Langsung ke konten utama

Lempar cakram kelas 9

 

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             : 198411162015071345
Kelas                           : 9
Pertemuan Ke              : 16

Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin


Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.
 
Tujuan Pembelajatan : 

INDIKATOR    MATERI

Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak dasar lempar cakram.

Menjelaskan berbagai kombinasi gerak dasar lempar cakram.

Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak dasar lempar cakram

Melakukan berbagai kombinasi gerak dasar lempar cakram.

Menggunakan berbagai kombinasi gerak dasar lempar cakram dalam bentuk bermain sederhana dan dengan peraturan yang dimodifikasi.

Tujuan Pembelajaran

-           Mengidentifikasikan berbagai kombinasi gerak dasar lempar cakram.

-           Menjelaskan berbagai kombinasi gerak dasar lempar cakram.

-           Menjelaskan cara melakukan berbagai kombinasi gerak dasar lempar cakram

-           Melakukan berbagai kombinasi gerak dasar lempar cakram.

-           Menggunakan berbagai kombinasi gerak dasar lempar cakram dalam bentuk bermain sederhana dan dengan peraturan yang dimodifikasi.

 Materi Pembelajaran

Lempar cakram

Lempar cakram adalah salah satu nomor lempar dalam cabang olahraga atletik. Pada acara Olimpiade sejak 708 Sebelum Masehi, lempar cakram merupakan bagian dalam pancalomba (pentatlon). Pada permulaannya, cakram terbuat dari batu terupam halus, dan kemudian dari perunggu yang dicor dan ditempa. Cara melakukan lemparan pada mulanya menirukan nelayan yang melempar jaringnya berulang-ulang. Kemudian ditemukan lemparan dengan sikap badan menyiku secara khusus dengan badan agak bersandar ke depan.

Dalam suatu perlomban atletik nomor lempar cakram, atlet yang dinyatakan juara adalah yang mendapat lemparan terjauh. Untuk memperoleh lemparan yang sejauh-jauhnya maka harus melempar dengan kecepatan maksimal, mengerahkan tenaga sebesar mungkin, dan mengambil sudut lemparan yang baik/benar yaitu lebih kurang 45º.

3.    Alat dan Sektor/Lapangan Lempar Cakram a) Alat

Bahan cakram terbuat dari kayu atau bahan lain dengan bingkai dari metal. Bingkai berbentuk lingkaran penuh, dan tepat di tengah-tengah cakram ada beban yang dapat dilepas-pindahkan.

Ukuran cakram

    Berat cakram untuk putra: 2 kg dengan garis tengah: 219-221 mm.

    Berat cakram untuk putri: 1 kg dengan garis tengah: 180-182 mm.

    Sektor/Lapangan Lempar Cakram

(1) Lingkaran untuk melempar berdiameter 2,50 meter dalam perlombaan yang resmi terbuat dari metal atau baja.

(2) Permukaan lantai tempat melempar harus datar dan tidak licin, terbuat dari semen, aspal, dan lain-lain. Lingkaran lemparan dikelilingi oleh sangkar/pagar kawat untuk menjamin keselamatan petugas, peserta, dan penonton.

(3) Bentuk huruf seperti huruf C, dengan diameter 7 meter, mulut 3,3 meter. Sektor lemparan dibatasi oleh garis yang berbentuk sudut 40 derajat di pusat lingkaran

    Aktivitas Pembelajaran Kombinasi Gerakan Lempar Cakram 1) Aktivitas Pembelajaran Cara Memegang Cakram

Berikut ini peserta didik akan mempelajari tentang cara memegang cakram lempar cakram sebagai berikut.

    Cakram dipegang dengan disangga oleh jari-jari tangan dan menekuk ruas pertama/paling ujung tiap-tiap jari (kecuali ibu jari).

    Jarak antara jari yang satu dengan jari lainnya agak renggang.

    Badan cakram menempel pada telapak tangan tepat pada titik berat cakram atau sedikit agak ke belakang.


Gambar 3.20 Aktivitas pembelajaran cara memegang cakram
    Aktivitas Pembelajaran Persiapan Awal Melempar Cakram

Gerakan persiapan awal melempar cakram sebagai berikut.

    Aktivitas pembelajaran diawali dengan mengambil posisi membelakangi sektor lemparan.

    Kemudian kaki renggang selebar badan, lutut sedikit ditekuk, berat badan berada di kedua kaki.

    Selanjutnya cakram diayun-ayunkan ke kanan belakang dan kemudian ke kiri berulang-ulang dengan tujuan untuk mengatur konsentrasi.


Gambar 3.21 Aktivitas pembelajaran gerakan persiapan awal melempar cakram


3) Aktivitas Pembelajaran Awalan Berputar Melempar Cakram

Aktivitas pembelajaran gerakan awalan berputar melempar cakram sebagai berikut.

    Posisi awal berdiri, kaki direnggangkan selebar bahu, dan membelakangi arah lemparan.

    Pegang cakram dengan tangan kanan dan letakkan di bahu kiri.

    Gerakan diawali dengan meliukkan badan ke kiri dan ke kanan 2 kali.

    Pada liukan ketiga putar badan hingga menghadap arah lemparan sambil melepaskan cakram dari tanganmu.

    Gerakan terakhir langkahkan kaki kanan untuk menjaga keseimbangan.Gambar 3.22 Aktivitas pembelajaran gerakan awal berputar melempar cakram

    Bentuk-bentuk Aktivitas Pembelajaran Lempar Cakram

    Aktivitas Pembelajaran 1

Peragaan cara melakukan aktivitas pembelajaran 1 gerakan melempar cakram sebagai berikut.

    Posisi awal berdiri posisi melangkah, kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, dan badan sedikit condong ke depan.

    Pegang cakram dengan tangan kanan dan diletakkan di bahu kiri.

    Ayunkan lengan lempar dari belakang ke depan, gelindingkan cakram di tanah pada satu garis lurus serta perlu diperhatikan lengan lempar harus lurus.


Gambar 3.23 Aktivitas pembelajaran 1 lempar cakram

Demikian pertemuan kali ini

semoga bermanfaat
wasalamualaikum Wr Wb
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis