Langsung ke konten utama

Variasi dan Kombinasi Bola Voli kelas 9

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 9

Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin


Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.

tujuan pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.1. Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

4.1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

IPK 3

IPK 4

·        Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar.

·        Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar.

   

Materi Pembelajaran

    Aktivitas Pembelajaran 1 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Passing Bawah)

Untuk meningkatkan keterampilan gerak dalam permainan bola voli, latihan harus dilakukan secara berulang-ulang. Banyak pola latihan yang dapat dilakukan, di antaranya seperti pembelajaran berikut ini.

    Aktivitas pembelajaran dilakukan secara perorangan.

    Passing bola ke atas tegak lurus, setelah bola turun lakukan pula passing bawah, dan setelah bola naik/melambung ke atas, lakukan lagi passing atas, lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.

    Tahap awal latihan lakukan pola latihan ini di tempat, kemudian setelah jalannya bola sudah lancar lakukan sambil bergerak maju-mundur ke samping kiri dan kanan.



Gambar 1.9 Aktivitas pembelajaran 1 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas

Untuk membelajarkan keterampilan gerak passing atas, dan passing bawah ini sebaiknya dilakukan secara parsial, maksudnya matangkan dulu keterampilan peserta didik dalam passing bawah, setelah itu baru dimatangkan keterampilan passing atas, setelah teramati ada
pergerakan bola setelah passing atas dan bawah terkontrol, maka baru lakukan jenis permainan di atas.

Kesalahan yang sering terjadi dalam passing bawah sebagai berikut.

    Ketika menerima bola lengan terlalu tinggi, kemudian lanjutan lengan berada di atas bahu.

    Tubuh terlalu rendah karena pinggang ditekuk sehingga operan terlalu rendah dan kencang. Seharusnya yang ditekuk adalah lutut.
    Lengan terpisah sesaat, sebelum, pada saat, atau sesaat sesudah menerima bola.

    Bola mendarat di lengan daerah siku atau pergelangan tangan.

    Aktivitas Pembelajaran 2 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Bergerak Maju, Mundur, dan Menyamping)

Aktivitas pembelajaran untuk meningkatkan kemampuanmu dalam passing bola dapat dilakukan dengan pembelajaran 2 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah bergerak maju, mundur, dan menyamping.

    Aktivitas dilakukan secara berpasangan (peserta didik A dan B).

    Berdiri berhadapan jarak 2-4 meter.

    Peserta didik A melambungkan bola menggunakan dua tangan dari arah bawah ke peserta didik B.

    Peserta didik B mengembalikan menggunakan passing atas, dan peserta didik A kembalikan dengan passing bawah, saat bola mati lakukan sebaliknya.

    Apabila dengan cara ini bola kelihatan sudah meluncur dengan baik, lakukan dengan cara bergerak maju-mundur dan ke samping kiri-kanan

    Lakukan aktivitas pembelajaran ini 5 – 10 menit


Gambar 1.10 Aktivitas pembelajaran 2 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas sambil bergerak

Kesalahan yang sering dilakukan peserta didik dalam passing atas perkenaan bola tidak pada ujung-ujung jari tangan, posisi kedua tangan tidak berada di depan muka di atas kening, dan kaki tidak mengeper, hal ini harus diinformasikan pada peserta didik

    Aktivitas Pembelajaran 3 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Menggunakan Dua Bola)

Berikut ini peragaan cara melakukan gerakan aktivitas pembelajaran 3 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah menggunakan dua bola dalam permainan bola voli sebagai berikut.

    Aktivitas ini dilakukan secara berpasangan (peserta didik A dan B).

    Berdiri berhadapan pada jarak 2-4 meter.

    Peserta didik A melambungkan bola oleh teman, saat bola di udara peserta didik B melambungkan bola ke A.

    Kemudian bola dikembalikan menggunakan passing bawah.

    Setelah terpantau bola yang dimainkan peserta didik sudah lancar, maka permainan dilanjutkan dengan passing atas.

    Sesi terakhir permainan dapat dilakukan dengan melakukan passing atas dan bawah secara bergantian.

    Setelah latihan di tempat sudah ada kemajuan, maka tugaskan peserta didik untuk bergerak maju-mundur dan ke samping kiri-kanan.





Gambar 1.11 Aktivitas pembelajaran 3 variasi dan kombinasi passing bawah dan atas dengan dua bola

    Aktivitas Pembelajaran 4 (Variasi dan Kombinasi Passing Atas dan Bawah Secara Langsung dalam Formasi Lingkaran)

Pembelajaran 4 variasi dan kombinasi gerakan passing atas dan passing bawah secara langsung dalam formasi lingkaran permainan bola voli, pelaksanaannya adalah sebagai berikut.

    Latihan ini dilakukan secara berkelompok 5 orang.

    Buatlah barisan formasi lingkaran dengan diameter 2-4 meter.

    Satu orang berdiri di tengah-tengah lingkaran (center).

    Aktivitas pembelajaran diawali dengan melambungkan bola oleh peserta didik yang berada di tengah-tengah lingkaran ke arah satu orang peserta didik yang berada di pinggir lingkaran.

    Bola dikembalikan ke center dengan passing bawah kemudian bola di-passing bawah lagi ke peserta didik yang lain, demikian seterusnya.

    Apabila kalian merasa bola sudah mulai lancar dan terkontrol dengan baik, sekarang lakukanlah dengan passing atas.

    Setelah passing atas terasa sudah agak lancar juga lakukanlah penggabungan antara passing atas dan passing bawah.

    Untuk lebih meningkatkan lagi keterampilan kalian, maka lakukan latihan ini dengan cara bergerak maju-mundur dan ke samping kiri-kanan.

    Lakukan tukar posisi sebagai center secara bergantian

setelah mempelajari materi diatas selakan buat resume sebagai tolak ukur tingkat keberhasilan kalian dalam mempelajari materi di atas.

terimakasih atas perhatianya
 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r