Langsung ke konten utama

permainan bola voli,Kelas 8,jum'at, 6 agustus 2021

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 8


Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin
dan semoga kalian solat subuh semua yaa?
Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh?

Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh.

Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.

Jangan lupa absen di isi yaa,

tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah :
3.1. Memahamvariasi dan kombinasi geraspesifik dalam berbagapermainabola besar sederhana daatau tradisional *)
 + Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli dengan benar.

Permainan Bola Besar melalui Aktivitas Permainan Bola Voli

Permainan bola voli ditemukan oleh William G Morgan pada tahun 1895 di Holyoke (Amerika bagian timur). William G Morgan adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men’s Christain Association (MCA). Permainan bola voli di Amerika sangat cepat perkembangannya, sehingga tahun 1933 YMCA mengadakan kejuaraan bola voli nasional.

Kemudian permainan bola voli ini menyebar ke seluruh dunia. Untuk pertama kalinya dipertandingkan di Polandia pada tahun 1974 dengan peserta yang cukup banyak. Maka pada tahun 1984 didirikan Federasi Bola voli Internasional atau Internationnal Volley Ball Federation (IVBF) yang waktu itu beranggotakan 15 negara. Permainan bola voli ini sangat cepat perkembangannya, antara lain disebabkan oleh :
a.      permainan bola voli tidak memerlukan lapangan yang luas.

b.      mudah dimainkan.

c.      alat-alat yang digunakan sangat sederhana.

d.      permainan ini sangat menyenangkan.

e.      kemungkinan terjadinya kecelakaan sangat kecil.

f.       dapat dimainkan di alam bebas maupun di ruang tertutup, dan

g.      dapat dimainkan banyak orang.

Kini permainan bola voli sudah memiliki teknik permainan yang lebih baik yakni suatu proses melahirkan keaktifan jasmani dan pembuktian suatu praktik dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam melakukan gerakan (khususnya permainan bola voli). Teknik dikatakan baik apabila dari segi anatomis/ fisiologis mekanik dan mental terpenuhi secara benar persyaratannya. Apabila diterapkan pencapaian kompetensi maksimal untuk menganalisa teknik gerakan, umumnya para guru akan dapat mengoreksi dan memperbaiki (Suharno, HP,

.  Adapun kegunaan teknik dalam permainan bola voli adalah (a efisien dan efektif untuk mencapai kompetensi maksimal, (b) untuk mencegah dan mengurangi terjadinya cidera, (c) untuk mempermudah pengembangan gerakan peserta didik, (d) peserta didik akan lebih yakin dengan kemampuan gerakan.

A.   Gerak Spesifik (Passing) Permainan Bola Voli

1.       Gerak Spesifik Mengumpan (Passing) Atas Bola voli/Mengumpan Atas Bola

Voli.


Gambar 1.38 Arah bola dari hasil passing atas membentuk parabola (melengkung)

Tahapan Pembelajaran

(1)   Persiapan: berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, kedua lutut direndahkan hingga berat badan bertumpu pada ujung kaki bagian depan, posisi lengan di depan badan dengan kedua telapak tangan dan jari-jari renggang sehingga membentuk seperti mangkuk di depan atas muka (wajah).
(2)  Gerakan: dorong kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah atas wajah. Perkenaan bola yang baik adalah tepat mengenai ujung jari-jari tangan.

(3)  Akhir gerakan: tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong.

2.       Gerak Spesifik Mengumpan (Passing) Bawah/Mengumpan Bawah Bola Voli


Gambar 1.39 Passing bawah/mengumpan bawah bola voli.

Tahapan Pembelajaran

(1)  Persiapan: berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua lutut direndahkan hingga berat badan tertumpu pada kedua ujung kaki di bagian depan. Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar, dan pandangan ke arah datangnya bola.

(2)  Gerakan: dorongkan kedua lengan ke arah datangnya bola bersamaan kedua lutut dan pinggul naik serta tumit terangkat dari lantai. Usahakan arah datangnya bola tepat di tengah-tengah badan, perkenaan bola tepat pada pergelangang tangan.

(3)  Akhir gerakan: tumit terangkat dari lantai, pinggul dan lutut naik serta kedua lengan lurus, pandangan mengikuti arah gerakan bola. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak mendorong.
B.   Gerak Spesifik Servis Atas Permainan Bola Voli

Gerak Spesifik Servis Atas (Tenis Servis)/ Memukul Bola Voli


Gambar 1.40 Servis atas (tenis servis) memukul bola voli.

Tahapan Pembelajaran

(1)   Persiapan: berdiri dengan kedua kaki dalam posisi melangkah, berat badan bertumpu pada kedua kaki dan sikap badan agak condong ke depan, pegang bola di depan badan.

(2)   Gerakan: lambungkan bola ke atas agak ke belakang menggunakan tangan kiri, lentingkan badan ke belakang. Bersamaan dengan gerakan badan ke depan, bola dipukul menggunakan tangan kanan yang dibantu dengan mengaktifkan pergelangan tangan.

