Langsung ke konten utama

SENAM LANTAI,Kelas 9B,Senin, 1-2-2021

 Unit Kerja         : SMPAL-AZHAR 1 Bandar Lampung

Nama Guru      : Andi prayogo,S.Pd

NIK                 198411162015071345
Kelas               : IX B

Assalamualaikum Wr Wb,alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu Aamiin Ya robal alamin,
Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh?Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allahkekuatan dan kemampuan untuk melaksanakan

dan semoga sudah sholat duha juga yaa?
Pada kesempatan kali ini 
Kita akan melanjutkan pembahasan kita yaitu bentuk bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani
Sebelum memulai kegiatan belajar marilah kita berdoa terlebih dahulu, , (berdoa Mulai)

Tujuan Pembelajaran: :
Bapak berharap dengan kita mempelajari materi ini,siswa siswi dapat memahami,dan menerapkan Kegiatan aktivitas senam (Gerakan Senam Lantai)

3.6 Memahami kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam aktivitas spesifik senam lantai.

3.6.1. Mengidentifikasikan kombinasi gerakan senam lantai.

3.6.2. Menjelaskan kombinasi gerakan senam lantai.

3.6.3. Menjelaskan cara melakukan kombinasi gerakan senam lantai.

Aktivitas Senam

Materi Pembelajaran
Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Senam Lantai

Tugaskan peserta didik untuk membaca seluruh informasi di dalam bab ini, baik berupa konsep, prosedur, dan gerak spesifik materi yang akan dipelajari, kemudian membuat satu bacaan tentang materi senam secara bekelompok sebagai tugas rumah.

Senammerupakanaktivitasjasmaniyangefektifuntukmengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Gerakan-gerakan senam sangat sesuai untuk mengisi program pendidikan jasmani. Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, seperti : kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh. Di samping itu, senam juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasaan keterampilan teknik suatu cabang olahraga.

Senam prestasi bertujuan untuk membawa kesanggupan (kemampuan) fungsional perseorang yang tertinggi. Pada semua gerakan yang dilakukan dapat dilihat prestasinya. Dan tiap-tiap siswa mempunyai prestasi ketangkasan yang berbeda-beda. Latihan senam prestasi dapat diberikan dalam bentuk antara lain : (1) Perlombaan dapat berbentuk perlombaan perorangan dan dapat beregu, (2) latihan keseimbangan, di samping mempunyai nilai pembentukan juga mempunyai nilai besar terhadap prestasi, bahkan sampai mencapai tingkat seni gerak.

Senam lantai dilakukan pada matras. Unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada waktu melompat ke depan maupun ke belakang. Bentuk-bentuk latihannya juga merupakan gerakan dasar dari senam perkakas atau senam alat. Pada dasarnya bentuk-bentuk latihan baik untuk putra maupun untuk putri sama, tetapi untuk putri dimasukkan juga unsur-unsur gerakan balet.
Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Rangkaian Senam Lantai

Senam lantai adalah salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan baik untuk olahraga sendiri maupun untuk olahraga lain. Itulah sebabnya, senam juga disebut sebagai olahraga dasar. Senam lantai mengacu pada gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuh dari kemampuan komponen motorik/gerak seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, kelincahan dan ketepatan.

Apabila peserta didik telah mempelajari dan menguasai gerakan: guling depan, guling belakang, lenting tangan, guling lenting, dan meroda, maka dilanjutkan dengan rangkaian gerakan dari masing-masing latihan tersebut. Untuk dapat melakukan suatu rangkaian gerakan dengan baik, terlebih dahulu dilakukan suatu tahapan-tahapan yang akhirnya akan menjadi rangkaian gerakan yang baik dan benar.

Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Guling Belakang

Peserta didik diminta untuk mengamati peragaan cara melakukan kombinasi gerakan guling depan dan guling belakang seperti pada Gambar 6.1.

Rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang sudah dipelajari pada kelas VII dan VIII, namun pada kesempatan ini hanya merupakan penekanan tahap-tahap mempelajari rangkaian gerakan senam lantai. Di mana gerakannya dilakukan dari yang mudah menuju gerakan yang sulit dilakukan.
Dalam pembelajaran gerak berguling ini, satu hal yang harus diperhatikan oleh guru adalah komponen gerak menempelkan dagu ke dada, ini sangat penting dilakukan karena komponen gerak ini selain memperlacar gerakan juga mengurangi risiko pada leher, jika di suruh berguling mereka cenderung bertumpu pada puncak kepala atau jidat/kening.
Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Guling Lenting

Mintalah salah satu peserta didik dianggap mampu untuk memperagakan keterampilan gerak guling depan dan guling lenting, peserta didik yang lain diminta untuk mengamatinya.

