Langsung ke konten utama

AKTIVITAS BELA DIRI ( Pencak silat ) KELAS 9

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             : 198411162015071345
Kelas                           : 9
Pertemuan Ke              : 1

Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin


Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.

TUJUAN

KOMPETENSI DASAR

3.4       Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik seni bela diri.

4.4       Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik seni bela diri.

INDIKATOR    MATERI

§  Mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat.

§  Menjelaskan  berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat.

§  Menjelaskan  cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat.

§  Melakukan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat.

§  Menggunakan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar pencak silat dalam bentuk pertarungan sederhana dan peraturan yang dimodifikasi.

Tujuan Pembelajaran

-           Mengidentifikasikan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam  pencak silat.

-           Menjelaskan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat.

-           Menjelaskan cara melakukan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat.

-           Melakukan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar dalam pencak silat.

-           Menggunakan berbagai variasi dan kombinasi gerak dasar pencak silat dalam bentuk pertarungan sederhana dan peraturan yang dimodifikasi.

     Aktivitas Pembelajaran Variasi dan Kombinasi Serangan

Berikut ini anak mempelajari tentang variasi dan kombinasi serangan. Terdapat berbagai jenis latihan untuk mengembangkan keterampilan ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

a)    Aktivitas Pembelajaran Menggoyahkan Pertahanan Lawan

Bentuk latihan untuk menggoyahkan pertahanan lawan ini, merupakan salah satu cara di antara cara yang ada, cara melakukannya sebagai berikut.

    Lakukan sikap pasang.

    Alihkan perhatian lawan dengan cara mengarahkan dua jari tangan kiri ke arah mata lawan.

    Saat perhatian lawan dialihkan dan dia berusaha untuk mengelak, maka secara bersamaan serang dengan pukulan siku pada bagian ulu hatinya dan disusul dengan tendangan samping.

Gambar 4.6 Aktivitas pembelajaran menggoyahkan pertahanan lawan

Untuk mengalihkan perhatian lawan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara selain yang dicontohkan tadi, misalnya dengan menendang kaki, melangkah maju sambil memukul sebagai pancingan.

    Aktivitas Pembelajaran Melakukan Serangan Pendahuluan

Bentuk latihan untuk untuk meningkatkan kemampuan penyerangan dalam seni bela diri pencak silat sebaiknya dilakukan secara berpasangan. Ingatkan peserta didik agar saling memberi dan menerima saran dari teman. Berikut ini akan diperlihatkan cara latihan berpasangan sebagai berikut.

    Pilihlah pasangan yang seimbang

    Berdiri berhadapan dengan jarak 1 meter

    Lakukan gerak memukul dan menangkis secara perlahan, setelah bentuk gerkan sudah bagus baru diberi kekuatan
 

Gambar 4.7 Aktivitas pembelajaran jurus melakukan serangan pendahuluan

Satu hal yang perlu diingat dalam melakukan latihan ini, peserta didik harus diingatkan untuk saling menjaga agar selama latihan jangan sampai terjadi cedera. Sikap peserta didik selama latihan harus betul-betul diperhatikan, misalnya jangan sampai peserta didik mengejek atau mencemooh gerakan pasangan. Bila pasangan latihan melakukan kesalahan berikanlah saran perbaikan.

    Aktivitas Pembelajaran Mengelak dari Pukulan Lawan

Dalam bela diri pencak silat salah satu bentuk pertahanan adalah dengan mengelak, gerak mengelak ini lebih dianjurkan daripada gerak menangkis, salah satu bentuk gerakan mengelak dengan cara silat sebagai berikut.

    Mengelak dengan cara menyeret langkah ke berbagai posisi

    Mengelak dengan memiring badan

Gambar 4.8 Aktivitas pembelajaran
mengelak dari pukulan lawan

Latihan mengelak ini sebaiknya ditugaskan berlatih secara berpasangan, satu hal yang perlu diingat dalam latihan mengelak adalah perhatian tidak boleh lepas dari lawan.

    Aktivitas Pembelajaran Mengelak dari Tendangan Lawan

Jenis elakan sangat dipengaruhi oleh jenis serangan yang diberikan lawan, ada yang mengelak dari pukulan, mengelak dari pukulan siku, mengelak dari tendangan. Berikut ini akan mempelajari tentang cara melakukan gerakan aktivitas pembelajaran mengelak dari tendangan lawan dalam pencak silat sebagai berikut.

(1) Latihan dilakukan secara berpasangan

(2) Lakukan sikap pasang.

(3) Elakkan tendangan lawan dengan melangkahkan kaki kanan serong kanan depan.

(4) Sesaat setelah mengelak lakukan pukulan ke arah lipatan paha atau perut dengan tangan atau kaki.


Gambar 4.9 Aktivitas pembelajaran mengelak
dari tendangan lawan


Dalam melaksanan latihan ini, yang sangat berperan adalah kemampuan dalam menggeser langkah ke berbagai posisi. Pola latihan yang dapat diterapkan adalah pertama dilakukan dengan gerak yang pelan, setelah bentuk gerakan sudah bagus baru diberi tenaga.





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r