Langsung ke konten utama

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Jalan Cepat kelas 9

 

   

 

 

 

 

 

 

 

M

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             : 198411162015071345
Kelas                           : 9
Pertemuan Ke              : 12

Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin


Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.
 
Tujuan Pembelajatan :

INDIKATOR    MATERI

§  Mengidentifikasikanberbagai kombinasigerak dasar jalan danlari.

§  Menjelaskan berbagaikombinasi gerak dasarjalan/lari dan lompat.

§  Menjelaskan caramelakukan berbagaikombinasi gerak dasarjalan/lari dan lompat.

§  Melakukan berbagai kombinasi gerak dasarjalan dan lari.

§  Mempraktikkan kombinasi gerak jalan/lari dan lompat.

§  Mempraktikkan kombinasi gerak jalan/lari dan lompat.

Tujuan Pembelajaran

-           Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak dasar jalan dan lari.

-           Menjelaskan berbagai kombinasi gerak dasar jalan/lari dan lompat.

-           Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak dasar jalan/lari dan lompat.

-           Melakukan berbagai kombinasi gerak dasar jalan dan lari.

-           Mempraktikkan kombinasi gerak jalan/lari dan lompat.

-           Mempraktikkan kombinasi gerak jalan/lari dan lompat.



    Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Jalan Cepat

Tugaskan peserta didik untuk membaca informasi tentang berbagai gerak atletik yang termuat di dalam buku siswa, kemudian diperkaya dengan bahan dari media cetak dan elektronik lainnya, dan hasilnya dijadikan sebagai bahan portofolio peserta didik.

Jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkahkan kaki tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kaki melangkah, kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Olahraga jalan cepat meskipun dilakukan dengan cepat tapi bukan berarti berlari. Karakteristik dan peraturan melakukan gerakan dalam jalan cepat adalah dalam satu langkah, di mana satu kaki harus berada di tanah sebelum kaki yang satunya diangkat dari tanah.

Kaki diluruskan tidak bengkok pada lutut dan posisi kaki ketika menapak tanah harus dalam keadaan lurus atau vertikal. Perbedaan berjalan dengan lari adalah ketika kita berjalan tidak ada saat melayang di udara. Akan tetapi, ketika kita berlari ada saat kita melayang di udara.

Pembelajaran untuk jalan cepat terdiri atas pembelajaran teknik dan pembelajaran kekuatan, kecepatan, dan stamina. Jalan cepat menempuh jarak pendek dilakukan sambil memperhatikan secara terus-menerus kontak kaki dengan tanah, gerak lengan, dan kerja pinggang secara aktif.
 

. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Jalan Cepat

    Aktivitas Pembelajaran Lomba Jalan Cepat Permainan (Hitam-Hijau), dilakukan Berpasangan dan Berkelompok

Agar aktivitas gerak jalan ini menarik, maka gerak jalan ini dapat diterapkan dalam permainan (Hitam-Hijau), atau permainan lain tradisional lain yang ada di daerah setempat. Permainan ini dilakukan berpasangan dan berkelompok, cara pelaksanaannya sebagai berikut.

    Pemain kelompok A diberi nama Hitam.

    Pemain kelompok B diberi nama Hijau.

    Setiap pemain berhadapan sikap melangkah.

    Nama kelompok yang disebut lari berbalik ke belakang dan kelompok yang tidak disebut mengejar.

    Cara penyebutan nama kelompok (Hi.......tam/jau).

    Yang tidak dapat mengejar atau dapat dikejar menggendong.



Gambar 3.1 Aktivitas pembelajaran lomba jalan cepat permainan Hitam-Hijau

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam permainan ini bahwa bermain tidak boleh saling mengejek, dan kerja sama tim perlu dijaga selama permainan berlangsung.

    Aktivitas Pembelajaran Gerakan Jalan Cepat Menangkap Bola yang Dilambung

Aktivitas pembelajaran berikut ini diarahkan untuk mengembangkan keterampilan dalam berjalan dengan posisi yang benar, media bola
hanya untuk mengalihkan perhatian saja. Cara pelaksanaan kegiatan berjalan menggunakan bola dapat dilakukan sebagai berikut.

    Aktivitas pembelajaran dilakukan secara berpasangan.

    Berdiri dalam satu barisan.

    Tugaskan satu peserta didik melambungkan bola ke depan, dan temannya berjalan ke depan untuk menangkap bola.

    Setelah beberapa saat lakukan pergantian posisi.



Ya


Gambar 3.2 Aktivitas pembelajaran jalan cepat menangkap bola yang dilambungkan

    Aktivitas Pembelajaran Lomba Jalan Cepat Mengambil Bola dilakukan Berpasangan dan Berhadapan

Aktivitas pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berjalan dalam bentuk lain adalah lomba jalan cepat mengambil bola/benda, cara pelaksanaannya sebagai berikut.

    Buatlah dua buah garis yang saling berhadapan dengan jarak 15 meter.

    Satu garis sebagai garis start dan satu garis finish.

    Tempatkan bola/sepatu sejumlah peserta yang ikut di garis finish.

    Peserta didik diberbariskan di belakang garis start.

    Setelah aba-aba “ya” dari satu orang maka berlomba jalan cepat mengambil bola/sepatu.

    Peserta didik yang lebih awal menyentuh bola dinyatakan sebagai pemenang.
 

Gambar 3.3 Aktivitas pembelajaran lomba jalan cepat mengambil bola 

Demikian pertemuan kali ini

semoga bermanfaat
wasalamualaikum Wr Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis