Langsung ke konten utama

Guling Depan Awalan Ber diri Kelas 8

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 8

Kopetensi Dasar           :

4.6 3 & 4Siswa Mampu Menjelaskan dan Mempraktikan variasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak spesifik meroda dan guling Depan. 


tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah :
 
1. Siswa mampu menjelaskan  macam macam gerakan guling depan, dengan baik.
2. Siswa mampu Mempraktikan macam macam  gerakan guling depan, dengan baik.

Pengertian Roll Depan: Teknik Dasar Dan Manfaatnya bagi Tubuh



Gerakan roll depan, teknik dasar dan manfaatnya bagi tubuh, perlu untuk Anda ketahui (Foto: Wikihow)

Roll depan merupakan suatu kegiatan dalam olahraga senam yang berfungsi untuk membentuk badan yang kuat, terutama bagian punggung. Selain itu roll depan digunakan untuk melatih konsentrasi dan kemampuan siswa setelah melakukan roll depan.

Roll depan pada hakikatnya merupakan rangkaian teknik bergerak. Tujuannya agar tubuh melakukan gerak berguling atau menggelinding ke depan seperti halnya bola. Fungsi utamanya untuk memperkuat tubuh, terutama bagian punggung. 


Gerakan roll depan dapat dilakukan dengan awalan posisi jongkok maupun berdiri. Maka, gerakan roll depan menjadi penting sehingga dapat dikembangkan dan dikombinasikan dengan gerakan lainnya. 

Meski ini merupakan senam lantai tanpa alat tapi, namun tetap dibutuhkan satu-satunya peralatan yakni permukaan yang nyaman. Gerakan ini bisa dilakukan di atas rumput, pasir, maupun alas khusus. 


Cara melakukan roll depan dapat dibagi dua dengan menggunakan dua jenis awalan yaitu posisi jongkok dan berdiri. Urutan perkenaan anggota tubuh di matras saat melakukan roll depan diawali dari tengkuk, punggung, pinggang, dan diikuti oleh panggul. 

Cara melakukan roll depan dari posisi jongkok (Foto: Wikihow)
Cara melakukan roll depan dari posisi jongkok (Foto: Wikihow)

Cara melakukan Roll Depan Dengan Posisi Berdiri:

  1. Pertama dari posisi berdiri, lalu bungkukkan badan dan tempelkan kedua tangan ke lantai.
  2. Kepala ditundukkan hingga dagu menempel di dada.
  3. Posisi badan direndahkan kedua siku tangan akan tertekuk sampai membentuk sudut 45 derajat.
  4. Lakukan tolakan dengan menggunakan pergelangan kaki, sebelum tulang punggung atau pangkal leher menyentuh lantai, kedua tangan jadi penahan tubuh sementara dan perlahan-lahan menurunkan tubuh. 
  5. Apabila tubuh sudah menggelinding ke depan, kedua telapak kaki menapak lantai, tubuh harus segera didorong untuk bangkit berdiri seperti posisi awal.
Teknik dasar roll depan dari posisi berdiri (Foto: Wordpress)
Teknik dasar roll depan dari posisi berdiri (Foto: Wordpress)

Manfaat Gerakan Roll Depan untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh:

  1. Membakar kalori. Gerakan senam lantai khusus roll depan dapat bermanfaat dalam membakar kalori karena membuat tubuh berkeringat. 
  2. Menguatkan tulang. Gerakan roll depan sejatinya dapat membuat tulang jadi kuat karena terdapat putaran yang dilakukan searah dengan bentuk tulang manusia. Apabila dilakukan dengan benar akan dapat menguatkan tulang.
  3. Melenturkan tubuh. Gerakan roll depan dapat juga bermanfaat meningkatkan kelenturan tubuh. Bila dilakukan rutin, niscara semakin mudah melakukannya. Itu adalah tanda badan sudah semakin lentur. 

Soal Latihan

1. Jelaskan Pengertian Guling Depan awalan berdiri

2. Apakah Manfaat Melakukan Gerakan rol Depan?

 

Terimakasih telah mempelajari materi hari ini,semoga bermanfaat .
wasalamualaikum Wr Wb

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r