Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
tujuan pembelajaran
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.1. Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
4.1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *) |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
· Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar. |
· Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar. |
Aktivitas Pembelajaran 4 (Variasi dan Kombinasi Menggiring dan Tembakan Melayang - Lay-Up Shoot)
Berikut ini akan mempelajari tentng variasi dan kombinasi menggiring dan lay-up shoot, cara pelaksanaannya sebagai berikut.
Permainan ini dilakukan di lapangan bola basket.
Permainan ini dilakukan secara berpasangan atau berkelompok.
Satu orang berdiri jarak 2 meter dari ring basket, tugasnya melambungkan bola pada shooter (orang yang akan menembak ke ring basket).
Peserta didik menggiring bola dari tengah lapangan, kemudian melemparkan bola menggunakan lemparan dada (chess pass) pada temanmu.
Temanmu melambungkan bola yang dia terima padamu.
Setelah dipantulkan bola beberapa kali.
Lakukan gerak melangkah untuk lay-up masukkan bola ke ring basket.
Gambar 1.21 Aktivitas pembelajaran 5 variasi dan kombinasi menggiring, melempar dan lay up shoot
Lay-up adalah usaha memasukkan bola ke ring atau keranjang basket dengan dua langkah dan meloncat agar dapat meraih poin. Lay-up disebut juga dengan tembakan melayang. menembak lay up dapat dilakukan dari sisi kanan ataupun kiri. pemain yang melakukan lay up dari kanan menembak menggunakan tangan kanan dan jika melakukan dari kiri maka ia menembak menggunakan tangan kiri. tolakan kaki pun harus berlawanan. jika tolakan dengan kaki kiri, maka tembakan oleh tangan kanan begitu pun sebaliknya.
Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan.
seorang pemain melakukan langkah pertama terlalu tinggi.
menerima bola tidak dalam sikap melayang.
pada saat melayang, kaki tidak lemas bergantung, tetapi aktif di gerakan.
Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi
Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi.
Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.
Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah)
Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.
Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.
Aktivitas pembelajaran permainan dilakukan oleh dua regu, yang masing-masing 4-8 pemain.
Lapangan dapat menggunakan lapangan bolabasket, voli, bulu tangkis, atau halaman sekolah.
Ringnya berupa sebuah lingkaran dengan diameter ½ meter pada masing-masing ujung lapangan/gawang yang dijadikan sasaran.
Setiap regu berusaha memasukkan pada gawang lawan, dengan teknik dasar lempar tangkap, menggiring, lay-up shoot, dan menembak.
Regu yang banyak memasukan bola ke gawang keluar sebagai pemenang.
Peraturan dapat ditambah sesuai dengan situasi dan kebutuhan (dapat dikompromikan antara guru dan peserta didik).
Aktivitas pembelajaran menanamkan nilai-nilai kerja sama, sportivitas, kedisiplinan, dan kejujuran.
Gambar 1.22 Aktivitas pembelajaran 1 bermain bolabasket menggunakan peraturan dimodifikasi
Aktivitas Pembelajaran 2 (Bermain Bolabasket Menggunakan Satu Lapangan dan dibagi Dua Bidang, yakni Bidang A Lapangan untuk Regu A dan Bidang B Lapangan untuk Regu B)
Sekarang coba/tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang telah dipelajari dalam permainan yang sudah mendekati permainan bola basket yang sebenarnya, cara pelaksanaannya sebagai berikut.
Permainan dilakukan di lapangan basket, satu lapangan dan dibagi dua bidang, yakni bidang A lapangan untuk Regu A dan bidang B lapangan untuk Regu B.
Aktivitas pembelajaran diawali dengan Regu A menempatkan pemainnya di lapangan B sebanyak 2 orang pemain, begitu juga Regu B menempatkan 2 pemain di lapangan A.
Para pemain boleh menggiring, melempar, dan menembak.
Saat menggiring bola, pemain yang berada pada lapangan A dan B tidak boleh melewati garis tengah.
Jadi yang berhak melakukan serangan pada lapangan lawan hanya 2 orang pemain.
Regu pemenang adalah regu yang dapat memasukkan bola ke ring basket lebih banyak.
Lama permainan 5 - 10 menit.
Aktivitas pembelajaran menanamkan nilai-nilai kerja sama, sportivitas, kedisiplinan, dan kejujuran.
Gambar 1.23 Aktivitas pembelajaran 2 bermain bolabasket menggunakan peraturan dimodifikasi
Demikian pertemuan kali ini
semoga bermanfaat
wasalamualaikum Wr Wb
Komentar
Posting Komentar