Langsung ke konten utama

C. Prosedural Variasi Gerak Rangkaian kaki,Kelas 8

 

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 8

Kopetensi Dasar           :

3.7.1    Menyebutkan konsep prosedural variasi gerak langkah kaki berbentuk rangkaian (biasa, rapat, dan keseimbangan)

3.7.2    Menyebutkan konsep variasi procedural gerak ayunan lengan .berbentuk rangkaian (satu lengan depan pelakang, depan ke samping, ke samping bersamaan memindahkan berat badan)

Menyebutkan konsep variasi procedural rangkaian gerak langkah dan ayunan  lengan 


tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah :
 
1. Siswa mampu menjelaskan  macam macam gerakan Ayunan dari depan kesamping dan memindahkan berat badan badan dengan baik.
2. Siswa mampu Mempraktikan macam macam  gerakan ayunan tangan kesamping dan memindahkan berat badan, dengan baik.
 
 
Materi

C. Prosedural Variasi Gerak Rangkaian

 

Variasi adalah melakukan beberapa bentuk gerak prosedural dengan berbagai cara, seperti: melakukan prinsip dasar langkah, dan ayunan lengan, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.

 

Akhir dari pembelajaran variasi dan kombinasi prinsip dasar ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan penanaman nilai disiplin, menghargai perbedaan, tanggung jawab, dan kerja sama.

 

Selama kegiatan pembelajaran peserta didik diberikan kesempatan mengemukakan kesulitan atau menanyakannya pada guru atau teman. Jawaban ari mereka dijadikan untuk memperbaiki dan mengatasi kesulitan yang dialaminya. Berikut bentuk pembelajarannya.

 

1.   Aktivitas Langkah Kaki ke Depan dan Belakang

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)

Persiapan: berdiri tegak langkah

 

 

 

 

kaki kiri, kedua lengan lurus

 

 

 

 

di samping badan, pandangan

 

 

 

 

ke depan.

 

 

 

(2)

Gerakan:  hitungan  1  lang-

 

 

 

 

kahkan  kaki  kiri  ke  depan.

1 - 2

 

 

 

Hitungan 2, tarik kaki kanan

3 - 4

 

 

dan dekatkan pada kaki kiri.

Gambar 7.7 Langkah kaki ke depan dan belakang:.

 

 

Hitungan 3, langkahkan kaki

 

 

 

kanan ke belakang. Hitungan 4, tarik kaki kiri dan dekatkan pada kaki kanan. Hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 3 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4. (lihat Gambar 7.7).

 

2.  Aktivitas Langkah Kaki ke Samping

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)

Persiapan: berdiri tegak

 

 

 

 

 

langkah kaki kiri, kedua

 

 

 

 

 

lengan lurus di samping

 

 

 

 

 

badan,  pandangan

ke

 

 

 

 

 

depan.

 

 

 

 

 

(2)

Gerakan:  hitungan

1

1 - 2

3 - 4

 

 

langkahkan kaki kiri ke

 

 

samping kiri, hitungan 2,

 

 

 

 

 

Gambar 7.8 Langkah kaki ke samping.

 

 

 

tarik kaki ujung kanan

 

 

 

 

dan dekatkan pada kaki kiri, hitungan 3, langkahkan kaki kanan kembali ke kanan, hitungan 4, tarik ujung kaki kiri dan dekatkan pada kaki kanan, hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 3 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4. (lihat Gambar 7.8).

Aktivitas Menjulurkan Kaki ke Depan dan Belakang

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)   Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan.

 

(2)   Gerakan: hitungan 1 kaki kanan tetap, kaki kiri julurkan ke depan, hitungan 2, tarik kaki kiri kembali ke posisi awal, Hitungan 3, julurkan kaki kiri ke belakang, hitungan 4, tarik kembali kaki kiri ke posisi awal, hitungan 5, julurkan kaki kiri ke samping kiri, hitungan 6, tarik kembali kaki kiri ke posisi awal, Hitungan 7, angkat kedua tumit dengan kaki rapat, hitungan 8, turunkan tumit kembali pada posisi awal, lakukan gerakan ini dengan kaki kanan dengan hitungan 1 - 8 .Gunakan maat 4/4, (lihat Gambar 7.9).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2-4-6                         1                            3                            5                             7                       8

 

Gambar 7.9 Menjulurkan kaki ke depan dan belakang.

 

4.  Aktivitas Mengayunkan Kaki ke Depan dan Belakang

 

Tahapan Pembelajaran

 

 

 

(1) Persiapan: berdiri tegak langkah

 

 

 

kaki kiri, kedua lengan lurus di

 

 

 

samping badan, pandangan ke

 

 

 

depan.

 

 

 

(2) Gerakan: hitungan 1, ayun kaki

 

 

 

kiri  ke  belakang  lurus,  ujung

 

 

 

kaki plat, hitungan 2 , turunkan

1 - 2

3 - 4

 

kembali kaki kiri bersamaan lutut

 

Gambar 7.10

 

 

kaki kanan mengeper, hitungan 3,

Mengayunkan kaki ke depan dan belakang.

 

ayun kaki kanan ke belakang lurus,

ujung kaki plat, hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri mengeper, lakukan aktivitas gerak ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4, (lihat Gambar 7.10).

 

Aktivitas Mengayun Kaki ke Depan


 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)    Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan.

 

(2)     Gerakan: hitungan 1ayun kaki kiri ke depan lurus dan ujung kaki lurus


 

 

 

 

 

 

 

 

 

1-2 3-4

 

Gambar 7.11 Mengayun kaki ke depan.

 


(plat), hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan direndahkan (mengeper), hitungan 3, ayun kaki kanan ke depan lurus dan ujung kaki lurus (plat), hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri direndahkan (mengeper), hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4, (lihat Gambar 7.11).

 

6.  Aktivitas Mengayun Kaki ke Samping

 

Tahapan Pembelajaran

 

(1)

Persiapan: berdiri tegak

 

 

 

 

 

 

 

langkah kaki kiri, kedua

 

 

 

 

 

 

 

lengan lurus di samping

 

 

 

 

 

 

 

badan,  pandangan

ke

 

 

 

 

 

 

 

depan.

 

 

 

 

 

 

 

(2)

Gerakan:  hitungan

1,

1

2

3

4

 

 

ayun kaki kiri ke samping

 

 

 

 

 

Gambar 7.12 Mengayun kaki ke samping.

 

 

 

lurus dan ujung kaki lurus

 

 

 

 

 

 

(plat), hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan direndahkan (mengeper), hitungan 3, ayun kaki kanan ke samping lurus dan ujung kaki lurus (plat), hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri direndahkan (mengeper), hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4, (lihat Gambar 7.12).

 

7.      Aktivitas Mengangkat Paha Kiri ke Atas Tahapan Pembelajaran

 

(1)    Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan.

 

(2)    Gerakan: hitungan 1angkat paha kiri ke atas dengan lutut ditekuk membentuk sudut 900

 

Gambar 7.13 Mengangkat paha kiri ke atas.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r