Langsung ke konten utama

Prosedural Variasi Gerak Rangkaian, kelas 8

 

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 8

Kopetensi Dasar           :..

3.7.1    Menyebutkan konsep prosedural variasi gerak langkah kaki berbentuk rangkaian (biasa, rapat, dan keseimbangan)

3.7.2    Menyebutkan konsep variasi procedural gerak ayunan lengan .berbentuk rangkaian (satu lengan depan pelakang, depan ke samping, ke samping bersamaan memindahkan berat badan)

Menyebutkan konsep variasi procedural rangkaian gerak langkah dan ayunan  lengan 


tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah :
 
1. Siswa mampu menjelaskan  macam macam gerakan Ayunan dari depan kesamping dan memindahkan berat badan badan dengan baik.
2. Siswa mampu Mempraktikan macam macam  gerakan ayunan tangan kesamping dan memindahkan berat badan, dengan baik.
 

Aktivitas Memutar Satu Lengan


Tahapan Pembelajaran

 

(1)   Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus ke depan, pandangan ke depan.

 

(2)   Gerakan: hitungan 1-2 putar lengan

 

kiri, melalui bawah

ke kiri, lengan kanan       1-2-3-4                                                        5-6-7-8

tetap lurus ke depan    Gambar 7.14 Memutar satu lengan.

 

bersamaan     kedua

lutut kaki mengeper, hitungan 3-4, putar lengan kanan melalui bawah ke kanan bersamaan kedua lutut kaki mengeper, berakhir kedua lengan terentang, hitungan 5-6, putar lengan kiri kembali ke depan, hitungan 7-8, putar lengan kanan kembali ke depan. Ulangi aktivitas ini 6 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau 3/4, (lihat Gambar 7.14).

 

9.  Aktivitas Memutar Satu Lengan

 

 

 

Tahapan Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 


 

 

(1) Persiapan:

berdiri

tegak

 

 

 

 

langkah

kaki

kiri,

kedua

 

 

 

 

lengan

lurus

ke

atas,

 

 

 

 

pandangan ke depan.

 

 

 

 

 

(2) Gerakan: hitungan 1, putar

 

 

 

 

lengan kiri, dari atas melalui

 

 

 

 

samping,

ke

dalam  dan

 

 

 

 

kembali  ke

atas,  hitungan

 

 

 

 

2, putar lengan kanan satu

 

 

 

 

lingkaran dari atas melalui

 

 

 

 

samping. Ulangi aktivitas ini

 

1

2

 

8 x 2 hitungan dan gunakan

 

 

 

 

 

 

maat  4/4

atau

3/4,

(lihat

Gambar 7.15 Memutar satu lengan.

 

 

Gambar 7.15)

 

10. Aktivitas Memutar Satu Lengan

 

Tahapan Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

(1) Persiapan:

berdiri

 

 

 

tegak

langkah  kaki

 

 

 

kiri,

kedua

lengan

 

 

 

lurus

ke

atas,

 

 

 

pandangan ke depan.

 

 

 

(2) Gerakan: hitungan 1

 

 

 

putar lengan kiri satu

 

 

 

putaran, belakang di

1

2

 

samping badan, dan

 

 

 

 

kembali lurus ke atas,

 

 

 

hitungan   2,

putar  Gambar 7.16 Memutar satu lengan.

 

 

lengan kanan satu lingkaran melalui depan, belakang di samping badan, dan kembali lurus ke atas. Ulangi aktivitas ini 8 x 2 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau 3/4, (lihat Gambar 7.16).

Dalam pembelajaran dapat dilakukan pemberian skor, baik yang dilakukan sesama teman ( peer teaching) atau diri sendiri (self assessment), dengan aspek yang diamati sebagai berikut:

 

(1)  Bekerja sama saat belajar kebugaran

 

(2)  Dapat melakukan posisi awal gerak langkah biasa,

 

(3)  Dapat melakukan gerak langkah biasa,

 

(4)  Dapat melakukan gerak akhir langkah biasa,

 

(5)  Dapat melakukan gerakan ayunan satu lengan,

 

(6)  Bertanggung jawab.

 

Kriterianya adalah:

 

(a)  4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai gerakan.

 

(b)  3 = sering, apabila sering melakukan sesuai gerakan dan kadang-kadang tidak melakukan.

 

(c)  2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.

 

(d)  1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis