Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
tujuan pembelajaran
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.1. Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
4.1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
· Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar. |
· Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar. |
Materi Pembelajaran
Aktivitas Pembelajaran 4 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Secara Langsung dalam Formasi Lingkaran)
Pembelajaran 4 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah secara langsung dalam formasi lingkaran permainan bola voli, pelaksanaannya adalah sebagai berikut.
Latihan ini dilakukan secara berkelompok 5 orang.
Buatlah barisan formasi lingkaran dengan diameter 2-4 meter.
Satu orang berdiri di tengah-tengah lingkaran (center).
Aktivitas pembelajaran diawali dengan melambungkan bola oleh peserta didik yang berada di tengah-tengah lingkaran ke arah satu orang peserta didik yang berada di pinggir lingkaran.
Bola dikembalikan ke center dengan passing bawah kemudian bola di-passing bawah lagi ke peserta didik yang lain, demikian seterusnya.
Apabila kalian merasa bola sudah mulai lancar dan terkontrol dengan baik, sekarang lakukanlah dengan passing atas.
Setelah passing atas terasa sudah agak lancar juga lakukanlah penggabungan antara passing atas dan passing bawah.
Untuk lebih meningkatkan lagi keterampilan kalian, maka lakukan latihan ini dengan cara bergerak maju-mundur dan ke samping kiri-kanan.
Lakukan tukar posisi sebagai center secara bergantian
Gambar 1.12 Aktivitas pembelajaran 4 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas formasi lingkaran
Biasanya jika peserta didik bermain bersama dengan teman-teman dalam satu kelompok seperti ini, kadang-kadang mereka kurang memperlihatkan etika yang baik misalnya mengejek kemampuan teman, atau menyalahkan teman. Untuk itu selama pembelajaran peserta didik diingatkan agar jangan saling mengejek dan merendahkan keterampilan temannya, sebaiknya mereka selama bermain dan berlatih selalu saling bekerja sama dengan baik, saling memberi dan menerima saran.
Aktivitas Pembelajaran 5 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Secara Langsung dalam Formasi Berbanjar Melewati Atas Net/Tali)
Pada pembelajaran passing atas dan passing bawah sebelumnya, belum mengunakan net sebagai media pembelaran permainan bola voli, pada aktivitas pembelajaran ini sudah semakin mendekatkan peserta didik pada permainan bola voli, pada aktivitas pembelajaran 5 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah secara langsung melewati atas net/tali dalam permainan bola voli, pelaksanaanya sebagai berikut.
Permainan ini dilakukan di lapangan bola voli.
Permainan ini dimainkan oleh dua tim (tim A dan B), satu tim terdiri dari 3 orang atau lebih.
Masing-masing tim berdiri di bidang permainannya sendiri.
Aktivitas pembelajaran diawali dengan satu orang anggota tim A melambungkan bola ke tim B melewati net/tali.
Tim B melakukan passing ke tim B melewati net/tali.
Setelah melakukan passing, kemudian bergerak lari berpindah ke barisan di hadapan ke bagian belakang.
Lakukan pembelajaran ini berulang-ulang selama 5 – 10 menit.
Gambar 1.13 Aktivitas pembelajaran 5 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas formasi berbanjar
Aktivitas Pembelajaran 6 (Variasi dan Kombinasi Passing dan Smash)
Aktivitas pembelajaran 6 variasi dan kombinasi gerakan passing dan smash dalam permainan bola voli sebagai berikut.
Permainan ini dilakukan di lapangan terbuka.
Permainan ini dapat dilakukan secara berpasangan atau berkelompok.
Jika dilakukan secara berpasangan, pelaksanaannya berdiri berhadapan pada jarak 2-4 meter, satu orang sebagai pelambung dan satu orang sebagai pemukul (smasher).
Atau, bola dilambungkan tegak lurus ke atas dan dipukul ke arah peserta didik yang berdiri di depan.
Permainan ini dapat dilakukan dengan cara berbaris berbanjar dan yang di depan melakukan pukulan.
Lakukan aktivitas ini beberapa saat teramati ada peningkatan keterampilan oleh guru.
Gambar 1.14 Aktivitas pembelajaran 6 variasi dan kombinasi passing dan smash
Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan smash di antaranya adalah:
Langkah awalan terlalu lebar dan meloncat, akibatnya kurang daya tolak ke atas.
Kurang aktifnya gerakan pergelangan tangan saat memukul bola, ini juga disebut dengan kelenturan pergelangan tangan.
Waktu meloncat kurang ditekuk dan ayunan kedua tangan lewat belakang dan ke arah bawah, sehingga merugikan tinggi loncatan.
Jari-jari dan telapak tangan digenggam pada saat memukul bola, ini jangan sampai terjadi karena Anda akan sangat sulit mengarahkan bola dan melakukan smash tajam, efek yang timbul bola akan keluar atau akan terkena net.
Waktu mendarat hanya mempergunakan salah satu kaki dan tidak ngeper, sehingga kaki sering cedera karena menerima berat badan yang cukup berat pada salah satu kaki saja.
Waktu meloncat dan memukul bola tidak melihat bola yang di-smash.
Demikian materi hari ini
wasalamualaikum wr wb
Komentar
Posting Komentar