Langsung ke konten utama

Aktivitas Kombinasi Gerakan Servis Panjang Forehand dan backhand (bulu tangkis) kelas 9

 

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 9
Pertemuan Ke              : 9

Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin


Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.

 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.2. Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional *)

4.2. Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional *)

IPK 3

IPK 4

·        Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bulu tangkis dengan benar.

·        Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bulu tangkis dengan benar.

      
 
Materi Pembelajaran

Tugaskan peserta didik membaca informasi tentang permainan bulu tangkis dari buku siswa dan dari media cetak dan elektronik yang lain, dan hasilnya dijadikan sebagai sebuah makalah yang disusun secara berkelompok oleh peserta didik.

Permainan bulu tangkis merupakan olahraga kebanggaan nasional kita, hanya olahraga ini satu-satunya yang pernah mendapatkan medali emas pada kejuaraan Olimpiade. Permainan bulu tangkis adalah sebuah cabang olahraga yang memukul dan menangkis bola yang terbuat dari bulu. Inti permainan bulu tangkis adalah memasukkan bola (shuttlecock)
ke lapangan lawan melalui net setinggi 1,55 meter dari lantai. Jaring ini membatasi kedua bagian lapangan permainan dimana para pemain berdiri dan melakukan gerakan-gerakan tipuan.

Permainan bulu tangkis adalah permainan yang mudah dilakukan mengingat raketnya yang ringan serta bola berjalan lurus dan teratur tanpa putaran. Oleh sebab itu, seorang pemain bulu tangkis yang benar-benar ingin menjadi pemain yang berprestasi haruslah mempelajari dan menguasai teknik dan taktik bermain dengan sebaik-baiknya.

Gerak spesifik memukul dalam permainan bulu tangkis terdiri dari: pukulan service, pukulan lob, pukulan dropshot, pukulan smash, dan pukulan drive. Gerak spesifik pukulan adalah cara-cara melakukan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan.

    
Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Permainan Bulu Tangkis

    Aktivitas Pembelajaran 1: Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand tanpa Net


Berikut ini peserta didik akan mempelajari tentang gerakan pukulan kombinasi pukulan forehand dan backhand tanpa net dalam permainan bulu tangkis sebagai berikut.

    Aktivitas pembelajaran diawali dengan berdiri saling berhadapan.

    Kemudian lakukan pukulan forehand dan backhand.

    Pembelajaran dilakukan sambil bergerak ke kiri dan kanan lapangan, bila dilakukan dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerak memukul, bergerak berpindah tempat.

 
Gambar 2.17 Aktivitas pembelajaran kombinasi forehand dan backhand tanpa net
    
Aktivitas Pembelajaran 2 : Kombinasi Pukulan Forehand dan Backhand melewati Net

Pada pembelajaran 2 keterampilan gerak yang akan dipelajari adalah gerakan pukulan kombinasi pukulan forehand dan backhand melewati net dalam permainan bulu tangkis sebagai berikut.

    Permainan dilakukan secara berpasangan

    Berdiri berhadapan pada lapangan masing-masing

    Lakukan gerakan memukul forehand, dan dikembalikan menggunakan pukulan backhand oleh teman.

    Kemudian dikembalikan lagi menggunakan pukulan forehand, demikian seterusnya sampai beberapa saat.

Setelah teramati ada kemajuan dalam keterampilan pukulan forehand peserta didik, sekarang lakukan dengan pukulan backhand Pembelajaran dilakukan sambil bergerak ke kiri dan kanan lapangan masing-masing





Gambar 2.18 Aktivitas pembelajaran kombinasi forehand dan backhand melewati net

Pola latihan gerakan memukul forehand dan backhand ini sebaiknya dilakukan secara bertahap, tahap awal dilakukan hanya pukulan forehand terus sampai dirasakan ada kemajuan baru pindah ke jenis pukulan backhand. Setelah kedua jenis pukulan permaian bulu tangkis ini sudah ada kemajuan, maka tahap berikutnya dapat menggunakan jenis pukulan ini secara silih berganti.

   
Aktivitas Pembelajaran 3 : Kombinasi Gerakan Servis Panjang Forehand Panjang dan Pendek Tanpa Net, dan dilanjutkan Menggunakan Net Dilakukan Berpasangan atau Formasi Berbanjar

Pada pembelajaran 3 gerakan jenis keterampilan yang akan dipelajari peserta didik adalah gerakan servis panjang forehand panjang dan pendek tanpa net, dan dilanjutkan menggunakan net dilakukan berpasangan atau formasi berbanjar dalam permainan bulu tangkis sebagai berikut.

    Pembelajaran dilakukan secara berpasangan.

    Berdiri pada lapangan masing-masing.

    Lakukan servis panjang ke arah temanmu tanpa/dengan net, dia kembalikan dengan menggunakan jenis pukulan forehand atau backhand.

    Permainan dilakukan dengan bergerak ke kiri dan kanan lapangan.

 
Gambar 2.19 Aktivitas pembelajaran kombinasi servis forehand dan backhand melewati net

    Aktivitas Pembelajaran 4 : Kombinasi Gerakan Servis Pendek Forehand Panjang dan Pendek Tanpa Net, dan Dilanjutkan Menggunakan Net

Berikut ini peserta didik akan mempelajari tentang gerakan servis pendek forehand panjang dan pendek tanpa net, dan dilanjutkan menggunakan net dilakukan berpasangan atau formasi berbanjar dalam permainan bulu tangkis sebagai berikut.

    Aktivitas pembelajaran diawali dengan berdiri di belakang dekat garis servis (servis pendek) dengan posisi melangkah.
    Kemudian ayunkan raket dengan lembut dari belakang ke arah bola yang dijatuhkan dari atas (servis pendek), hingga bola jatuh dekat di belakang garis servis lawan.

    Selanjutnya bergerak ke kiri dan kanan lapangan, bila dilakukan dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan servis bergerak berpindah tempat.



Gambar 2.20 Aktivitas pembelajaran kombinasi servis forehand dan backhand

    Aktivitas Pembelajaran 5 : Kombinasi Gerakan Pukulan Backhand Tanpa Net, Dilanjutkan Menggunakan Net, secara Berpasangan atau Kelompok

Pada pembelajaran 5 keterampilan gerak yang akan dipelajari adalah gerakan pukulan backhand tanpa net, dilanjutkan menggunakan net, secara berpasangan atau kelompok permainan bulu tangkis sebagai berikut.

    Permainan dilakukan secara berpasangan.

    Pemainan ini dapat dilakukan menggunakan lapangan bulu tangkis atau tidak

    Lakukan servis panjang ke arah lawan main.

    Kembalikan dengan pukulan backhand.

    Selanjutnya lawan mengembalikannya lagi dengan pukulan backhand.

    Apabila bola “mati” maka lakukan pergantian servis.

Gambar 2.21 Aktivitas pembelajaran kombinasi servis forehand dan backhand tanpa net dan melewati net
 
 
 Demikian pertemuan kali ini

semoga bermanfaat
wasalamualaikum Wr Wb
 
 
 
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r