Langsung ke konten utama

Aktivitas Permainan Bola Kecil melalui Permainan Tenis Meja pukulan forehand & Backhand, kelas 9

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             : 198411162015071345
Kelas                           : 9
Pertemuan Ke              : 11

Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin


Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.
 
Tujuan Pembelajatan :

KOMPETENSI DASAR

3.2.Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional

4.2.Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional

INDIKATOR    MATERI

§  Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

§  Menjelaskan  berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

§  Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja

§  Melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

Tujuan Pembelajaran

-      Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

-      Menjelaskan  berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

-      Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja

-      Melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

 

 MATERI  PEMBELAJARAN :

    Aktivitas Pembelajaran 5: Kombinasi Cara Memegang Bet dan Pukulan Servis Forehand dan Backhand dengan Konsisten

Berikut ini dipelajari tentang cara memegang bet dan servis forehand dan backhand dengan konsisten dan tepat dalam berbagai situasi dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

    Permainan dilakukan menggunakan meja ping-pong menggunakan net, secara berpasangan.

    Tugaskan peserta didik untuk membuat kesepakatan dengan teman-teman meraka sebelum bermain, yaitu bahwa selama permainan ini hanya menggunakan pukulan service, forehand, dan backhand kemudian setelah memukul berlari ke lapangan sebelah.

    Lakukan permainan ini sampai ada kemajuan



Gambar 2.28 Aktivitas pembelajaran 5 kombinasi tenis meja

    Aktivitas Pembelajaran 6: Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand, Arah Bola Lurus

Berikut ini akan mempelajari tentang keterampilan gerak memukul dengan pukulan forehand dan backhand, cara melakukannya sebagai berikut.

    Permainan dilakukan menggunakan meja ping-pong menggunakan net, secara berpasangan.
    Tugaskan peserta didik untuk melakukan pukulan forehand agak keras sehingga lambungannya agak tinggi.
    Pantulannya dipukul dengan kuat menggunakan pukulan forehand.

    Jika bola hasil pukulan keluar atau menyangkut di net, maka lakukan pergantian posisi memukul awal.

    Lakukan latihan ini sampai keterampilan peserta didik meningkat.

 

Gambar 2.29 Aktivitas pembelajaran 6 kombinasi pukulan arah bola lurus

    Aktivitas Pembelajaran 7: Kombinasi Cara Memegang Bet, Pukulan Forehand dan Backhand, Arah Bola Menyilang Meja

Pada pembelajaran 7 gerakan pukulan pegangan bet, pukulan forehand dan backhand, arah bola menyilang meja dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

    Aktivitas pembelajaran diawali dengan bola dilambungkan oleh teman dengan cara dipantulkan ke meja dan dengan pukulan servis.
    Pembelajaran dilakukan secara berpasangan atau berkelompok.

    Peserta didik yang telah melakukan pukulan forehand/backhand dan pelambung bergerak berpindah tempat.


Gambar 2.30 Aktivitas pembelajaran 7 kombinasi pukulan lurus menyilang meja
Aktivitas Pembelajaran Bermain Tenis Meja Menggunakan Peraturan Dimodifikasi

    Aktivitas Pembelajaran 1: Bermain Tanpa Menggunakan Bet, dengan Cara Tunggal atau Ganda

Berikut ini adalah pola latihan untuk menerapkan berbagai keterampilan gerak bermain tenis meja yang telah dipelajari secara parsial/satu-satu dalam permainan tenis meja, sebagai berikut.

    Peserta dianggap kalah, apabila banyak bola yang tidak bisa dikembalikan atau bola menyangkut net.

    Permainan dilakukan 5 - 10 menit.



Gambar 2.31 Aktivitas pembelajaran 1 bermain tanpa menggunakan bet

Demikian pertemuan kali ini

semoga bermanfaat
wasalamualaikum Wr Wb

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis