Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
3.2. Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional *) |
4.2. Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional *) |
|
IPK 3 |
IPK 4 |
|
· Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola bakar dengan benar. |
· Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola bakar dengan benar. |
Aktivitas Permainan Bola Kecil Melalui Permainan Rounders
Tugaskan peserta didik untuk membaca informasi tentang permainan ini, baik bersumber dari buku siswa maupun dari sumber lain, seperti koran, majalah atau internet, kemudian disuruh membuat tulisan/ makalah. Hasilnya dapat dijadikan sebagai bahan portofolio peserta didik.
Rounders adalah cabang olahraga yang hampir sama dengan base ball dan softball. Disini pemain setelah memukul bola berlari mengelilingi lapangan dengan ditandai dengan tiang sebagai “Rounders”. Regu yang dapat mengelilingi lapangan lebih banyak keluar sebagai pemenang. Olahraga ini berasal dari Inggris bersamaan dengan base ball dan softball.
Cara memainkannya adalah memukul bola dengan menggunakan tongkat pemukul (stick) yang dilemparkan oleh pelambung. Cara pelambung melemparkan bola dengan menggunakan lemparan dari bawah sesuai dengan peraturan yang berlaku.
Setiap regu permainan rounders terdiri dari 9 orang pemain. Lamanya bermain adalah 7 inning, yaitu masing-masing regu mendapat giliran menjadi penyerang sebanyak 7 kali dan menjadi regu penjaga sebanyak 7 kali.
Terjadinya pergantian antara regu penyerang dan regu bertahan apabila pihak bertahan telah berhasil mematikan pemain-pemain regu penyerang sebanyak 3 orang pemain. Cara memperoleh nilai adalah apabila pemukul (batter), baik atas pukulannya sendiri maupun pukulan temannya berhasil kembali ke home-plate dengan selamat. Pemain tersebut memperoleh nilai satu (1).
Gerak spesifik yang terdapat dalam permainan rounders adalah keterampilan melempar bola, menangkap bola, berlari, dan memukul menggunakan tongkat pemukul.
Lapangan permainan segi empat, ditandai dengan empat tiang tegak lurus yang masing-masing panjangnya 1,20 meter dan dipasang setiap sudut. Jarak antara pemukul bola dengan tiang pertama 12 meter (jarak sama sampai dengan tiang ketiga). Dari tiang ke tiga ke tiang ke empat 8,50 meter. Jarak antara pemukul dengan pelontar bola 7,50 meter. Arena pelontar bola 2,50 x 2,50 meter dan arena pemukul bola 2 x 2 meter.
Tongkat pemukul (Stick) berbentuk bulat dan terbuat dari kayu dengan ukuran panjang ± 46 cm dan berat 370 gram. Bola bergaris tengah 19 cm dengan berat 70-85 gram.
Gambar 2.1 Lapangan dan perlengkapan permainan rounders
b. Aktivitas Pembelajaran Gerak Dasar Permainan Rounders a) Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola
Aktivitas pembelajaran ke-1 yang akan dipelajari adalah kecakapan melempar. Kecakapan ini merupakan faktor yang penting dalam permainan rounders, penggunaannya pada waktu regunya menjadi regu lapangan. Apabila setiap anggota regu itu dapat melempar dengan kecepatan yang cukup tinggi dan ketepatan yang baik, maka regu tersebut akan menjadi regu yang kuat dalam pertahanan. Gerak dasar melempar bola adalah sebagai berikut.
Aktivitas melemparkan bola merupakan aktivitas yang tidak asing lagi bagi peserta didik, hanya saja untuk mendapatkan hasil lemparan yang akurat dan cepat tentunya harus dipelajari dengan baik. Salah satu bentuk lemparan dalam permainan rounders adalah melempar melambung. Jenis lemparan ini dimanfaatkan untuk mengirimkan bola jarak jauh. Cara melakukannya sebagai berikut.
Pembelajaran dilakukan secara berpasangan atau berkelompok yang berdiri berhadapan pada jarak 15 meter.
Posisi awal, berdiri dengan posisi melangkah, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, dan bola dipegang dengan ujung jari-jari tangan kanan, tangan kiri rileks di samping badan.
