Langsung ke konten utama

SEPAK BOLA (Teknik Dsar Menghentikan Bola) Kelas 7 , Senin, 27 Juli 2020

b.     Aktivitas pembelajaran menghentikan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam

Menghentikan bola merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam permainan sepak bola. Apabila dilihat dari pergerakan menghentikan bola, maka sebenarnya gerakan ini merupakan kebalikan dari gerakan dasar menendang bola. Namun yang membedakannya adalah pada gerak menendang bola didorong ke depan, sedangkan pada gerak menghentikan bola, gerakan diikuti ke arah belakang.

Menghentikan bola dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain: menghentikan bola dengan telapak kaki, dengan punggung kaki, dengan kaki bagian dalam, dengan paha, dan dengan dada. Untuk menguasai gerak dasar menghentikan bola, setiap peserta didik harus berlatih dengan tekun.

Gerak dasar menahan bola tersebut akan diuraikan satu-persatu berikut ini.

1)       Aktivitas pembelajaran gerak spesifik menghentikan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam

Amati dan peragakan gerakan menghentikan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam berikut ini.

a)       Berdiri sikap tegak dan melangkah dengan rileks, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.

b)     Pandangan ke arah datangnya bola.

c)      Julurkan kaki kanan bagian dalam ke depan ke arah datangnya bola.

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan menghentikan bola yang bergulir di tanah dengan kaki bagian dalam dalam permainan sepak bola, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu melalui cara berikut:
a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

c)        Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

2)       Aktivitas pembelajaran gerak spesifik menghentikan bola dengan kura-kura kaki

Amati dan peragakan gerakan menghentikan bola yang bergulir di tanah dengan kura-kura kaki berikut ini.

a)       Berdiri sikap tegak dan melangkah rileks, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.

b)       Pandangan ke arah datangnya bola.

c)       Julurkan kaki kanan ke arah datangnya bola.
Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan menghentikan bola yang bergulir di tanah dengan kura-kura kaki dalam permainan sepak bola, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu melalui cara berikut:


a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

c)        Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

c.     Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menendang dan menghentikan bola

Tujuan Aktivitas menendang dan menghentikan bola adalah untuk mengombinasikan teknik gerakan-gerakan menendang dan menahan bola yang telah dipelajari. Setelah kamu melakukan gerakan menendang dan menahan bola, rasakan teknik-teknik gerakan menendang dan menahan bola mana yang mudah dan sulit dilakukan. Mengapa teknik gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahan tersebut, kemudian lakukan kembali gerakan-gerakan tersebut.

Gerakan menendang dan menghentikan bola dapat dilakukan: berpasangan dan berkelompok. Ketika melakukan gerakan menendang dan menahan bola, kamu diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin.

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menendang dan menghentikan bola berikut ini.


1)       Aktivitas pembelajaran gerak spesifik menendang dan menahan bola berpasangan

Cari pasangan yang seimbang, kemudian minta mereka membuat kesepakatan sederhana tentang permainan menendang dan menghentikan bola.

Amati dan peragakan gerakan menendang dan menahan bola berpasangan di tempat sebagai berikut ini.

a)       Pembelajaran 1: tendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan temanmu menghentikan bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan sebaliknya, setelah melakukan 2 – 3 menit dilanjutkan dengan pembelajaran berikutnya.

b)        Pembelajaran 2: tendang bola menggunakan kaki kiri bagian dalam dan temanmu menghentikan bola menggunakan kaki kiri bagian dalam dan sebaliknya.
c)        Pembelajaran 3: tendang bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan temanmu menghentikan bola menggunakan kaki kiri bagian dalam dan sebaliknya.
d)       Pembelajaran 4: tendang bola menggunakan kaki kiri bagian dalam dan temanmu menghentikan bola menggunakan kaki kanan bagian dalam dan sebaliknya.

e)       Pembelajaran 5: dapat memvariasikan dengan pembelajaran menendang dan menghentikan sambil bergerak maju-mundur, ke samping kiri dan kanan, dalam kecepatan pelan, agak cepat dan cepat dengan temanmu.

f)        Pembelajaran 6: lambungkan bola ke temanmu dan dia menghentikan dengan paha, dan sebaliknya.

g)        Setelah melakukan dengan kaki kanan, coba kamu lakukannya dengan kaki kiri.

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan menendang dan menahan bola berpasangan di tempat dalam permainan sepak bola, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu melalui cara berikut:

(1)     Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

(2)     Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

(3)     Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

h)       Pembelajaran 7 : menendang dan menahan bola sambil bergerak ke kanan dan kiri, dilakukan secara berpasangan.

Amati dan peragakan gerakan menendang dan menahan bola sambil

bergerak ke kanan dan kiri, dilakukan berpasangan berikut ini.
(1)  Berdiri jarak 3 – 5 meter dari temanmu.

(2)   Tendang bola menggunakan kaki bagian dalam ke temanmu, kemudian bergerak beberapa langkah ke kanan dan berhenti.
(3)  Hentikan bola dengan kaki kanan bagian dalam dan menedang bola dengan kaki kanan bagian dalam.

(4)  Lakukan seterusnya hingga 3 - 5 menit
 
Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan menendang dan menahan bola sambil bergerak ke kanan dan kiri dalam permainan sepak bola, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu melalui cara berikut:
(1)    Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

(2)    Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

(3)     Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

Tugas gerak fisik:

1.silakan lakukan gerakan teknin dasar meng hentikan bola dengan kaki bagian dalam dan bagian punggung kaki
2.Silakan lakukan gerakan menendang dan menahan bola dengan kaki bagian dalam dan kaki luar

selamat mengerjakan 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r