Langsung ke konten utama

Aktivitas bela diri kelas 8

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR 1  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             : 198411162015071345
Kelas                           : 8
Pertemuan Ke              : 1

Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin


Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pembelajaran, siswa diharapkan dengan benar dapat :

1.         Menghargai perilaku sportif

2.         Percaya diri dan berani dalam melakukan berbagai aktivitas jasmani serta menerapkannya

3.         Menyebutkan konsep variasi seni gerak spesifik tangkisan menggunakan satu lengan (luar, dalam, atas, dan bawah)

4.         Menyebutkan konsep variasi seni gerak spesifik tangkisan dua lengan (sejajar dua lengan atas silang tinggi dua tangan, dan silang bawah dua tangan)

5.         Menyebutkan konsep variasi seni gerak spesifik tangkisan (siku dalam tinggi, siku dalam rendah,siku luar tinggi, dan siku luar rendah)

6.         Menyebutkan konsep variasi seni gerak spesifik tangkisan (tutup samping dengan kaki dan tutup depan dengan kaki),

7.         Menyebutkan konsep wiralaga seni gerak spesifik pencak silat

8.         Memperaktikkan variasi seni gerak spesifik tangkisan menggunakan satu lengan ( luar, dalam, atas, dan bawah )

9.         Memperaktikkan variasi seni gerak spesifik tangkisan dua lengan (sejajar dua lenganatas silang tinggi dua tangan, dan silang bawah dua tangan)

10.     Memperaktikkan variasi seni gerak spesifik tangkisan (siku dalam tinggi,: siku dalam, rendah,siku luar tinggi,dan siku luar rendah)

11.     Memperaktikkan variasi seni gerak spesifik tangkisan, (tutup samping dengan kaki dan tutup depan dengan kaki,)

12.     Memperaktikkan wiralaga seni gerak spesifik pencak silat

 

Pembelajaran Seni Beladiri melalui Aktivitas Pencak Silat

 

Pencak silat atau silat adalah suatu seni beladiri tradisional yang berasal dari Indonesia. Seni beladiri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina Selatan, dan Thailand Selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa di nusantara. Berkat peranan para pelatih asal Indonesia, kini Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak silat Indonesia (IPSI). Organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persekutuan Pencak silat Antara Bangsa (Persilat), yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Pencak silat adalah olahraga beladiri yang memerlukan banyak konsentrasi. Ada pengaruh budaya Cina, agama Hindu, Budha, dan Islam dalam pencak silat. Biasanya setiap daerah di Indonesia mempunyai aliran pencak silat yang khas. Misalnya, daerah Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih dan di Jawa Timur ada aliran Perisai Diri. Setiap empat tahun

 di Indonesia ada pertandingan pencak silat tingkat nasional dalam Pekan Olahraga Nasional. Pencak silat juga dipertandingkan dalam SEA Games sejak tahun 1987. Di luar Indonesia juga ada banyak penggemar pencak silat seperti di Australia, Belanda, Jerman, dan Amerika.
Di tingkat nasional olahraga melalui permainan dan olahraga pencak silat menjadi salah satu alat pemersatu nusantara, bahkan untuk mengharumkan nama bangsa, dan menjadi identitas bangsa.. Olahraga pencak silat sudah dipertandingkan di skala internasional. Di Indonesia banyak sekali aliran-aliran dalam pencak silat, dengan banyaknya aliran ini menunjukkan kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indonesia dengan nilai-nilai yang ada di dalamnya.

A. Gerak Spesifik Tangkisan Beladiri Pencak Silat

 

1.    Aktivitas tangkisan luar dengan satu tangan

Tahapan Pembelajaran

(1)    Posisi awal: berdiri tegak menghadap arah pukulan, kedua lengan mengepal depan dada, kedua kaki rapat, kedua telapak kaki membentuk sudut ± 450.
(2)    Gerakan: saat pukulan datang dari arah depan lurus sejajar dada, lakukan gerakan lengan ke arah luar badan bersamaan kaki kiri ditarik ke belakang, dan posisi siku tertekuk. (lihat Gambar 4.1).
 

        
Gambar 4.1 Tangkisan luar dengan satu tangan.

 

2.    Aktivitas tangkisan dalam dengan satu tangan
 

Tahapan Pembelajaran

(1) Posisi awal: berdiri tegak menghadap arah pukulan, kedua lengan mengepal depan dada, kedua kaki rapat, kedua telapak kaki membentuk sudut ± 450.

(2)    Gerakan: saat pukulan datang dari arah depan lurus sejajar dada, lakukan gerakan lengan ke arah dalam badan bersamaan kaki kiri ditarik ke belakng, dan posisi sikut tertekuk (Lihat Gambar 4.2).
 


Gambar 4.2

Tangkisan dalam dengan satu tangan.

3.  Aktivitas  Tangkisan  Atas  dengan               
               
Satu Tangan                    Arah   
Tahapan Pembelajaran                pukulan   
                   
(1) Posisi    awal:    berdiri    tegak               
menghadap  arah    pukulan,    kedua               
lengan mengepal depan dada, kedua               
kaki  rapat,  kedua  telapak  kaki               
membentuk sudut ± 45o.                   
(2) Gerakan: saat pukulan datang dari               
arah atas, lakukan gerakan lengan        1    2   
ke arah atas badan bersamaan kaki               
kiri maju ke depan, dan posisi siku        Gambar 4.3 Tangkisan atas dengan satu tangan.   
tertekuk, (lihat Gambar: 4.3).                   


4.    Aktivitas Tangkisan Bawah dengan Satu Tangan

 

Tahapan Pembelajaran

(1)    Posisi awal: berdiri tegak menghadap arah pukulan, kedua lengan mengepal depan dada, kedua kaki rapat, kedua telapak kaki membentuk sudut ± 45o.
(2)    Gerakan: saat pukulan datang dari arah depan bawah, lakukan gerakan

lengan    keaarah    bawah    badan

bersamaan kaki kiri dilangkahkan ke samping dan lututu direndahkan, sedangkanlutut kaki kanan lurus, posisi sikut tertekuk. (lihat Gambar: 4.4).
 

Gambar 4.4 Tangkisan bawah dengan satu tangan.

 
5.  Aktivitas Tangkisan Atas Sejajar Dua Tangan       
Tahapan Pembelajaran                Arah   
(1) Posisi  awal:    berdiri    tegak        pukulan   
                   
menghadap    arah    pukulan,           
kedua    lengan    mengepal           
depan    dada,    kedua    kaki           
rapat,  kedua    telapak    kaki           
membentuk sudut ± 45o.           
(2) Gerakan:saat    pukulan           
datang    dari    arah    atas,    1    2   
lakukan    gerakan    lengan           
                   
ke  arah    depan    atas    badan  Gambar 4.5 Tangkisan atas    sejajar dua tangan.   

bersamaan kaki kiri mundur ke belakang, dan posisi siku tertekuk, (lihat Gambar 4.5).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r