Langsung ke konten utama

Aktivitas Gerak Berirama,Kls 8,Kamis,11-2-2021

Unit Kerja         : SMPAL-AZHAR 1 Bandar Lampung

Nama Guru      : Andi prayogo,S.Pd

NIK                 198411162015071345
Kelas               : VIII

Assalamualaikum Wr Wb,alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat selalu Aamiin Ya robal alamin,
Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh?Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allahkekuatan dan kemampuan untuk melaksanakan

dan semoga sudah sholat duha juga yaa?
Pada kesempatan kali ini 
Kita akan melanjutkan pembahasan kita yaitu bentuk bentuk bentuk latihan kebugaran jasmani
Sebelum memulai kegiatan belajar marilah kita berdoa terlebih dahulu, , (berdoa Mulai)

Tujuan Pembelajaran: :

Bapak berharap dengan kita mempelajari materi ini,siswa siswi dapat memahami,dan bisa melaksanakan gerak dasar langkah kaki dan gerat]k tangan pada aktivitas gerak birama

 

Aktivitas Gerak Berirama

Pembelajaran melalui Aktivitas Gerak Berirama

 

Senam irama (aktivitas gerak berirama) menurut perkembangannya ada tiga aliran, yaitu : (1) senam irama yang berasal dari seni sandiwara (2) senam irama yang berasal dari seni musik (3) senam irama yang berasal dari seni tari (balet)

 

(4)    senam irama yang berasal dari seni sandiwara, dipelopori oleh Delsarte tahun 1811 – 1871, seorang sutradara. Ia menghendaki agar gerakan dalam sandiwara yang dibuat-buat itu dapat dilakukan dengan gerakan yang wajar. Tetapi ia belum berhasil, karena sifat kesandiwaraan masih terlihat dalam aliran ini. Dialah yang pertama-tama menciptakan sistem senam irama.

Senam irama yang berasal dari seni musik ini dipelopori oleh Jacques Dalcroze, seorang guru musik yang ingin menyatakan lagu-lagu dalam bentuk gerakan. Dalam sistemnya sudah tentu lebih mementingkan musik daripada gerakan.Murid Dalcroze, Bode, berpendapat bahwa gerakan itu harus digerakkan dari dalam ke feri-feri. Maka senamnya terkenal dengan nama “Ausdruk Gymnastiek” artinya senam yang dijalankan dengan penuh perasaan. Murid Bode adalah yang sangat senang memberikan latihan dengan alat seperti bola, gada dan simpai. Senam irama yang berasal dari seni tari, dipelopori oleh Rudolf Laban tahun 1879 – 1958. Ia berpendapat bahwa senam irama mengandung dressur .

 

Prinsip gerakan dalam senam irama ditentukan oleh: (1) irama 2) kelentukan tubuh dalam gerakan ( eksibilitas ( kontinuitas gerakan. Karena sifat tekanan seperti hal-hal tersebut di atas itu lebih banyak dimiliki oleh putri, maka senam irama umumnya dilakukan oleh putri. Pada dasarnya irama telah dikenal oleh peserta didik semasa di sekolah dasar (SD) , misalnya irama: 2/3, 3/4, 4/4 dan sebagainya. Kelenturan tubuh dalam gerakan ( eksibilitas . Prinsip kelenturan dalam gerakan akan diperoleh berkat latihan yang tekun dan akan makan waktu yang cukup lama. Kontinuitas gerakan akan diperoleh dari rangkaian gerak-gerak senam yang telah disusun dalam bentuk rangkaian yang siap ditampilkan. Berikut macam-maam materi yang dipelajari pada aktivitas gerak berirama : langkah, ayunan lengan dan sikap tubuh/posisi tubuh di dalam melakukan pembelajaran.

Macam-Macam Langkah dalam Senam Irama



Sebelah kiri dari atas: (1) Gerak langkah silang, (2) gerak langkah keseimbangan, (3) gerak langkah depan. Sebelah kanan dari atas: (4) gerak langkah rapat, dan (5) gerak langkah biasa.