(3)   Akhir gerakan: Ikuti gerakan badan ke depan dengan melangkahkan kaki belakang ke depan. Gerakan ini merupakan gerak dasar (fundamental) dari gerak memukul.

C.   Variasi Gerak Spesifik Pembelajaran Permainan Bola Voli

Variasi dalam pembelajaran bola voli adalah melakukan satu bentuk gerak spesifik dengan berbagai cara, seperti melakukan gerak spesifik passing atas bola voli di tempat, sambil bergerak maju-mundur, dan bergerak menyamping, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.

Selama kegiatan pembelajaran, peserta didik diberikan kesempatan mengemukakan kesulitan atau menanyakannya pada guru atau teman. Jawaban yang mereka berikan dijadikan untuk memperbaiki dan mengatasi kesulitan yang dialaminya.

Akhir dari pembelajaran variasi gerak spesifik adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama. Berikut variasi dalam pembelajarannya.
1.      Aktivitas Pembelajaran Mendorong Bola Menggunakan Kedua Tangan dari Depan Atas Dahi


Gambar 1.41 Mendorong bola menggunakan kedua tangan dari depan atas dahi.

Tahapan Pembelajaran

(1)  Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.41.

(2)  Lakukan seperti contoh peragaan.

(3)  Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.

(4)  Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.

(5)  Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?

(6)  Fokuskan pada gerak mendorong bola, kaki, lutut, dan pinggul naik.

2.      Aktivitas Pembelajaran Mendorong Bola Menggunakan Kedua Tangan dari Depan Atas Dahi, Bola Dipantul ke Lantai Terlebih Dahulu

Tahapan Pembelajaran

(1)   Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.42.

(2)   Lakukan seperti contoh peragaan.

(3)   Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.

(4)   Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.

(5)   Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?

(6)   Fokuskan pada gerak mendorong bola, kaki, lutut, dan pinggul naik.

Aktivitas Pembelajaran Mendorong Bola Menggunakan Kedua Tangan dari Depan Atas Dahi, Bola Tergantung

Tahapan Pembelajaran

(1)   Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.44.

(2)   Lakukan seperti contoh peragaan.
Dorong bola

(3) Rasakan saat melakukan gerakan ke depan atas tersebut.

(4)   Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.

(5) Gerakan mana yang mudah kamu
1
2
3

lakukan?



6) Fokuskan pada gerak mendorong
bola, kaki, lutut, dan pinggul naik.        Gambar 1.44
Mendorong   bola menggunakan kedua tangan
Tujuan pembelajaran menggunakan bola         dari depan atas dahi bola tergantung.

yang diikat tali, adalah agar:
1.     peserta didik menggunakan waktu dengan efektif,

2.     bola tidak menggulir jauh,

3.     peserta didik mudah mengontrol posisi dan gerakan bola,

4.     peserta didik dapat melakukan pengulangan gerakan dengan mudah.
4.      Aktivitas Pembelajaran Menembak (Shooting) Bola dengan Satu Tangan Melewati Atas Tali


Gambar 1.45 Menembak (shooting) bola dengan satu tangan melewati atas tali.

Tahap Pembelajaran

(1)  Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 1.45.

(2)  Lakukan seperti contoh peragaan.

(3)  Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.

(4)  Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.

(5)  Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?

(6)  Fokuskan perhatian pada gerakan tangan mendorong bola..

5.      Aktivitas Pembelajaran Mendorong Bola Menggunakan Kedua Tangan, Bola Dilambung Teman dari Arah Depan

Terimakasih kepada ananda semua yang telah mempelajari materi kali ini,Sebagai refrensi materi ini silakan kalian membuka vidio pembelajaran di bawah ini.Di persiapkan buku catatan kalian dan rangkum apa yang kalian lihat di vidio pembelajaran tersebut

https://www.youtube.com/watch?v=V8sDptPxdV0

setelah selesai,  Merangkum ,janagn lupa kalian foto rangkuman kalian beserta foto selvi kalian yaa

Tugas praktik

persiapan 
1. Mengenakan kaos olah raga dan sepatu
2. Siapkan Bola
3. Lakukan peregangan terlebih dahulu

Tugas
Buatlah Vidio,Lakukan lah gerakan pasing Bawah Dan Pasing atas, masing masing sebanyak 3 kali


terimakasai kepada kalian yang telah mengerjakan Rangkuman , dan yang belum silakan di kerjakan sampai selisai.dan buat vidio tugasnya 

setelah selesai silakan kalian kirim foto pekerjaan kalian dan jangan lupa foto menggunakan kaos olah raga pada saat mengerjakan soal.

karna waktu kita sudah selesai,apakah ananda semua sudah paham dengan materi in,Insyaalah kita dapat mengambil ilmu dari yang kita pelajari.Aamiin ya robal alamin.

Demikian pertemuan kita pada saat ini,semoga kita selalu dalam lindunga allah SWT

Bapak akhiri

Wasala'mualaikum Wr,Wb


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis