Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas : 9
Pertemuan Ke : 7
Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin
Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai
semoga
setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang
kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita
semua,aamiin yarobal alamin.
TUJUAN
INDIKATOR MATERI |
Mengidentifikasikan kombinasi gerakan senam lantai. Menjelaskan kombinasi gerakan senam lantai. Menjelaskan cara melakukan kombinasi gerakan senam lantai Melakukan kombinasi gerakan senam lantai. Menggunakan kombinasi gerakan senam lantai dalam bentuk perlombaan dan peraturan yang dimodifikasi. |
Tujuan Pembelajaran |
- Mengidentifikasikan kombinasi gerakan senam lantai. - Menjelaskan kombinasi gerakan senam lantai. - Menjelaskan cara melakukan kombinasi gerakan senam lantai - Melakukan kombinasi gerakan senam lantai. - Menggunakan kombinasi gerakan senam lantai dalam bentuk perlombaan dan peraturan yang dimodifikasi. |
Aktivitas Senam
Pada Bab VI ini peserta didik akan mempelajari tentang kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam aktivitas spesifik senam lantai. Materi yang akan disajikan dapat jadikan sebagai aktivitas jasmani yang bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan garak dan kesehatanmu secara umum.
Model dan jenis kegiatan pembelajaran yang dimuat di dalam Bab VI dapat jadikan sebagai menu untuk berolahraga, baik itu lakukan di sekolah maupun di lingkungan rumah. Di antara peserta didik mungkin ada yang memiliki keterampilan senam melebihi materi yang ada di dalam buku ini, dan ada juga yang baru mempelajarinya. Untuk kalian harus bekerja sama dengan teman-teman kalian, belajarlah saling membantu dan menolong.
Senam merupakan aktivitas jasmani yang efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan tubuhmu. Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, seperti : kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh. Di samping itu, senam juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasaan keterampilan teknik suatu cabang olahraga.
Senam lantai dilakukan pada matras. Unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada waktu melompat ke depan maupun ke belakang. Bentuk-bentuk latihannya juga merupakan gerakan dasar dari senam perkakas atau senam alat. Pada dasarnya bentuk-bentuk latihan baik untuk putra maupun untuk putri sama, tetapi untuk putri dimasukkan juga unsur-unsur gerakan balet.
Satu hal yang harus diperhatikan guru dalam pembelajaran senam ini, yaitu faktor keselamatan harus dijadikan sebagai prioritas, apabila ada materi pelajaran yang harus menggunakan media tertentu misalnya matras, namun di sekolah tidak ada, maka untuk hal ini jangan ajarkan materi ini, karena berisiko terhadap keselamatan peserta didik.
Materi Pembelajaran
Aktivitas Pembelajaran Gerak Spesifik Senam Lantai
Tugaskan peserta didik untuk membaca seluruh informasi di dalam bab ini, baik berupa konsep, prosedur, dan gerak spesifik materi yang akan dipelajari, kemudian membuat satu bacaan tentang materi senam secara bekelompok sebagai tugas rumah.
Senammerupakanaktivitasjasmaniyangefektifuntukmengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Gerakan-gerakan senam sangat sesuai untuk mengisi program pendidikan jasmani. Gerakannya merangsang perkembangan komponen kebugaran jasmani, seperti : kekuatan dan daya tahan otot dari seluruh bagian tubuh. Di samping itu, senam juga berpotensi mengembangkan keterampilan gerak dasar, sebagai landasan penting bagi penguasaan keterampilan teknik suatu cabang olahraga.
Senam prestasi bertujuan untuk membawa kesanggupan (kemampuan) fungsional perseorang yang tertinggi. Pada semua gerakan yang dilakukan dapat dilihat prestasinya. Dan tiap-tiap siswa mempunyai prestasi ketangkasan yang berbeda-beda. Latihan senam prestasi dapat diberikan dalam bentuk antara lain : (1) Perlombaan dapat berbentuk perlombaan perorangan dan dapat beregu, (2) latihan keseimbangan, di samping mempunyai nilai pembentukan juga mempunyai nilai besar terhadap prestasi, bahkan sampai mencapai tingkat seni gerak.
Senam lantai dilakukan pada matras. Unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, berputar di udara, menumpu dengan tangan atau kaki untuk mempertahankan sikap seimbang atau pada waktu melompat ke depan maupun ke belakang. Bentuk-bentuk latihannya juga merupakan gerakan dasar dari senam perkakas atau senam alat. Pada dasarnya bentuk-bentuk latihan baik untuk putra maupun untuk putri sama, tetapi untuk putri dimasukkan juga unsur-unsur gerakan balet.
b. Aktivitas Pembelajaran Gerak Kombinasi Rangkaian Senam Lantai
Senam lantai adalah salah satu cabang olahraga yang mengandalkan aktivitas seluruh anggota badan baik untuk olahraga sendiri maupun untuk olahraga lain. Itulah sebabnya, senam juga disebut sebagai olahraga dasar. Senam lantai mengacu pada gerak yang dikerjakan dengan kombinasi terpadu dan menjelma dari setiap bagian anggota tubuh dari kemampuan komponen motorik/gerak seperti kekuatan, kecepatan, keseimbangan, kelentukan, kelincahan dan ketepatan.
