Langsung ke konten utama

Aktivitas Permainan Bola Kecil melalui Permainan Tenis Meja kelas 9

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 9
Pertemuan Ke              : 10

Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin


Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.
 
Tujuan Pembelajatan :

INDIKATOR    MATERI

§  Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

§  Menjelaskan  berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

§  Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja

§  Melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

Tujuan Pembelajaran

-      Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

-      Menjelaskan  berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

-      Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja

-      Melakukan berbagai kombinasi gerak permainan tenis meja.

 
Materi :

    Aktivitas Permainan Bola Kecil melalui Permainan Tenis Meja
 
    Aktivitas Pembelajaran

Untuk mempelajari gerak spesifik permainan tenis meja sebagai alat pada pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, perlu dilakukan secara bertahap agar peserta didik dapat dengan mudah untuk mempelajari dasar gerak, hingga dalam penguasaan kompetensi tidak mendapat kesulitan, terutama yang berhubungan dengan gerak variasi dan kombinasi permainan tenis meja.

Akhir dari pembelajaran permainan tenis meja yang dilakukan peserta didik, adalah sebagai berikut.

    Memiliki keterampilan gerak dasar permainan tenis meja.

    Memiliki pengetahuan tentang gerak dasar melalui permainan tenis meja, memahami karakter bola yang digunakan, mengenal konsep ruang dan waktu.

    Permainan yang sesuai dan dapat memberi pengalaman belajar, kesempatan untuk menggunakan dan beradaptasi dengan gerak motorik, menggunakannya pada situasi permainan yang berubah-ubah.

    Memiliki sikap, seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin dapat memahami budaya orang lain.

    Materi Pembelajaran

Tugaskan peserta didik untuk membaca informasi tentang permainan tenis meja dari buku siswa ditambah dengan informasi lain dari media cetak dan elektronik, kemudian tugaskan mereka untuk membuat satu makalah yang dikerjakan secara berkelompok.

Permainan tenis meja adalah suatu jenis permainan yang menggunakan meja sebagai tempat untuk memantulkan bola. Bola yang dipukul tersebut harus melewati net yang dipasang pada bagian tengah meja lapangan. Permainan tenis meja yang lebih dikenal dengan istilah lain “Ping Pong” merupakan cabang olahraga unik dan bersifat rekreatif.

Pada dasarnya prinsip dasar permainan tenis meja dapat dibagi menjadi empat, yaitu : (1) gerakan memegang bet (grip), (2) gerakan siap sedia (stance), (3) gerakan gerakan kaki (footwork), dan (4) gerakan pukulan (stroke).
a. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Permainan Tenis Meja

    Aktivitas Pembelajaran 1: Kombinasi Pukulan Forehand Tanpa Net

Pada pembelajaran 1 keterampilan yang akan dipelajari adalah gerakan pukulan kombinasi pukulan forehand tanpa net dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

    Permainan ini dilakukan menggunakan meja ping-pong tanpa menggunakan net secara berpasangan.

    Masing-masing pemain berdiri posisi melangkah berhadapan di depan meja menghadap ke teman.

    Pukul bola menggunakan pukulan forehand ke arah lawan dan pantulannya dikembalikan juga dengan pukulan forehand.

Gambar 2.24 Aktivitas pembelajaran 1 pukulan forehand tanpa net


Permainan ini pada dasarnya ditujukan untuk mengembangkan kemampuan dalam mengontrol kekuatan pukulan, melihat pergerakan bola setelah dipukul, arah pukulan. Tahap awal pelajaran memang agak sulit mungkin, karena bola yang dipukul terasa liar. Untuk itu dalam latihan ini perlu kesabaran.

    Aktivitas Pembelajaran 2: Kombinasi Pukulan Forehand Meja Terpasang Net

Berikut ini akan mempelajari tentang gerakan pukulan kombinasi pukulan forehand meja terpasang net dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

a) Permainan dilakukan secara berpasangan
    Berdiri berhadapan di depan meja dengan posisi melangkah, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang

    Pukul bola menggunakan pukulan forehand pada lapangan, pantulannya akan melewati atas net dan dikembalikan oleh lawan dengan memukul bola di lapangan sendiri dan pantulannya akan melompat ke mejamu.

    Lakukan permainan menggunakan pukulan forehand agak lama, kemudian bila sudah lancar, lakukan pukulan menggunakan pukulan backhand.


Gambar 2.25 Aktivitas pembelajaran 2 pukulan forehand menggunakan net

    Aktivitas Pembelajaran 3: Kombinasi Pukulan Backhand Tanpa Net

Berikut ini gerakan pukulan backhand tanpa net dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

    Permainan dilakukan menggunakan meja ping-pong tanpa net, secara berpasangan.
    Tugaskan peserta didik hanya menggunakan pukulan backhand selama permainan.

    Pukul bola ke arah meja sendiri dan pantulannya dikembalikan menggunakan pukulan backhand oleh lawan.

    Lakukan permainan ini beberapa lama, sampai teramati ada kemajuan keterampilan peserta didik.

    Pada sesi terakhir permainan lakukan permainan bebas menggunakan pukulan apapun.

Gambar 2.26 Aktivitas pembelajaran 3 pukulan backhand tanpa net

    Aktivitas Pembelajaran 4: Kombinasi Pukulan Backhand Meja Terpasang Net

Amati peragaan cara melakukan aktivitas pembelajaran 4 gerakan kombinasi pukulan backhand meja terpasang net dalam permainan tenis meja sebagai berikut.

    Permainan dilakukan menggunakan meja ping-pong menggunakan net, secara berpasangan.

    Tugaskan pada peserta didik bahwa mereka selam bermain hanya menggunakan pukulan backhand.

    Pukul bola di atas meja sendiri dan pantulannya dikembalikan menggunakan pukulan backhand oleh lawan.

    Lakukan permainan ini beberapa lama, sampai teramati ada kemajuan keterampilan peserta didik.

    Pada sesi terakhir pemainan lakukan permainan bebas menggunakan pukulan apapun.



Gambar 2.27 Aktivitas pembelajaran 4 pukulan backhand menggunakan net

  Demikian pertemuan kali ini

semoga bermanfaat
wasalamualaikum Wr Wb

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis