Langsung ke konten utama

SENAM LANTAI MERODA,Kelas 8

Gerakan Meroda: Pengertian, Teknik Dasar, dan Manfaat Kompas.com - 03/04/2021, 18:05 WIB Ilustrasi gerakan meroda pada senam ketangkasan. Lihat Foto Ilustrasi gerakan meroda pada senam ketangkasan.(Dok. Kemdikbud)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gerakan Meroda: Pengertian, Teknik Dasar, dan Manfaat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sports/read/2021/04/03/18050048/gerakan-meroda-pengertian-teknik-dasar-dan-manfaat?page=all.
Penulis : Ervan Yudhi Tri Atmoko
Editor : Ervan Yudhi Tri Atmoko

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

 

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 8


Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin
Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? dan semoga kalian solat subuh semua yaa?

Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh.dan juga sudah melaksanakan solat sunah solat duha ya?

Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.


tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah :
1. Siswa mampu menjelaskan  macam macam gerakan senam lantai, dengan baik.
2. Siswa mampu Mempraktikan macam macam  gerakan senam lantai, dengan baik.


MATERI

SENAM LANTAI


A.Pengertian Senam Lantai

Senam lantai adalah satu dari rumpun senam. Sesuai dengan istilah lantai, gerakangerakan/ bentuk latihannya dilakukan di lantai. Jadi, lantai/matraslah yang merupakan alat yang dipergunakan. Senam lantai disebut juga dengan istilah latihan bebas karena tidak mempergunakan benda-benda atau perkakas lain pada saat menjalankannya. 

Tujuan melakukan senam lantai selain peningkatan melakukan bentuk-bentuk latihan  senam lantai sendiri adalah juga sebagai latihan yang kelak mempermudah melakukan bentuk latihan/gerakan senam dengan alat. Bentuk-bentuk latihan senam lantai bermacam-macam gerakannya.

B. Aktivitas Senam Lantai

1. Aktivitas Meroda

Meroda ( Radschlag) yaitu suatu gerakan ke arah samping yang menggunakan tumpuan kedua tanggan dan kaki dibuka lebar dengn putaran 90 derajat. Gerakan senam lantai ini dapat di lakukan ke arah samping kanan maupun kiri gerakan senam lantai ini membutuh kan kordinasi dan ketepatan gerak yang baik.pada gerakan senam lantai ini beban yang ditanggung relative lebih kecil dikarenakan pada saat melakukan tumpuan relative lebih singkat.

A. Cara melakukan gerakan meroda :


1. TAHAP AWAL
a. Sikap posisi tubuh berdiri menghadap kedepan
b. Tangan direntangkan keatas kaki siap untuk melaukan awalan langkah

2. TAHAP PELAKSANAAN

Gerakan di awali dengan mengayunkan kaki kedepan sebagai tolakan, kaki yang digunakan bebas baik kaki kiri maupun kanan, apabila gerakan di dahului menggunakan tangan kiri letakkan tangan telapak kiri pada matras dilanjut dengan kaki kanan terangkat ke atas hingga dalam keadaan lurus sehingga tubuh berdiri dengan kedua tangan.
Kaki kanan terangkat dengan segera beriringan dengan tanggan kiri terangkat kaki kanan diiringi kaki kanan mendarat.

3. Tahap Akhir

Posisi tubuh dalam keadaan menyamping dan posisi kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan direntangkan ke atas di samping telingga

B. Bentuk Latihan Meroda  

1 . Latihan dilakukan dengan awal gerakan berdiri menggunakan kedua tangan atau handstand yang dibantu oleh teman.

2. Dilanjutkan dengan gerakan membuka kedua kaki lebar, lalu menjatuhkan kaki kanan atau kiri ke arah sebelah kanan secara perlahan berdiri tegak dengan tangan lurus terbuka.

C. Cara memberikan bantuan pada teman

1. Seorang teman berdiri di bagian belakang orang yang akan melakukan gerakan.
2. Pada saat melakukan gerakan meroda kedua kaki berada di atas dan teman membantu dengan memegang pinggul.
3. Dilanjutkan dengan melakukan gerakan ke arah samping dan teman yang membantu tetap memegang pinggul sampai kaki menumpu di lantai.

D. Kesalahan kesalahan pada saat melakukan gerakan meroda

1. Ayunan kaki kurang kuat
2. Ayunan kaki tidak keatas tapi membusur ke arah depan
3. Pada penempatan telapak tangan sebagai penumpu terlalu dekat dengan kaki
4. Posisi kedua siku bengkok
5. Posisi kepala ketika tangan menumpu kurang menengadah
6. Pada saat melakukan pendaratan kaki terakhir terlalu dekat dengan kaki yang pertama mendarat.



 

Gerakan Meroda: Pengertian, Teknik Dasar, dan Manfaat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gerakan Meroda: Pengertian, Teknik Dasar, dan Manfaat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/sports/read/2021/04/03/18050048/gerakan-meroda-pengertian-teknik-dasar-dan-manfaat?page=all.
Penulis : Ervan Yudhi Tri Atmoko
Editor : Ervan Yudhi Tri Atmoko

Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r