Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas : 8
Kopetensi Dasar :..
3.7.1 Menyebutkan konsep prosedural variasi gerak langkah kaki berbentuk rangkaian (biasa, rapat, dan keseimbangan)
3.7.2 Menyebutkan konsep variasi procedural gerak ayunan lengan .berbentuk rangkaian (satu lengan depan pelakang, depan ke samping, ke samping bersamaan memindahkan berat badan)
Menyebutkan konsep variasi procedural rangkaian gerak langkah dan ayunan lengan
tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 1. Siswa mampu menjelaskan macam macam gerakan Ayunan dari depan kesamping dan memindahkan berat badan badan dengan baik.2. Siswa mampu Mempraktikan macam macam gerakan ayunan tangan kesamping dan memindahkan berat badan, dengan baik.
C. Prosedural Variasi Gerak Rangkaian
Variasi adalah melakukan beberapa bentuk gerak prosedural
dengan berbagai cara, seperti: melakukan prinsip dasar langkah, dan ayunan
lengan, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.
Akhir dari pembelajaran variasi dan kombinasi prinsip dasar
ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan penanaman nilai
disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.
Selama kegiatan pembelajaran peserta didik diberikan
kesempatan mengemukakan kesulitan atau menanyakannya pada guru atau teman.
Jawaban ari mereka dijadikan untuk memperbaiki dan mengatasi kesulitan yang
dialaminya. Berikut bentuk pembelajarannya.
1. Aktivitas Langkah Kaki ke Depan dan
Belakang
Tahapan Pembelajaran
(1)
Persiapan: berdiri tegak langkah
kaki kiri, kedua lengan lurus
di samping badan, pandangan
ke depan.
(2)
Gerakan:
hitungan 1 lang-
kahkan kaki kiri
ke depan.
1 - 2
Hitungan 2, tarik kaki kanan
3 - 4
dan dekatkan pada kaki kiri.
Gambar 7.7
Langkah kaki ke depan dan belakang:.
Hitungan 3, langkahkan kaki
kanan
ke belakang. Hitungan 4, tarik kaki kiri dan dekatkan pada kaki kanan. Hitungan
5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 3 x 8 hitungan dan
gunakan maat 4/4. (lihat Gambar 7.7).
2. Aktivitas Langkah
Kaki ke Samping
Tahapan Pembelajaran
(1)
Persiapan: berdiri tegak
langkah kaki kiri, kedua
lengan lurus di samping
badan, pandangan
ke
depan.
(2)
Gerakan: hitungan
1
1 - 2
3 - 4
langkahkan kaki kiri ke
samping kiri, hitungan 2,
Gambar 7.8 Langkah kaki ke
samping.
tarik kaki ujung kanan
dan dekatkan
pada kaki kiri, hitungan 3, langkahkan kaki kanan kembali ke kanan, hitungan 4,
tarik ujung kaki kiri dan dekatkan pada kaki kanan, hitungan 5-8, ulangi
hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 3 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4.
(lihat Gambar 7.8).
3. Aktivitas Menjulurkan Kaki ke Depan dan Belakang
Tahapan Pembelajaran
(1) Persiapan: berdiri tegak
langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan.
(2)
Gerakan:
hitungan 1 kaki kanan tetap, kaki kiri julurkan ke depan, hitungan 2, tarik
kaki kiri kembali ke posisi awal, Hitungan 3, julurkan kaki kiri ke belakang,
hitungan 4, tarik kembali kaki kiri ke posisi awal, hitungan 5, julurkan kaki
kiri ke samping kiri, hitungan 6, tarik kembali kaki kiri ke posisi awal,
Hitungan 7, angkat kedua tumit dengan kaki rapat, hitungan 8, turunkan tumit
kembali pada posisi awal, lakukan gerakan ini dengan kaki kanan dengan hitungan
1 - 8 .Gunakan maat 4/4, (lihat Gambar 7.9).
Gambar 7.9 Menjulurkan kaki ke depan
dan belakang.
4. Aktivitas Mengayunkan Kaki ke Depan dan Belakang
Tahapan
Pembelajaran
(1)
Persiapan: berdiri tegak langkah
kaki kiri, kedua lengan
lurus di
samping badan, pandangan ke
depan.
(2) Gerakan: hitungan 1,
ayun kaki
kiri ke
belakang lurus, ujung
kaki plat, hitungan 2 ,
turunkan
1 - 2
3 - 4
kembali kaki kiri bersamaan
lutut
Gambar 7.10
kaki kanan mengeper, hitungan 3,
Mengayunkan
kaki ke depan dan belakang.
ayun kaki kanan ke belakang lurus,
ujung
kaki plat, hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri
mengeper, lakukan aktivitas gerak ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4,
(lihat Gambar 7.10).
