terhadap pencegahan
penyakit, dampak/akibat apabila tidak melakukan aktivitas fisik, dan cara
melakukan aktivitas fisik untuk mencegah penyakit dengan benar dan membuat
kesimpulannya.
·
Peserta didik memaparkan hasil diskusi berkaitan
dengan fungsi, prosedur, dan
bentuk
pembelajaran untuk memahami dan dapat mempraktikkan peran aktivitas fisik terhadap pencegahan penyakit,
yang meliputi: pengertian aktivitas fisik, manfaat melakukan aktivitas fisik
terhadap pencegah-an penyakit, dampak apabila tidak melakukan aktivitas
fisik, dan cara melakukan aktivitas fisik untuk mencegah penyakit, yang
menekankan pada nilai-nilai: disiplin, sportifitas, kerja sama, percaya diri, dan
kerja keras.
|
a. Sikap (jurnal)
b. Pengetahuan (Tes tertulis
dan penugasan)
c. Keterampilan/
Praktik (Unjuk kerja dan portopolio)
|
2
x Pertemuan
( 6
JP )
|
a.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku siswa). Bogor: PT. Yudhistira
(hal. 159-171).
b.
Muhajir. 2017.
PJOK (Buku guru). Bogor:
PT. Yudhistira (hal. 288-299).
|
* Kolom nilai karakter
dimaksudkan untuk membantu guru dalam
menganalisis nilai karakter yang bisa dikembangkan dalam KD dan materi yang
bersangkutan. Tetapi nilai karakter tidak perlu dituliskan pada materi pokok
RPP.
* Penggunaan metode
pembelajaran dalam Silabus ini merupakan salah satu contoh saja. Guru
diharapkan dapat mengembangkan Silabus ini yang disesuaikan dengan konten
materi yang akan diajarkan. Dalam penggunaan metode pembelajaran, guru dapat
menggunakan lebih dari satu metode dalam suatu proses pembelajaran.
Ok pak
BalasHapusok pak :ragil afda
BalasHapusOkee pakk
BalasHapusOk pak
BalasHapusOke pak
BalasHapusOk pak
BalasHapusokk pak
BalasHapusSiapppppp
BalasHapusOke pak
BalasHapusOk akbar
BalasHapusHadir
BalasHapushadir
BalasHapusKevin:siap
BalasHapusOkesiap
BalasHapusKevin:siap
BalasHapus