Unit Kerja : SMPAL-AZHAR 1 Bandar Lampung
Nama Guru : Andi prayogo,S.Pd
3.6 Memahami kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam aktivitas spesifik senam lantai.
3.6.1. Mengidentifikasikan kombinasi gerakan senam lantai.
3.6.2. Menjelaskan kombinasi gerakan senam lantai.
3.6.3. Menjelaskan cara melakukan kombinasi gerakan senam lantai.
Aktivitas Senam
Pada pembelajaran keterampilan gerak yang memiliki tingkat kesulitan agak tinggi atau berisiko sebaiknya diperagakan terlebih dahulu, dan perlu penegasan pada komponen gerak yang diperkirakan menimbulkan risiko. Salah satu kunci yang tidak boleh lupa diinformasikan pada peserta didik dalam melakukan gerak berguling, baik berguling ke depan maupun berguling ke belakang adalah menempelkan dagu ke arah dada.
lenting dan loncat harimau, peserta didik yang lain diminta untuk mengamatinya. Pelaksanan geraknya setelah melakukan sikap akhir guling lenting dan mendarat dengan kedua kaki kemudian langsung melakukan gerakan loncat harimau.
Pada pembelajaran keterampilan gerak kombinasi gerakan guling lenting dan loncat harimau ini terdapat dua komponen gerak yang berisiko cedera apabila tidak dilaksanakan dengan prosedur yang tepat, yaitu pada komponen gerak merapatkan dagu ke arah dada dan mendarat dengan dua tangan setelah melompat.
Sebelum menyuruh peserta didik melakukan keterampilan gerak ini, maka yang dibelajarkan pertama adalah cara mendarat dengan dua tangan, yaitu pada saat pendaratan titik perkenanaan pertama pada ujung jari-jari tangan dilanjutkan telapak tangan, kemudian kedua siku mengeper. Keterampilan ini harus matang dulu dipahami dan dicoba oleh peserta didik.
Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Gerakan Loncat Harimau dan Meroda
Mintalah salah satu peserta didik dianggap mampu untuk memperagakan keterampilan gerak kombinasi gerakan loncat harimau dan meroda, peserta didik yang lain diminta untuk mengamatinya. Pelaksanan geraknya setelah melakukan sikap akhir gerakan loncat harimau kemudian berdiri, langkahkan salah satu kaki ke depan untuk melakukan gerakan meroda.
Untuk pembelajaran materi ini sebaiknya dilakukan bagian perbagian, maksudnya lancar dulu keterampilan gerak meroda, setelah itu gerakan lenting tangan. Setelah kedua gerakan lancar dilakukan oleh peserta didik, maka selanjutnya baru digabungkan kedua jenis gerakan tersebut.
Komentar
Posting Komentar