Pada pembelajaran keterampilan gerak yang memiliki tingkat kesulitan agak tinggi atau berisiko sebaiknya diperagakan terlebih dahulu, dan perlu penegasan pada komponen gerak yang diperkirakan menimbulkan risiko. Salah satu kunci yang tidak boleh lupa diinformasikan pada peserta didik dalam melakukan gerak berguling, baik berguling ke depan maupun berguling ke belakang adalah menempelkan dagu ke arah dada.

Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Gerakan Guling Lenting dan Loncat Harimau

Mintalah salah satu peserta didik dianggap mampu untuk memperagakan keterampilan gerak kombinasi gerakan guling

lenting dan loncat harimau, peserta didik yang lain diminta untuk mengamatinya. Pelaksanan geraknya setelah melakukan sikap akhir guling lenting dan mendarat dengan kedua kaki kemudian langsung melakukan gerakan loncat harimau.

Pada pembelajaran keterampilan gerak kombinasi gerakan guling lenting dan loncat harimau ini terdapat dua komponen gerak yang berisiko cedera apabila tidak dilaksanakan dengan prosedur yang tepat, yaitu pada komponen gerak merapatkan dagu ke arah dada dan mendarat dengan dua tangan setelah melompat.


Sebelum menyuruh peserta didik melakukan keterampilan gerak ini, maka yang dibelajarkan pertama adalah cara mendarat dengan dua tangan, yaitu pada saat pendaratan titik perkenanaan pertama pada ujung jari-jari tangan dilanjutkan telapak tangan, kemudian kedua siku mengeper. Keterampilan ini harus matang dulu dipahami dan dicoba oleh peserta didik.


Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Gerakan Loncat Harimau dan Meroda


Mintalah salah satu peserta didik dianggap mampu untuk memperagakan keterampilan gerak kombinasi gerakan loncat harimau dan meroda, peserta didik yang lain diminta untuk mengamatinya. Pelaksanan geraknya setelah melakukan sikap akhir gerakan loncat harimau kemudian berdiri, langkahkan salah satu kaki ke depan untuk melakukan gerakan meroda.

Pada dasarnya pembelajaran senam ini sangat disenangi oleh peserta didik usia SMP Kelas 9 ini, karena mereka cenderung ingin memperlihatkan jati diri, dan cendrung menyenangi aktivitas yang berisiko, untuk itu selama proses pembelajarn pengawasan guru betul-betul sangat dibutuhkan.

Untuk pembelajaran materi ini sebaik dilakukan bagian perbagian, maksudnya lancar dulu satu gerakan dilakukan baru berlajar gerakan lain. Setelah kedua gerakan lancar, baru digabungkan.

Pada dasarnya pembelajaran senam ini sangat disenangi oleh peserta didik usia SMP Kelas 9 ini, karena mereka cenderung ingin memperlihatkan jati diri, dan cendrung menyenangi aktivitas yang berisiko, untuk itu selama proses pembelajarn pengawasan guru betul-betul sangat dibutuhkan.

Untuk pembelajaran materi ini sebaik dilakukan bagian perbagian, maksudnya lancar dulu satu gerakan dilakukan baru berlajar gerakan lain. Setelah kedua gerakan lancar, baru digabungkan.

Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Gerakan Meroda dan Lenting Tangan

Mintalah salah satu peserta didik dianggap mampu untuk memperagakan keterampilan gerak kombinasi gerakan meroda dan lenting tangan, peserta didik yang lain diminta untuk mengamatinya. Pelaksanan aktivitas pembelajaran rangkaian gerakan meroda dan lenting tangan, terlebih dahulu harus dapat melakukan hal-hal sebagai berikut : (1) Penguasaan gerakan meroda dan (2) penguasaan gerakan lenting tangan. Bila tidak ada peserta didik yang mampu melakukannya namun guru mampu, maka gurulah yang memperagakannya.


Mintalah salah satu peserta didik dianggap mampu untuk memperagakan keterampilan gerak kombinasi gerakan meroda dan lenting tangan, peserta didik yang lain diminta untuk mengamatinya. Pelaksanan aktivitas pembelajaran rangkaian gerakan meroda dan lenting tangan, terlebih dahulu harus dapat melakukan hal-hal sebagai berikut : (1) Penguasaan gerakan meroda dan (2) penguasaan gerakan lenting tangan. Bila tidak ada peserta didik yang mampu melakukannya namun guru mampu, maka gurulah yang memperagakannya.