Apabila peserta didik telah mempelajari dan menguasai gerakan: guling depan, guling belakang, lenting tangan, guling lenting, dan meroda, maka dilanjutkan dengan rangkaian gerakan dari masing-masing latihan tersebut. Untuk dapat melakukan suatu rangkaian gerakan dengan baik, terlebih dahulu dilakukan suatu tahapan-tahapan yang akhirnya akan menjadi rangkaian gerakan yang baik dan benar.
Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Guling Belakang
Peserta didik diminta untuk mengamati peragaan cara melakukan kombinasi gerakan guling depan dan guling belakang seperti pada Gambar 6.1.
Rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang sudah dipelajari pada kelas VII dan VIII, namun pada kesempatan ini hanya merupakan penekanan tahap-tahap mempelajari rangkaian gerakan senam lantai. Di mana gerakannya dilakukan dari yang mudah menuju gerakan yang sulit dilakukan.
Gambar 6.1 Aktivitas pembelajaran rangkaian guling depan dan guling belakang
Dalam pembelajaran gerak berguling ini, satu hal yang harus diperhatikan oleh guru adalah komponen gerak menempelkan dagu ke dada, ini sangat penting dilakukan karena komponen gerak ini selain memperlacar gerakan juga mengurangi risiko pada leher, jika di suruh berguling mereka cenderung bertumpu pada puncak kepala atau jidat/kening.
Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Guling Lenting
Mintalah salah satu peserta didik dianggap mampu untuk memperagakan keterampilan gerak guling depan dan guling lenting, peserta didik yang lain diminta untuk mengamatinya.
Gambar 6.2 Aktivitas pembelajaran rangkaian guling belakang dan guling lenting
Pada pembelajaran keterampilan gerak yang memiliki tingkat kesulitan agak tinggi atau berisiko sebaiknya diperagakan terlebih dahulu, dan perlu penegasan pada komponen gerak yang diperkirakan menimbulkan risiko. Salah satu kunci yang tidak boleh lupa diinformasikan pada peserta didik dalam melakukan gerak berguling, baik berguling ke depan maupun berguling ke belakang adalah menempelkan dagu ke arah dada.
Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Gerakan Guling Lenting dan Loncat Harimau
Mintalah salah satu peserta didik dianggap mampu untuk memperagakan keterampilan gerak kombinasi gerakan guling
lenting dan loncat harimau, peserta didik yang lain diminta untuk mengamatinya. Pelaksanan geraknya setelah melakukan sikap akhir guling lenting dan mendarat dengan kedua kaki kemudian langsung melakukan gerakan loncat harimau.
Gambar 6.3 Aktivitas pembelajaran rangkaian guling lenting dan loncat harimau
Pada pembelajaran keterampilan gerak kombinasi gerakan guling lenting dan loncat harimau ini terdapat dua komponen gerak yang berisiko cedera apabila tidak dilaksanakan dengan prosedur yang tepat, yaitu pada komponen gerak merapatkan dagu ke arah dada dan mendarat dengan dua tangan setelah melompat.
Sebelum menyuruh peserta didik melakukan keterampilan gerak ini, maka yang dibelajarkan pertama adalah cara mendarat dengan dua tangan, yaitu pada saat pendaratan titik perkenanaan pertama pada ujung jari-jari tangan dilanjutkan telapak tangan, kemudian kedua siku mengeper. Keterampilan ini harus matang dulu dipahami dan dicoba oleh peserta didik.
Aktivitas Pembelajaran Rangkaian Gerakan Loncat Harimau dan Meroda
Mintalah salah satu peserta didik dianggap mampu untuk memperagakan keterampilan gerak kombinasi gerakan loncat harimau dan meroda, peserta didik yang lain diminta untuk mengamatinya. Pelaksanan geraknya setelah melakukan sikap akhir gerakan loncat harimau kemudian berdiri, langkahkan salah satu kaki ke depan untuk melakukan gerakan meroda.
Gambar 6.4 Aktivitas pembelajaran rangkaian loncat harimau dan meroda
Pada dasarnya pembelajaran senam ini sangat disenangi oleh peserta didik usia SMP Kelas 9 ini, karena mereka cenderung ingin memperlihatkan jati diri, dan cendrung menyenangi aktivitas yang berisiko, untuk itu selama proses pembelajarn pengawasan guru betul-betul sangat dibutuhkan.
Untuk pembelajaran materi ini sebaik dilakukan bagian perbagian, maksudnya lancar dulu satu gerakan dilakukan baru berlajar gerakan lain. Setelah kedua gerakan lancar, baru digabungkan.
Komentar
Posting Komentar