Langsung ke konten utama

PASING ATASS (BOLA VOLI)

Pengertian fungsi teknik dasar passing atas bola voli dan cara melakukan


Pengertian fungsi teknik dasar passing atas bola voli dan cara melakukan. Pengertian passing atas bola voli (overhand pass) adalah sebuah teknik dalam olahraga bola voli yang dilakukan untuk menahan, menerima, dan mengendalikan bola servis atau bola serangan dari tim lawan. Dinamakan passing atas karena memang pengambilan passing dilakukan dengan tangan di atas depan muka pemain. Passing atas merupakan salah satu teknik dasar bola voli yang sangat penting yang harus dikuasai oleh para pemain khususnya bagi toser/ set-upper, karena selain bisa digunakan untuk menahan serangan lawan, passing atas juga berfungsi untuk memberikan umpan/ operan kepada teman setim sehingga dapat menyusun suatu serangan dengan baik. Seorang toser atau setter yang menguasai teknik passing atas yang baik akan mampu memberikan berbagai variasi umpan kepada pemain yang bertugas sebagai spiker (smasher) sehingga tim lawan akan sulit menebak atau memblock serangan-serangan smash yang akan dilakukan.
Bagi anda yang ingin belajar menguasai teknik dasar passing atas, anda juga harus tahu teori cara melakukannya dengan benar. Dengan mengetahui teknik-tekniknya andapun bisa melakukan pembelajaran dengan cepat dan efektif.
http://43sports.blogspot.com/2016/05/teknik-dasar-passing-atas.html
Cara melakukan teknik dasar pasing atas yang baik dan benar:
  1. Pertama-tama, ambil sikap siap dengan membuka kaki selebar bahu dan kedua lutut kaki agak sedikit ditekuk. 
  2. Kedua tangan dalam keadaan siap untuk melakukan passing dengan diletakkan diatas depan dahi dengan kedua ibu jari membentuk segitiga dan pandangan keatas atau kearah datangnya bola. 
  3. Kedua siku dan pergelangan tangan ditekuk, dan ketika bola datang, lakukan passing dengan perkenaan bola tepat mengenai jari-jari tangan. Agar bola dapat memantul dengan baik, jari-jari saat bersentuhan dengan bola jangan terlalu kaku. Lalu dorong bola dengan menggerakkan pergelangan tangan, sambil diikuti dengan meluruskan siku. 
  4. Dalam melakukan passing atas ini, jari yang paling dominan digunakan adalah ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Jadi apabila anda masih awam, latih terlebih dulu jari-jari anda agar tidak terjadi keseleo. 
  5. Gerakan mendorong bola dalam passing atas akan diakhiri dengan tumit agak terangkat dari lantai, dan lutut kaki lurus serta pandangan mata mengikuti gerakan bola.
http://43sports.blogspot.com/2016/05/teknik-dasar-passing-atas.html
Gerakan-gerakan akhir seperti itu adalah gerakan fundamental untuk memberikan dorongan yang lebih kuat.
Itulah pengertian fungsi teknik dasar passing atas bola voli dan cara melakukannya. Semoga bisa bermanfaat untuk anda, baca juga “macam-macam posisi pemain bola voli beserta fungsi dan tugasnya” dan "teknik dasar passing bawah yang baik dan benar".

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r