Untuk pembelajaran materi ini sebaiknya dilakukan bagian perbagian, maksudnya lancar dulu keterampilan gerak meroda, setelah itu gerakan lenting tangan. Setelah kedua gerakan lancar dilakukan oleh peserta didik, maka selanjutnya baru digabungkan kedua jenis gerakan tersebut.

senam lantai
 Pada kesempatan kali ini kita akan membagikan pembahasan seputar senam lantai dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) revisi terbaru. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu anak didik dalam mencari referensi tentang senam lantai dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) revisi terbaru. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat memberikan dampak positif yang baik bagi perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami senam lantai dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) revisi terbaru.


Pengertian Senam Lantai

Senam lantai adalah salah satu bagian dari rumpun senam. Sesuai dengan istilahnya, maka gerakan-gerakan senam dilakukan di atas lantai yang beralaskan matras atau permadani. Senam lantai sering juga disebut dengan senam bebas, sebab pada waktu melakukan gerakan tidak membawa alat atau menggunakan alat. Senam lantai menggunakan area yang berukuran 12 x 12 m dan dapat ditambahkan matras sekeliling area selebar 1 meter untuk menjaga keamanan pesenam yang baru melakukan latihan atau rangkaian gerakan.

Unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat berputar di udara, menumpu dengan dua tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang pada waktu melompat ke depan atau kebelakang. Bentuk gerakannya merupakan gerakan dasar senam perkakas, bentuk latihannya pada putra maupun pada putri pada dasarnya adalah sama, hanya untuk putri dimasukkan unsur-unsur gerakan balet.

Kombinasi Guling ke Depan dan Guling ke Belakang

Guling ke depan dan guling ke belakang merupakan kombinasi rangkaian gerakan yang dilakukan tanpa terhenti sebelum dua gerakan tersebut dilakukan.

Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)

Kombinasi Guling ke Depan dengan Guling Lenting

Kombinasi guling ke depan antara lain kombinasi guling lenting ke depan, kombinasi guling ke depan dengan loncat harimau, guling ke depan dengan guling lenting ke samping, dan kombinasi guling ke depan dengan guling lenting ke belakang.
Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)

Kombinasi Guling ke Belakang dengan Guling Lenting

Latihan guling lenting merupakan gerakan yang memerlukan keberanian dan koordinasi otot tubuh, terutama otot lengan.

Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)

Kombinasi Rangkaian Sederhana Senam Lantai

Kombinasi rangkaian sederhana senam lantai terdiri dari rangkaian 3 pola gerakan, gerakan 4 pola gerakan, rangkaian gerakan handstand, guling ke depan, dan guling ke belakang, serta rangkaian sikap lilin, kayang, dan guling ke depan dan ke belakang.

Senam Lantai | Materi PJOK Kelas 9 Semester 2 (Revisi Terbaru)
Demikianlah yang dapat Bapak bagikan kali ini. Semoga apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak/Ibu Guru dan juga anak didik dalam mencari referensi terkait dengan apa yang telah dibagikan di atas. Dan selanjutnya, apa yang sudah dibagikan di atas dapat memberikan dampak positif yang baik kepada perkembangan dan kemajuan belajar anak didik dalam memahami materi yang telah dijelaskan oleh Bapak/Ibu Guru di sekolah berkaitan dengan penjelasan di atas. Dan bagi Bapak/Ibu Guru harapannya, kiranya Bapak dan Ibu Guru selalu diberikan kesehatan dan umur yang panjang di dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Sukses selalu buat kita semua di mana pun berada, kiranya rahmat Tuhan selalu menyertai. Sekian dan terimakasih,
Demikian materi kita pada kesempatan hari ini .untuk menguji seberapa paham kalian dalam mempelajarimateri bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani,silakan kalian kerjakan soal latihan di bawah ini selamat mengerjaka

Soal Latihan
1.Apakah pengertian senam lantai?
2.Sebutkan Macam macam gerakan senam Lantai yang di pelajari!


Setelah mengerjakan di buku latihan silakan kalian pindahkan di link google form di bawah ini
https://docs.google.com/forms/d/17WD3l2AWcVvEctwnsQHSwt2bNdDy8DvAg5BHLDr7tio/edit


Wasalamualaikum Wr.Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r