Lemparkan bola ke depan agak tinggi sekuatnya, sumber gerakan dari bahu, bola dilepaskan pada titik terjauh ayunan lengan kanan.
Setelah bola lepas dari tangan, langkahkan kaki kanan ke depan.
Pandangan mata menuju ke arah sasaran lemparan.
Gambar 2.2 Aktivitas pembelajaran gerakan
melempar bola melambung
Di dalam pembelajaran melemparkan bola ini banyak hal yang harus dipelajari peserta didik, guru menugaskan peserta didik untuk mencoba berbagai cara, seperti; 1. Cara pertama, melemparkan bola dengan meletakkan di telapak tangan kemudian lempar, tugaskan peserta didik mengamati pergerakan bola. 2. Cara kedua melemparkan bola dengan memegang bola pada ujung jari-jari tangan, kemudian mengamati pergerakan bola. Pertanyakan kepada peserta didik mana yang lebih baik hasil lemparannya, memegang bola dengan telapak tangan atau dengan ujung jari-jari tangan.
Harapannya dengan pembelajaran ini, peserta didik mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam melemparkan bola. Kemudian hal lain yang berpengaruh terhadap hasil lemparan adalah sumber tenaga, seperti; 1. Coba lemparkan bola menggunakan sumber tenaga dari tangan, amati hasilnya. 2. Coba lemparkan bola menggunakan sumber tenaga dari bahu, amati hasilnya. Di antara kedua cara tersebut mana yang lebih jauh/tepat hasil lemparannya.
Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Mendatar setinggi bahu
Pembelajaran berikut ini yang akan dipelajari peserta didik adalah lemparan bola mendatar setinggi bahu. Lemparan jenis ini biasanya digunakan untuk sasaran jarak pendek. Cara melakukannya sebagai berikut.
Pembelajaran dilakukan secara berpasangan atau berkelompok yang berdiri berhadapan pada jarak 7 meter.
Posisi awal, berdiri posisi melangkah kaki kiri di depan dan kanan di belakang, bola dipegang dengan tangan kanan, tangan kiri rileks di sisi badan.
Lemparkan bola ke depan rata dengan bahu dengan ayunan dari belakang badan.
Gambar 2.3 Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola mendatar
Bola dilepaskan dari tangan saat tangan kanan melintasi badan.
Setelah bola lepas dari tangan, langkahkan kaki kanan ke depan.
Pandangan mata menuju ke arah sasaran lemparan.
Dalam melakukan lemparan setinggi bahu ini terdapat variasi lain, yaitu melemparkan bola dari arah atas kepala dan dari samping badan setinggi bahu. Tugaskan peserta didik membandingkan lemparan dari samping dan dari atas ini, mana di antara kedua cara tersebut yang paling keras hasil lemparannya dan yang paling
Aktivitas Pembelajaran Gerakan Melempar Bola Menyusur Tanah
Berikut ini akan dipelajari tentang keterampilan gerak spesifik gerakan melempar bola menyusur tanah dalam permainan rounders. Cara melakukan aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola menyusur tanah dalam permainan rounders seperti Gambar 2.4 berikut ini.
(a) Pembelajaran dilakukan secara berpasangan atau berkelompok yang berdiri
berhadapan pada jarak 10 meter.
Berdiri sikap melangkah, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, bola dipegang dengan ujung jari tangan kanan.
Tarik tangan kanan ke belakang badan, dan siap untuk melempar.
Gambar 2.4 Aktivitas pembelajaran gerakan melempar bola menyusur tanah
Langkahkan kaki kiri sedikit ke depan sambil memiringkan tubuh ke kanan, kemudian lemparkan bola ke depan menyusur tanah, bola dilepaskan dari tangan saat tangan kanan melintasi badan.
Lakukan latihan keterampilan gerak ini berulang-ulang.
Satu hal yang perlu diinformasikan pada peserta didik yakni dalam melakukan lemparan jenis ini kesalahan yang sering terjadi adalah sumber gerak. Dalam melempar jenis apapun baik lurus, melambung, ataupun menukik seperti ini tenaga bersumber dari pangkal lengan, jangan gunakan tenaga lengan, karena lecutan lemparan kurang.
Demikian pertemuan kali ini
semoga bermanfaat
wasalamualaikum Wr Wb
Komentar
Posting Komentar