Langsung ke konten utama

Permaian bulu tangkis,Teknik servis,dan pukulan, Kls 7,Jum'at 2 Oktober 2020


1)    Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pukulan servis

Sebelum Kita mempelajari materi ini marilah kita berdoa ter lebih dahulu untuk mendapatkan barokah dari allah SWT,Berdoa Mulai

Pembelajaran pukulan servis merupakan pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke kotak servis lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai pembuka permainan dan merupakan suatu pukulan yang penting dalam permainan bulu tangkis.
Sekarang praktikkan pukulan permainan bulu tangkis dengan cara berikut ini.

Macam-macam pukulan servis antara lain:

a)       Pukulan servis pendek (Short servis)

b)       Servis panjang (Service lob)

c)       Pukulan servis drive

d)       Pukulan servis cambuk (Service flick)

Amati dan peragakan gerakan pukulan servis permainan bulu tangkis berikut ini.


Gambar 2.22 Aktivitas pembelajaran gerak dasar pukulan servis permainan bulu tangkis

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerak dasar pukulan servis dalam permainan bulu tangkis, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut:

a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

c)        Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan

2)    Aktivitas pembelajaran gerak spesifik pukulan lob atau clear

Pembelajaran pukulan lob (clear) adalah suatu pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan.

Cara melakukan gerak dasar pukulan lob atau melambung dapat dilaksanakan dengan dua cara, yaitu:


a)       Overhead lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang lapangan lawan.

b)       Underhand lob, yaitu pukulan lob dari bawah yang dilakukan dengan memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan dilambungkan tinggi ke belakang lapangan lawan.

Amati dan peragakan gerakan pukulan lob atau clear permainan bulu tangkis berikut ini. ini.

Gambar  2.23  Pembelajaran gerak spesifik pukulan lob permainan bulu tangkis

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerak spesifik pukulan lob dalam permainan bulu tangkis, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut:

a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

c)        Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

c.        Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran gerak spesifik pukulan permainan bulu tangkis

Tujuan pembelajaran gerak spesifik jenis pukulan shuttlecock adalah untuk mengombinasikan gerakan-gerakan memukul shuttlecock yang telah dipelajari. Setelah peserta didik melakukan gerakan memukul shuttlecock, rasakan gerakan memukul shuttlecock yang mana mudah dan sulit dilakukan. Mengapa teknik gerakan tersebut mudah dan sulit dilakukan? Temukan permasalahan tersebut, kemudian lakukan kembali gerakan-gerakan tersebut.

Gerakan memukul shuttlecock dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok. Dalam melakukan gerakan memukul shuttlecock, peserta didik diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin.

Bentuk-bentuk pembelajaran gerak dasar memukul shuttlecock antara lain berikut ini.

1.       Aktivitas pembelajaran 1 : memukul forehand berpasangan atau kelompok dan berhadapan, di tempat, bergerak mundur, maju, menyamping, dalam formasi berbanjar yang telah melakukan gerakan memukul berpindah tempat.

Amati dan peragakan gerakan aktivitas pembelajaran 1 permainan bulu tangkis berikut ini.
Gambar  2.24 Aktivitas pembelajaran 1 memukul shuttlecock permainan bulu tangkis


Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan pembelajaran 1 memukul shuttlecock dalam permainan bulu tangkis, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut:

a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.


c)        Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.
2.       Aktivitas pembelajaran 2: memukul bola menggunakan pukulan forehand overhead, dilakukan berpasangan atau kelompok, di tempat, bergerak mundur, maju, menyamping dengan formasi berbanjar yang telah melakukan gerakan memukul berpindah tempat.

Amati dan peragakan gerakan aktivitas pembelajaran 2 permainan bulu tangkis berikut ini.
Gambar  2.25 Aktivitas pembelajaran 2 memukul shuttlecock permainan bulu tangkis


Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan pembelajaran 2 memukul shuttlecock dalam permainan bulu tangkis, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut:

a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

c)       Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan

3.       Aktivitas pembelajaran 3 : memukul bola menggunakan pukulan backhand dilakukan berpasangan, kelompok, bergerak maju, mundur, dan menyamping dalam formasi berbanjar, yang telah melakukan gerak memukul berpindah tempat.