Aktivitas senam irama bisa dilakukan secara individual maupun kelompok. Selain itu, senam irama juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat atau tidak. Salah satu hal yang harus dipelajari dalam senam irama adalah gerak melangkahkan kaki. Ada enam macam gerak langkah kaki. Berikut penjelasannya:

A. Langkah biasa atau looppas  

Gerakan looppas merupakan gerak langkah kaki biasa dalam senam irama. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara: Badan berdiri tegak dan arahkan pandangan mata fokus ke depan.
 
1.Kaki kiri dilangkahkan ke depan dengan posisi tangan berada di samping tubuh. 
2.Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan ke depan. 
3. Tumit kaki dalam posisi diangkat dan tumpuan tubuh berada di ujung kaki. Setiap melangkahkan kaki ke depan, gerakan ini harus dibarengi dengan perpindahan berat badan. 
4. Pada hitungan kedua, kaki kiri dilangkahkan ke depan. Tumit kaki dalam posisi diangkat dan tumpuan tubuh berada di ujung kaki. Pemindahan berat badan juga turut dilakukan. 
5. Ulangi gerakan ini secara terus menerus.

B. Langkah rapat atau by trek pas  

Gerakan by trek pas merupakan gerak langkah kaki rapat dalam senam irama. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara: 

1. Badan berdiri tegak dan arahkan pandangan mata fokus ke arah depan. 
2. Pada hitungan pertama, kaki kiri dilangkahkan ke depan. 
3. Pada saat yang bersamaan, pindahkan berat badan ke depan. Pada hitungan kedua, kaki kanan dilangkahkan ke depan. 
4. Bagian telapak kaki kanan diletakkan dalam posisi rapat atau berdekatan dengan kaki kiri. Saat melangkahkan kaki, gerakan ini juga dibarengi dengan pemindahan berat badan. 
5. Ulangi gerakan ini secara terus menerus.

C. Langkah tiga atau wallpas  

Gerakan wallpas merupakan gerak langkah kaki tiga dalam senam irama. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara: 
1. Badan berdiri tegak dan arahkan pandangan mata fokus ke arah depan. 
2. Pada hitungan pertama, kaki kiri dilangkahkan ke depan dengan menggunakan langkah biasa atau looppas. 
3. Pada hitungan kedua, kaki kanan dilangkahkan ke depan sebesar setengah langkah. Pada hitungan ketiga, kaki kiri dilangkahkan ke depan sebesar setengah langkah. 
4. Ulangi gerakan ini secara terus menerus.

D. Langkah ganti atau wisselpas  

Gerakan wisselpas merupakan gerak langkah ganti dalam senam irama. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara: 
1. Badan berdiri tegak dan arahkan pandangan mata fokus ke depan. 
2. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan ke depan. 
3. Posisi kaki kiri berada di samping tumit kaki kanan. 
4.Pada hitungan kedua, kaki kanan dilangkahkan kembali ke depan. Pada saat yang bersamaan, berat badan dipindahkan ke kaki kiri. Pada hitungan ketiga, kaki kiri dilangkahkan ke depan. Posisi kaki kanan berada di samping tumit kaki kiri. 
5. Ulangi gerakan ini secara terus menerus.

E. Langkah keseimbangan atau balanspas  

Gerakan balanspas merupakan gerak langkah keseimbangan dalam senam irama. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara: 
1. Badan berdiri tegak dan arahkan pandangan mata fokus ke depan. 
2. Pada hitungan pertama, kaki kiri dilangkahkan ke depan. 
3. Pada hitungan kedua, kaki kanan dilangkahkan ke depan. 
4. Pada saat posisi tumit kaki kanan masih terangkat, kaki kiri dimundurkan ke arah belakang. Hal ini diikuti dengan posisi kaki kanan merapat. 
5. Ulangi gerakan ini secara terus menerus. 

