Satuan Pendidikan : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG
Guru Mapel : Andi Prayogo,S.Pd
NIK : 198411162015071345
Kelas : 8
Kopetensi Dasar :..
3.7.1 Menyebutkan konsep prosedural variasi gerak langkah kaki berbentuk rangkaian (biasa, rapat, dan keseimbangan)
3.7.2 Menyebutkan konsep variasi procedural gerak ayunan lengan .berbentuk rangkaian (satu lengan depan pelakang, depan ke samping, ke samping bersamaan memindahkan berat badan)
Menyebutkan konsep variasi procedural rangkaian gerak langkah dan ayunan lengan
tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 1. Siswa mampu menjelaskan macam macam gerakan Ayunan dari depan kesamping dan memindahkan berat badan badan dengan baik.2. Siswa mampu Mempraktikan macam macam gerakan ayunan tangan kesamping dan memindahkan berat badan, dengan baik.
Aktivitas
Memutar Satu Lengan
Tahapan Pembelajaran
(1) Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri,
kedua lengan lurus ke depan, pandangan ke depan.
(2)
Gerakan:
hitungan 1-2 putar lengan
kiri, melalui bawah
ke kiri, lengan kanan 1-2-3-4 5-6-7-8
tetap
lurus ke depan Gambar 7.14 Memutar
satu lengan.
bersamaan kedua
lutut
kaki mengeper, hitungan 3-4, putar lengan kanan melalui bawah ke kanan
bersamaan kedua lutut kaki mengeper, berakhir kedua lengan terentang, hitungan
5-6, putar lengan kiri kembali ke depan, hitungan 7-8, putar lengan kanan
kembali ke depan. Ulangi aktivitas ini 6 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau
3/4, (lihat Gambar 7.14).
9. Aktivitas Memutar Satu Lengan
Tahapan Pembelajaran
(1) Persiapan:
berdiri
tegak
langkah
kaki
kiri,
kedua
lengan
lurus
ke
atas,
pandangan ke depan.
(2) Gerakan:
hitungan 1, putar
lengan kiri, dari atas
melalui
samping,
ke
dalam dan
kembali ke
atas, hitungan
2, putar lengan kanan satu
lingkaran dari atas melalui
samping. Ulangi aktivitas
ini
1
2
8 x 2 hitungan dan gunakan
maat 4/4
atau
3/4,
(lihat
Gambar 7.15 Memutar satu lengan.
Gambar 7.15)
10. Aktivitas
Memutar Satu Lengan
Tahapan
Pembelajaran
(1)
Persiapan:
berdiri
tegak
langkah kaki
kiri,
kedua
lengan
lurus
ke
atas,
pandangan ke depan.
(2) Gerakan: hitungan 1
putar lengan kiri satu
putaran, belakang di
1
2
samping badan, dan
kembali
lurus ke atas,
hitungan 2,
putar Gambar 7.16 Memutar satu lengan.
lengan
kanan satu lingkaran melalui depan, belakang di samping badan, dan kembali
lurus ke atas. Ulangi aktivitas ini 8 x 2 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau
3/4, (lihat Gambar 7.16).
Dalam pembelajaran dapat dilakukan pemberian skor, baik yang
dilakukan sesama teman ( peer teaching) atau diri sendiri (self
assessment), dengan aspek yang diamati sebagai berikut:
(1)
Bekerja
sama saat belajar kebugaran
(2)
Dapat
melakukan posisi awal gerak langkah biasa,
(3)
Dapat
melakukan gerak langkah biasa,
(4)
Dapat
melakukan gerak akhir langkah biasa,
(5)
Dapat
melakukan gerakan ayunan satu lengan,
(6)
Bertanggung
jawab.
Kriterianya adalah:
(a)
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai gerakan.
(b) 3 = sering, apabila sering
melakukan sesuai gerakan dan kadang-kadang tidak melakukan.
(c) 2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
(d)
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan.
Aktivitas Memutar Satu Lengan
Tahapan Pembelajaran
(1) Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus ke depan, pandangan ke depan.
(2) Gerakan: hitungan 1-2 putar lengan
kiri, melalui bawah
ke kiri, lengan kanan 1-2-3-4 5-6-7-8
tetap lurus ke depan Gambar 7.14 Memutar satu lengan.
bersamaan kedua
lutut kaki mengeper, hitungan 3-4, putar lengan kanan melalui bawah ke kanan bersamaan kedua lutut kaki mengeper, berakhir kedua lengan terentang, hitungan 5-6, putar lengan kiri kembali ke depan, hitungan 7-8, putar lengan kanan kembali ke depan. Ulangi aktivitas ini 6 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau 3/4, (lihat Gambar 7.14).
9. Aktivitas Memutar Satu Lengan |
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Tahapan Pembelajaran |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(1) Persiapan: |
berdiri |
tegak |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
langkah |
kaki |
kiri, |
kedua |
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
lengan |
lurus |
ke |
atas, |
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
pandangan ke depan. |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
(2) Gerakan: hitungan 1, putar |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
lengan kiri, dari atas melalui |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
samping, |
ke |
dalam dan |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
kembali ke |
atas, hitungan |
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2, putar lengan kanan satu |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
lingkaran dari atas melalui |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
samping. Ulangi aktivitas ini |
|
1 |
2 |
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 x 2 hitungan dan gunakan |
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
maat 4/4 |
atau |
3/4, |
(lihat |
Gambar 7.15 Memutar satu lengan. |
|
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Gambar 7.15)
10. Aktivitas Memutar Satu Lengan
lengan kanan satu lingkaran melalui depan, belakang di samping badan, dan kembali lurus ke atas. Ulangi aktivitas ini 8 x 2 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau 3/4, (lihat Gambar 7.16). Dalam pembelajaran dapat dilakukan pemberian skor, baik yang dilakukan sesama teman ( peer teaching) atau diri sendiri (self assessment), dengan aspek yang diamati sebagai berikut:
(1) Bekerja sama saat belajar kebugaran
(2) Dapat melakukan posisi awal gerak langkah biasa,
(3) Dapat melakukan gerak langkah biasa,
(4) Dapat melakukan gerak akhir langkah biasa,
(5) Dapat melakukan gerakan ayunan satu lengan,
(6) Bertanggung jawab.
Kriterianya adalah:
(a) 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai gerakan.
(b) 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai gerakan dan kadang-kadang tidak melakukan.
(c) 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan.
(d) 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan. |
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar