Langsung ke konten utama

PERMAIAN BULU TANGKIS,Kombinasi cara bermain bulu tangkis,Kls 8,Kamis ,8 Oktober 2020

D.   Variasi Gerak Spesifik Permainan Bulu Tangkis

 

Variasi dalam permainan bulu tangkis gerak spesifik dengan berbagai cara, seperti melakukan gerak spesifik servis, pukulan, dan pengembalian bola bergerak

 

maju-mundur, dan bergerak menyamping, zig-zag, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.

 

Akhir  dari  pembelajaran gerak  spesifik  ini  adalah  untuk   meningkatkan

 

pengetahuan, keterampilan, dan koordinasi gerakan, serta penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.

 

Selama kegiatan pembelajaran peserta didik diberikan kesempatan mengemukakan kesulitan atau menanyakan pada guru atau teman dan jawaban yang diberikan guru atau teman sendiri dijadikan untuk memperbaiki dan mengatasi kesulitan yang dialaminya. Berikut bentuk pembelajarannya.

 

1.      Aktivitas Bermain Pukulan Servis Panjang dan Pengembalian Servis Panjang Forehand

Gambar 2.33 Pukulan servis pendek dan pengembalian servis pendek forehand.

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Buat Kelompok A dan B dengan anggota masing-masing 4-6 orang.

 

(2)     Kelompok A menempati bidang lapangan A dan kelompok B menempati lapangan B, saling berhadapan..

 

(3)     Kelompok A melakukan servis panjang forehand, kelompok B mengembalikannya dengan pukulan forehand ke kelompok A. Lakukan kegiatan ini selama 2-3 menit.

 

(4)     Setiap kelompok yang telah melakukan gerakan servis maupun pengembalian servis bergerak berpindah tempat (kelompok A ke B dan sebaliknya).

 

2.       Aktivitas Bermain Pukulan Servis Pendek dan Pengembalian Servis Pendek

 

Forehand.



Gambar 2.34 Pukulan servis pendek dan pengembalian servis pendek forehand.

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Buat Kelompok A dan B dengan anggota masing-masing 4-6 orang.

 

(2)     Kelompok A menempati bidang lapangan A dan kelompok B menempati lapangan B, saling berhadapan..

 

(3)     Kelompok A melakukan servis pendek forehand, kelompok B mengembalikannya dengan pukulan forehand ke kelompok A, lakukan kegiatan ini selama 2-3 menit.

 

(4)     Setiap kelompok yang telah melakukan gerakan servis maupun pengembalian servis bergerak berpindah tempat (kelompok A ke B dan sebaliknya).

Aktivitas Bermain Bulu Tangkis Sederhana

 

Akhir dari pembelajaran bermain sederhana adalah mengkomunikasikan gerak spesifik yang telah dikuasi untuk lebih meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan koordinasi gerakan, serta penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama dengan pembelajaran sebagai berikut.

 

1.      Aktivitas Bermain 3 Lawan 3 dengan Menggunakan Prinsip Dasar Pukulan Servis Panjang, Pendek, dan Pengembalian Servis Forehand



Gambar 2.35 Bermain 3 lawan 3

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 2.35.

(2)     Lakukan seperti contoh peragaan.

(3)     Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.

(4)     Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.

 

(5)     Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?

Fokuskan perhatian pada gerak pukulan dan arah bola.

2.       Aktivitas Bermain 3 Lawan 3 Dengan Menggunakan Prinsip Dasar Pukulan Servis Panjang, Pendek, Dan Pengembalian Servis Forehand



Gambar 2.36 Bermain 3 lawan 3

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Amati contoh peragaan aktivitas gerakan oleh guru dan lihat Gambar 2.36.

(2)     Lakukan seperti contoh peragaan.

(3)     Rasakan saat melakukan gerakan tersebut.

(4)     Bandingkan gerakan yang kamu lakukan dengan contoh aktivitas gerakan oleh guru.

 

(5)     Gerakan mana yang mudah kamu lakukan?

(6)     Fokuskan perhatian pada gerak pukulan dan arah bola.

 

3.       Aktivitas Bermain 2 Lawan 3 dengan Menggunakan Prinsip Dasar Pukulan Servis Panjang, Pendek, dan Pengembalian Servis Forehand



 Gambar 2.37 Bermain 2 lawan 3

Tahapan Pembelajaran

 

(1)     Bentuk 2 kelompok, kelompok A dua peserta didik dan kelompok B tiga peserta didik.

 

(2)     Setiap kelompok berhadapan dengan menempati bidang lapangan masing-masing.

 

(3)     Permainan dilakukan 2-3 menit, dan diawali dengan servis pendek atau panjang.

 

(4)     Lakukan prinsip dasar pukulan pengembalian servis pendek atau panjang forehand.

 

(5)     Setiap anggota kelompok hanya satu kali memukul bola.

 

(6)     Fokuskan perhatian pada gerak pukulan dan arah bola.


TUGAS MANDIRI

* dikerjakan dalam buku latihan  di tulis sosl langsung di jawab.

* ini lanjutan latihan kamis lalu


6. Jatuhnya bola (shuttlecock) yang benar hasil pukulan servis forehand panjang pada permainan bulu tangkis adalah ....

 

a. di depan garis servis                                          c. di depan garis akhir lapangan

 

b. di belakang garis servis                                    d. di belakang garis akhir lapangan

 

7. Posisi awal berdiri yang benar saat akan melakukan servis pendek forehand pada permainan bulu tangkis adalah ....

 

a. melangkah depan belakang                            c. melangkah silang

 

b. melangkah ke samping           d. melangkah ke belakang

8. Posisi bola dipegang tangan yang benar saat posisi awal melakukan servis forehand pendek pada permainan bulu tangkis adalah ....

 

a. setinggi dada                                                         c. setinggi dagu

 

b. setinggi pinggang                                                d. setinggi pundak

 

9.  Posisi tangan yang benar saat memegang raket untuk servis pendek forehand pada permainan bulu tangkis adalah ....

 

a. di depan badan                                                    c. di samping badan

 

b. di belakang badan                                              d. di atas bahu

 

10.  Bentuk gerakan raket yang benar saat melakukan servis forehand pendek pada permainan bulu tangkis adalah ....

 

a. memukul bola                                                      c. memutar bola

 

b. mendorong bola                                                  d. menyilang bola

 

11. Posisi kontak raket dengan bola (shuttlecock) yang benar saat melakukan servis

 

forehand pendek pada permainan bulu tangkis adalah ....

 

a. pada ketinggian paha                                        c. pada ketinggian dada

 

b. pada ketinggian lutut                                         d. pada ketinggian pinggang

 

12.  Posisi berdiri yang benar saat melakukan pengembalian servis panjang pada permainan bulu tangkis adalah ....

 

a. 5 - 6 cm di belakang garis servis                 c. 5 – 6 cm di samping garis servis

 

b. 5 – 6 cm di depan garis servis                      d. 5 – 6 cm di depan garis lapangan

 

13.Posisi raket yang benar dipegang tangan saat posisi awal menerima servis panjang

 

pada permainan bulu tangkis adalah ....

 

a. di atas samping kepala                                     c. di atas belakang kepala

 

b. di atas depan kepala                                          d. di bawah depan kepala

 

14. Posisi berdiri yang benar saat akan menerima servis pendek pada permainan bulu tangkis adalah ....

 

a. 1 – 3 cm di belakang garis servis                c. 1 – 3 cm di depan garis lapangan

 

b. 1 - 3 cm di depan garis servis                       d. 1 – 3 cm di belakang garis

 

lapangan

 

15. Jika arah bola rendah dari arah servis,  maka pengembalian bola yang benar

 

adalah...

 

a. bola didorong ke tengah lapangan              c. bola didorong dekat net

 

b. bola didorong ke belakang lapangan         d. bola didorong dekat garis servis


Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r