Langsung ke konten utama

variasi dan kombinasi pasing dan smes kelas 9

 

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 9

Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin


Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.

tujuan pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.1. Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

4.1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

IPK 3

IPK 4

·        Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar.

·        Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar.

   

Materi Pembelajaran

    Aktivitas Pembelajaran 4 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Secara Langsung dalam Formasi Lingkaran)

Pembelajaran 4 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah secara langsung dalam formasi lingkaran permainan bola voli, pelaksanaannya adalah sebagai berikut.

    Latihan ini dilakukan secara berkelompok 5 orang.

    Buatlah barisan formasi lingkaran dengan diameter 2-4 meter.

    Satu orang berdiri di tengah-tengah lingkaran (center).

    Aktivitas pembelajaran diawali dengan melambungkan bola oleh peserta didik yang berada di tengah-tengah lingkaran ke arah satu orang peserta didik yang berada di pinggir lingkaran.

    Bola dikembalikan ke center dengan passing bawah kemudian bola di-passing bawah lagi ke peserta didik yang lain, demikian seterusnya.

    Apabila kalian merasa bola sudah mulai lancar dan terkontrol dengan baik, sekarang lakukanlah dengan passing atas.

    Setelah passing atas terasa sudah agak lancar juga lakukanlah penggabungan antara passing atas dan passing bawah.

    Untuk lebih meningkatkan lagi keterampilan kalian, maka lakukan latihan ini dengan cara bergerak maju-mundur dan ke samping kiri-kanan.

    Lakukan tukar posisi sebagai center secara bergantian


Gambar 1.12 Aktivitas pembelajaran 4 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas formasi lingkaran

Biasanya jika peserta didik bermain bersama dengan teman-teman dalam satu kelompok seperti ini, kadang-kadang mereka kurang memperlihatkan etika yang baik misalnya mengejek kemampuan teman, atau menyalahkan teman. Untuk itu selama pembelajaran peserta didik diingatkan agar jangan saling mengejek dan merendahkan keterampilan temannya, sebaiknya mereka selama bermain dan berlatih selalu saling bekerja sama dengan baik, saling memberi dan menerima saran.

    Aktivitas Pembelajaran 5 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Secara Langsung dalam Formasi Berbanjar Melewati Atas Net/Tali)

Pada pembelajaran passing atas dan passing bawah sebelumnya, belum mengunakan net sebagai media pembelaran permainan bola voli, pada aktivitas pembelajaran ini sudah semakin mendekatkan peserta didik pada permainan bola voli, pada aktivitas pembelajaran 5 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah secara langsung melewati atas net/tali dalam permainan bola voli, pelaksanaanya sebagai berikut.

    Permainan ini dilakukan di lapangan bola voli.

    Permainan ini dimainkan oleh dua tim (tim A dan B), satu tim terdiri dari 3 orang atau lebih.

    Masing-masing tim berdiri di bidang permainannya sendiri.

    Aktivitas pembelajaran diawali dengan satu orang anggota tim A melambungkan bola ke tim B melewati net/tali.
    Tim B melakukan passing ke tim B melewati net/tali.

    Setelah melakukan passing, kemudian bergerak lari berpindah ke barisan di hadapan ke bagian belakang.

    Lakukan pembelajaran ini berulang-ulang selama 5 – 10 menit.

 

Gambar 1.13 Aktivitas pembelajaran 5 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas formasi berbanjar

    Aktivitas Pembelajaran 6 (Variasi dan Kombinasi Passing dan Smash)

Aktivitas pembelajaran 6 variasi dan kombinasi gerakan passing dan smash dalam permainan bola voli sebagai berikut.

    Permainan ini dilakukan di lapangan terbuka.

    Permainan ini dapat dilakukan secara berpasangan atau berkelompok.

    Jika dilakukan secara berpasangan, pelaksanaannya berdiri berhadapan pada jarak 2-4 meter, satu orang sebagai pelambung dan satu orang sebagai pemukul (smasher).

    Atau, bola dilambungkan tegak lurus ke atas dan dipukul ke arah peserta didik yang berdiri di depan.

    Permainan ini dapat dilakukan dengan cara berbaris berbanjar dan yang di depan melakukan pukulan.

    Lakukan aktivitas ini beberapa saat teramati ada peningkatan keterampilan oleh guru.














Gambar 1.14 Aktivitas pembelajaran 6 variasi dan kombinasi passing dan smash

Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan smash di antaranya adalah:

    Langkah awalan terlalu lebar dan meloncat, akibatnya kurang daya tolak ke atas.

    Kurang aktifnya gerakan pergelangan tangan saat memukul bola, ini juga disebut dengan kelenturan pergelangan tangan.

    Waktu meloncat kurang ditekuk dan ayunan kedua tangan lewat belakang dan ke arah bawah, sehingga merugikan tinggi loncatan.

    Jari-jari dan telapak tangan digenggam pada saat memukul bola, ini jangan sampai terjadi karena Anda akan sangat sulit mengarahkan bola dan melakukan smash tajam, efek yang timbul bola akan keluar atau akan terkena net.

    Waktu mendarat hanya mempergunakan salah satu kaki dan tidak ngeper, sehingga kaki sering cedera karena menerima berat badan yang cukup berat pada salah satu kaki saja.

    Waktu meloncat dan memukul bola tidak melihat bola yang di-smash.

Demikian materi hari ini

wasalamualaikum wr wb

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r