F. Langkah depan atau galoppas  

Gerakan galoppas merupakan gerak langkah depan dalam senam irama. Gerakan ini bisa dilakukan dengan cara: 
1. Badan berdiri tegak dan arahkan pandangan mata fokus ke depan. 
2. Pada hitungan pertama, kaki kanan dilangkahkan ke depan. 
3, Pada hitungan kedua, kaki kiri dilangkahkan ke depan. 
4. Pada saat yang bersamaan, kedua kaki kanan dilangkahkan ke depan lagi. 
5. Kaki kiri dilangkahkan lagi ke depan, disusul gerakan berikutnya. 
6. Ulangi gerakan ini secara terus menerus.

Gerakan Ayunan Lengan dan Tangan dalam Gerak Berirama


Berikut empat gerakan dasar ayunan lengan dan tangan: 

1. Gerak ayunan satu lengan 

dari belakang ke depan Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan satu lengan dari belakang: 
Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan. 
Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. Kedua tangan direntangkan serta diluruskan ke depan. 
Lengan kiri diayunkan ke belakang. Pandangan mata mengikuti gerak lengan kiri. 
Posisi tangan kanan tetap lurus ke depan. 
Lengan kiri kembali ke posisi semula (lurus ke depan). 
Lengan kanan diayunkan ke belakang. 
Pandangan mata mengikuti gerak lengan kanan.
 Posisi tangan kiri tetap lurus ke depan. Lengan kanan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). 

2. Gerak ayunan dua tangan 

dari belakang ke depan Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan dua tangan dari belakang ke depan: 
Pengertian dan Asal Usulnya Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan. 
Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. 
Kedua tangan direntangkan serta diluruskan ke depan. Dua tangan diayunkan ke belakang di samping kiri. Pandangan mata mengikuti gerak kedua tangan. 
Dua tangan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). 
Dua tangan diayunkan ke belakang di samping kanan. 
Pandangan mata mengikuti gerak kedua tangan. 
Dua tangan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). 

3. Gerak ayunan tangan secara silang 

Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan secara silang: 
Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan. 
Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. Kedua tangan direntangkan lurus ke samping. 
Kedua tangan ditekuk dan disilangkan di depan dada. Pandangan tetap fokus ke depan. 
Kedua tangan direntangkan kembali ke samping. 

4. Gerak ayunan satu lengan melingkar di atas kepala
 
Berikut adalah langkah-langkah melakukan gerakan ayunan satu lengan melingkar: 
Sikap tubuh tegak dan pandangan fokus menghadap ke depan. 
Posisi kaki kiri berada di depan kaki kanan. 
Kedua tangan direntangkan lurus ke depan. 
Lengan kanan diayunkan secara melingkar di atas kepala. 
Posisi badan meliuk ke arah belakang mengikuti gerak ayunan lengan. Kaki kanan dimajukan ke depan. Posisinya berada di depan kaki kiri. Posisi tangan kanan kembali ke posisi semula (lurus ke depan). Lengan kiri diayunkan secara melingkar di atas kepala. Posisi badan meliuk ke arah belakang mengikuti gerak ayunan lengan. 
Kaki kiri dimajukan ke depan. Posisinya berada di depan kaki kanan.


Setelah kita mempelajar materi aktivitas gerak berirama,(gerak langkah kaki dan gerak tangan)
sebagai mengukur keberhasialn kalian dalam mempelajari materi tersebut.
silakan kalian kerjakan soal yang berada di google form di bawah ini:

https://docs.google.com/forms/d/1vemR7sbkVHfU081oD4NWksffSs8M3fuO-PU1YxJHAsk/edit

Selamat mengerjakan 
demikian pertemuan kita pada hari ini semoga bermanfaat bagi kita semua.aamiin yaa robal alamin.
Wasalamualaikum, Wr, Wb



Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis