Langsung ke konten utama

Senan irama (Ayunan lengan /tangan), kelas VIII

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 8

Kopetensi Dasar           :

3.7.1    Menyebutkan konsep prosedural variasi gerak langkah kaki berbentuk rangkaian (biasa, rapat, dan keseimbangan)

3.7.2    Menyebutkan konsep variasi procedural gerak ayunan lengan .berbentuk rangkaian (satu lengan depan pelakang, depan ke samping, ke samping bersamaan memindahkan berat badan)

Menyebutkan konsep variasi procedural rangkaian gerak langkah dan ayunan  lengan 


tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah :
 
1. Siswa mampu menjelaskan  macam macam gerakan Ayunan dari depan kesamping dan memindahkan berat badan badan dengan baik.
2. Siswa mampu Mempraktikan macam macam  gerakan ayunan tangan kesamping dan memindahkan berat badan, dengan baik.
 
 
 

B.   Gerak Prosedur Ayunan Lengan

 

1.   Aktivitas Ayunan Satu Lengan Depan Belakang

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)    Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru. (lihat Gambar 7.4).

 

(2)    Lakukan seperti contoh.

 

(3)    Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.

 

(4)    Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.

 

(5)    Gerakan mana yang mudah kamu lakukan.

 

Fokus perhatian pada gerak ayun lengan dan kaki.

 Gambar 7.4 Ayunan satu lengan depan belakang.

2.   Aktivitas Ayunan Satu Lengan dari Depan ke Samping


Tahapan Pembelajaran


(1)   Amati contoh peragaan                  
    aktivitas gerakan oleh                  
    guru.  (lihat  Gambar                  
    7.5).                  
(2)   Lakukan seperti con-                  
    toh.                  
(3)   Rasakan saat melaku-                  
    kan gerakan tersebut.      1   2   3   4   
(4)   Bandingkan gerakan                  
    yang  kamu  lakukan   Gambar 7.5            
dengan contoh aktivi-Ayunan satu lengan dari depan ke samping.
tas gerakan oleh guru.

(5)   Gerakan mana yang mudah kamu lakukan.

(6)   Fokus perhatian pada gerak ayun lengan dan kaki.

3.   Aktivitas Ayunan Satu Lengan ke Samping Bersamaan Memindahkan Berat Badan


Tahapan Pembelajaran

(1)   Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru. (lihat Gambar 7.6).

(2)   Lakukan seperti contoh.

(3)   Rasakan  saat  melakukan

gerakan tersebut.   1   2   3   4
(4)   Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.
(5)   Gerakan mana yang mudah kamu lakukan.

(6)   Fokus perhatian pada gerak ayun lengan dan kaki.

Soal Latihan 

1. Sebutkan Macam macam Ayunan  tangan pada senam irama

2. tuliskan Manfaat melakukan Ayunan tangan


Demikian pertemuan kali ini 

wasalamualaikum Wr, Wb

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r