Amati dan peragakan gerakan aktivitas pembelajaran 3 permainan bulu tangkis berikut ini.
Gambar  2.26 Aktivitas pembelajaran 3 memukul shuttlecock permainan bulu tangkis

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan pembelajaran 3 memukul shuttlecock dalam permainan bulu tangkis, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut:

a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

c)        Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

4.       Aktivitas pembelajaran 4: memukul bola menggunakan forehand dan backhand overhead berpasangan atau berkelompok, bergerak ke kiri dan ke kanan, dan bergerak berpindah tempat.

Amati dan peragakan gerakan aktivitas pembelajaran 4 permainan bulu tangkis berikut ini.


Gambar  2.27 Aktivitas pembelajaran 4 memukul shuttlecock permainan bulu tangkis

Diskusikan hasil pengamatanmu, baik dengan teman maupun guru. Lakukan gerakan pembelajaran 4 memukul shuttlecock dalam permainan bulu tangkis, kemudian bandingkan hasil pengamatanmu dengan cara berikut:

a)       Merasakan gerakan yang kamu lakukan.

b)       Membandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan hasil pengamatan dan gerakan mana yang paling mudah kamu lakukan.

c)        Menanyakan atau mendiskusikan dengan guru atau teman bila ada kesulitan.

5)       Aktivitas pembelajaran bermain bulu tangkis dengan peraturan yang dimodifikasi, menggunakan pukulan servis dan pukulan forehand, backhand, bermain 3 lawan 3 pihak yang bolanya banyak mati dianggap kalah (dilakukan ± 8 – 10 menit).

Peserta didik mengomunikasikan aktivitas bermain bulu tangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi bermain 3 lawan 3 berikut ini.

Gambar  2.28 Aktivitas pembelajaran bermain 3 lawan 3 permainan bulu tangkis

Buatlah kesimpulan dan catatan tentang materi pembelajaran permainan bulu tangkis yang telah dipelajari dalam buku catatanmu

Tugas Mandiri
* Untuk mengetahui seberapa kalian menguasai Materi bulu tangkis,silakan kalian kerjakan soal di bawah ini.
* Tulis dibuku latihan PJOK.ditulis soal langsung di jawab


1.
Cara-cara melakukan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan

shuttlecock ke bidang lapangan lawan disebut . . . .

a. jenis pukulan
b. teknik pukulan

c. strategi pukulan
d. variasi pukulan
2.
Pukulan dengan raket yang menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lain

secara diagonal dalam permainan bulu tangkis dinamakan . . . .

a. pukulan forehand
b. pukulan backhand

c. pukulan servis
d. pukulan smesh
3.   Pukulan dalam permainan bulu tangkis yang dilakukan dengan tujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis

lapangan dinamakan . . . .
b. pukulan drive

a. pukulan servis

c. pukulan dropshot
d. pukulan lob

4.   Pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock  sedekat

mungkin dengan net dinamakan . . . .

a. pukulan servis b. pukulan drive c. pukulan dropshot d. pukulan lob

5.   Pukulan yang dilakukan dengan menerbangkan shuttlecock secara mendatar dinamakan . . . .


a. pukulan servis
b. pukulan drive


c. pukulan dropshot
d. pukulan lob

16.
Pukulan dalam permainan bulu tangkis yang sering mendapatkan angka adalah


....
b. pukulan drive


a. pukulan smesh


c. pukulan dropshot
d. pukulan lob

17.
Pukulan servis yang sering dilakukan dalam permainan ganda adalah . . . .


a. servis lob
b.
servis drive


c. servis flick
d. short servis

8.
Pukulan servis yang dilakukan dengan menggunakan gerak tipu adalah . . . .


a. servis lob
b.
servis drive


c. servis flick
d.
short servis


9.
Pukulan lob  yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan

shuttlecock melambung ke arah belakang dinamakan . . . .

a. overhead lob
b.  underhand lob

c. sidehand lob
d. backhand lob
10.
Pukulan lob yang dilakukan dengan memukul shuttlecock yang berada di bawah

badan dan dilambungkan tinggi ke belakang dinamakan . . . .

a. overhead lob
b.  underhand lob

c. sidehand lob
d. backhand lob

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r