C. Prosedural Variasi Gerak Rangkaian
Variasi adalah melakukan beberapa bentuk gerak prosedural dengan berbagai cara, seperti: melakukan prinsip dasar langkah, dan ayunan lengan, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.
Akhir dari pembelajaran variasi dan kombinasi prinsip dasar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.
Selama kegiatan pembelajaran peserta didik diberikan kesempatan mengemukakan kesulitan atau menanyakannya pada guru atau teman. Jawaban ari mereka dijadikan untuk memperbaiki dan mengatasi kesulitan yang dialaminya. Berikut bentuk pembelajarannya.
1. Aktivitas Langkah Kaki ke Depan dan Belakang
Tahapan Pembelajaran
(1) |
Persiapan: berdiri tegak langkah |
|
|
|
|
kaki kiri, kedua lengan lurus |
|
|
|
|
di samping badan, pandangan |
|
|
|
|
ke depan. |
|
|
|
(2) |
Gerakan: hitungan 1 lang- |
|
|
|
|
kahkan kaki kiri ke depan. |
1 - 2 |
|
|
|
Hitungan 2, tarik kaki kanan |
3 - 4 |
|
|
|
dan dekatkan pada kaki kiri. |
Gambar 7.7 Langkah kaki ke depan dan belakang:. |
|
|
|
Hitungan 3, langkahkan kaki
|
|
|
|
kanan ke belakang. Hitungan 4, tarik kaki kiri dan dekatkan pada kaki kanan. Hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 3 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4. (lihat Gambar 7.7).
2. Aktivitas Langkah Kaki ke Samping
Tahapan Pembelajaran
(1) |
Persiapan: berdiri tegak |
|
|
|
|
|
|
langkah kaki kiri, kedua |
|
|
|
|
|
|
lengan lurus di samping |
|
|
|
|
|
|
badan, pandangan |
ke |
|
|
|
|
|
depan. |
|
|
|
|
|
(2) |
Gerakan: hitungan |
1 |
1 - 2 |
3 - 4 |
|
|
|
langkahkan kaki kiri ke |
|
||||
|
samping kiri, hitungan 2, |
|
|
|
|
|
|
Gambar 7.8 Langkah kaki ke samping. |
|
|
|||
|
tarik kaki ujung kanan
|
|
|
|
|
dan dekatkan pada kaki kiri, hitungan 3, langkahkan kaki kanan kembali ke kanan, hitungan 4, tarik ujung kaki kiri dan dekatkan pada kaki kanan, hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 3 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4. (lihat Gambar 7.8).
3. Aktivitas Menjulurkan Kaki ke Depan dan Belakang
Tahapan Pembelajaran
(1) Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan.
(2) Gerakan: hitungan 1 kaki kanan tetap, kaki kiri julurkan ke depan, hitungan 2, tarik kaki kiri kembali ke posisi awal, Hitungan 3, julurkan kaki kiri ke belakang, hitungan 4, tarik kembali kaki kiri ke posisi awal, hitungan 5, julurkan kaki kiri ke samping kiri, hitungan 6, tarik kembali kaki kiri ke posisi awal, Hitungan 7, angkat kedua tumit dengan kaki rapat, hitungan 8, turunkan tumit kembali pada posisi awal, lakukan gerakan ini dengan kaki kanan dengan hitungan 1 - 8 .Gunakan maat 4/4, (lihat Gambar 7.9).
Gambar 7.9 Menjulurkan kaki ke depan dan belakang.
4. Aktivitas Mengayunkan Kaki ke Depan dan Belakang
Tahapan Pembelajaran |
|
|
|
(1) Persiapan: berdiri tegak langkah |
|
|
|
kaki kiri, kedua lengan lurus di |
|
|
|
samping badan, pandangan ke |
|
|
|
depan. |
|
|
|
(2) Gerakan: hitungan 1, ayun kaki |
|
|
|
kiri ke belakang lurus, ujung |
|
|
|
kaki plat, hitungan 2 , turunkan |
1 - 2 |
3 - 4 |
|
kembali kaki kiri bersamaan lutut |
|
||
Gambar 7.10 |
|
|
|
kaki kanan mengeper, hitungan 3, |
Mengayunkan kaki ke depan dan belakang. |
|
ayun kaki kanan ke belakang lurus,
ujung kaki plat, hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri mengeper, lakukan aktivitas gerak ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4, (lihat Gambar 7.10).
demukian pertemuan kali ini semoga bermanfaatbagi kita semua.
sebelum di tutup ,silakan kerjakan soal di bawah ini sebagai seberapa faham anda dalam materi ini
Sola latihan :
1.sebutkan macam macam gerakan kaki pada senam irama?
2.Jelaskan salah satu gerakan ayunan kaki kedepan dan belakanselamat mengerjakan.
saya akhiri
wasalamualaikum Wr, Wb
Komentar
Posting Komentar