Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas : 9
Pertemuan Ke : 10
Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin
Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai
semoga
setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang
kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita
semua,aamiin yarobal alamin.
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.2. Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional *) |
4.2. Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional *) |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
· Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bulu tangkis dengan benar. |
· Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bulu tangkis dengan benar. |
Materi Pembelajaran
Aktivitas Pembelajaran Bermain Bulu Tangkis Menggunakan Peraturan yang Dimodifikasi
a) Aktivitas Pembelajaran 1: Bermain 3 lawan 3
Berikut ini akan diperlihatkan pola permainan yang menarik, bermain bulu tangkis 3 lawan 3. Pada intinya permainan ini dimanfaatkan untuk penerapan teknik dasar permainan bulu tangkis yang telah dipelajari sebelumnya.
Permainan dilakukan 3 lawan 3.
Satu lapangan ditempati oleh 3 orang peserta didik.
Tugaskan peserta didik untuk membuat aturan permainan yang sederhana, misalnya 5 menit pertama menggunakan pukulan forehand, pada 5 menit kedua menggunakan pukulan backhand, dan 5 meni terakhir gabungan pukulan forehand dan backhand.
a) Aktivitas Pembelajaran 1: Bermain 3 lawan 3
Berikut ini akan diperlihatkan pola permainan yang menarik, bermain bulu tangkis 3 lawan 3. Pada intinya permainan ini dimanfaatkan untuk penerapan teknik dasar permainan bulu tangkis yang telah dipelajari sebelumnya.
Permainan dilakukan 3 lawan 3.
Satu lapangan ditempati oleh 3 orang peserta didik.
Tugaskan peserta didik untuk membuat aturan permainan yang sederhana, misalnya 5 menit pertama menggunakan pukulan forehand, pada 5 menit kedua menggunakan pukulan backhand, dan 5 meni terakhir gabungan pukulan forehand dan backhand.
Gambar 2.22 Aktivitas pembelajaran 1 bermain 3 lawan 3
b) Aktivitas Pembelajaran 2: Bermain 3 lawan 2
Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi, menggunakan teknik servis dan pukulan forehand, backhand, bermain 3 lawan 2, pihak yang bolanya banyak mati dianggap kalah (dilakukan
8 – 10 menit), cara pelaksanaannya sebagai berikut.
(1) Pemainan dilakukan di lapangan bulu tangkis.
Permainan ini dilakukan secara bertim, yaitu bermain 2 (A, B dan C) lawan 3 (pemain D, E dan F).
Peserta didik A melakukan servis panjang ke pemain C.
Pemain C memukul bola pukulan forehand ke pemain B.
Pemain D memukul bola ke peserta didik A, gerakan terakhir peserta didik A lakukan pukulan backhand ke pemain E,
Lakukan permaian ini terus menerus sampai batas waktu yang kalian sepakati.
Bila keterampilan sudah teramati sudah meningkat maka lanjutkan dengan pukulan backhand.
Sesi terakhir latihan lakukan dengan penggabungan pukulan jenis forehand dan backhand.
b) Aktivitas Pembelajaran 2: Bermain 3 lawan 2
Bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi, menggunakan teknik servis dan pukulan forehand, backhand, bermain 3 lawan 2, pihak yang bolanya banyak mati dianggap kalah (dilakukan
8 – 10 menit), cara pelaksanaannya sebagai berikut.
(1) Pemainan dilakukan di lapangan bulu tangkis.
Permainan ini dilakukan secara bertim, yaitu bermain 2 (A, B dan C) lawan 3 (pemain D, E dan F).
Peserta didik A melakukan servis panjang ke pemain C.
Pemain C memukul bola pukulan forehand ke pemain B.
Pemain D memukul bola ke peserta didik A, gerakan terakhir peserta didik A lakukan pukulan backhand ke pemain E,
Lakukan permaian ini terus menerus sampai batas waktu yang kalian sepakati.
Bila keterampilan sudah teramati sudah meningkat maka lanjutkan dengan pukulan backhand.
Sesi terakhir latihan lakukan dengan penggabungan pukulan jenis forehand dan backhand.
Gambar 2.23 Aktivitas pembelajaran 2 bermain 3 lawan 2
sebagai tolak ukur keberasilan kalian dalam mempelajari materi di atas coba buat resume tentang permainan bulu tangkis,tulis di buku catatan PJOK.
Demikian pertemuan kali ini
semoga bermanfaat
wasalamualaikum Wr Wb
semoga bermanfaat
wasalamualaikum Wr Wb
Komentar
Posting Komentar