Langsung ke konten utama

Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Jalan Cepat kelas 9

 

   

 

 

 

 

 

 

 

M

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             : 198411162015071345
Kelas                           : 9
Pertemuan Ke              : 12

Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin


Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.
 
Tujuan Pembelajatan :

INDIKATOR    MATERI

§  Mengidentifikasikanberbagai kombinasigerak dasar jalan danlari.

§  Menjelaskan berbagaikombinasi gerak dasarjalan/lari dan lompat.

§  Menjelaskan caramelakukan berbagaikombinasi gerak dasarjalan/lari dan lompat.

§  Melakukan berbagai kombinasi gerak dasarjalan dan lari.

§  Mempraktikkan kombinasi gerak jalan/lari dan lompat.

§  Mempraktikkan kombinasi gerak jalan/lari dan lompat.

Tujuan Pembelajaran

-           Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak dasar jalan dan lari.

-           Menjelaskan berbagai kombinasi gerak dasar jalan/lari dan lompat.

-           Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak dasar jalan/lari dan lompat.

-           Melakukan berbagai kombinasi gerak dasar jalan dan lari.

-           Mempraktikkan kombinasi gerak jalan/lari dan lompat.

-           Mempraktikkan kombinasi gerak jalan/lari dan lompat.



    Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Jalan Cepat

Tugaskan peserta didik untuk membaca informasi tentang berbagai gerak atletik yang termuat di dalam buku siswa, kemudian diperkaya dengan bahan dari media cetak dan elektronik lainnya, dan hasilnya dijadikan sebagai bahan portofolio peserta didik.

Jalan cepat adalah gerak maju dengan melangkahkan kaki tanpa adanya hubungan terputus dengan tanah. Setiap kaki melangkah, kaki depan harus menyentuh tanah sebelum kaki belakang meninggalkan tanah. Olahraga jalan cepat meskipun dilakukan dengan cepat tapi bukan berarti berlari. Karakteristik dan peraturan melakukan gerakan dalam jalan cepat adalah dalam satu langkah, di mana satu kaki harus berada di tanah sebelum kaki yang satunya diangkat dari tanah.

Kaki diluruskan tidak bengkok pada lutut dan posisi kaki ketika menapak tanah harus dalam keadaan lurus atau vertikal. Perbedaan berjalan dengan lari adalah ketika kita berjalan tidak ada saat melayang di udara. Akan tetapi, ketika kita berlari ada saat kita melayang di udara.

Pembelajaran untuk jalan cepat terdiri atas pembelajaran teknik dan pembelajaran kekuatan, kecepatan, dan stamina. Jalan cepat menempuh jarak pendek dilakukan sambil memperhatikan secara terus-menerus kontak kaki dengan tanah, gerak lengan, dan kerja pinggang secara aktif.
 

. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Jalan Cepat

    Aktivitas Pembelajaran Lomba Jalan Cepat Permainan (Hitam-Hijau), dilakukan Berpasangan dan Berkelompok

Agar aktivitas gerak jalan ini menarik, maka gerak jalan ini dapat diterapkan dalam permainan (Hitam-Hijau), atau permainan lain tradisional lain yang ada di daerah setempat. Permainan ini dilakukan berpasangan dan berkelompok, cara pelaksanaannya sebagai berikut.

    Pemain kelompok A diberi nama Hitam.

    Pemain kelompok B diberi nama Hijau.

    Setiap pemain berhadapan sikap melangkah.

    Nama kelompok yang disebut lari berbalik ke belakang dan kelompok yang tidak disebut mengejar.

    Cara penyebutan nama kelompok (Hi.......tam/jau).

    Yang tidak dapat mengejar atau dapat dikejar menggendong.



Gambar 3.1 Aktivitas pembelajaran lomba jalan cepat permainan Hitam-Hijau

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam permainan ini bahwa bermain tidak boleh saling mengejek, dan kerja sama tim perlu dijaga selama permainan berlangsung.

    Aktivitas Pembelajaran Gerakan Jalan Cepat Menangkap Bola yang Dilambung

Aktivitas pembelajaran berikut ini diarahkan untuk mengembangkan keterampilan dalam berjalan dengan posisi yang benar, media bola
hanya untuk mengalihkan perhatian saja. Cara pelaksanaan kegiatan berjalan menggunakan bola dapat dilakukan sebagai berikut.

    Aktivitas pembelajaran dilakukan secara berpasangan.

    Berdiri dalam satu barisan.

    Tugaskan satu peserta didik melambungkan bola ke depan, dan temannya berjalan ke depan untuk menangkap bola.

    Setelah beberapa saat lakukan pergantian posisi.



Ya


Gambar 3.2 Aktivitas pembelajaran jalan cepat menangkap bola yang dilambungkan

    Aktivitas Pembelajaran Lomba Jalan Cepat Mengambil Bola dilakukan Berpasangan dan Berhadapan

Aktivitas pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berjalan dalam bentuk lain adalah lomba jalan cepat mengambil bola/benda, cara pelaksanaannya sebagai berikut.

    Buatlah dua buah garis yang saling berhadapan dengan jarak 15 meter.

    Satu garis sebagai garis start dan satu garis finish.

    Tempatkan bola/sepatu sejumlah peserta yang ikut di garis finish.

    Peserta didik diberbariskan di belakang garis start.

    Setelah aba-aba “ya” dari satu orang maka berlomba jalan cepat mengambil bola/sepatu.

    Peserta didik yang lebih awal menyentuh bola dinyatakan sebagai pemenang.
 

Gambar 3.3 Aktivitas pembelajaran lomba jalan cepat mengambil bola 

Demikian pertemuan kali ini

semoga bermanfaat
wasalamualaikum Wr Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r