Langsung ke konten utama

Soal latihan US Kelas,9 B, Kamis 7-4-2022

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 9 A


Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin
Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? dan semoga kalian solat subuh semua yaa?

Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh.dan juga sudah melaksanakan solat sunah solat duha ya?

Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.


UJIAN SEKOLAH ( US )

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

A.      Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d yang merupakan jawaban paling benar.

 

1.        Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepak bola.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan sepak bola adalah . . . .

 

A.        Mengumpan, menggiring, menahan, menembak ke gawang

B.        Menahan, mengumpan, menggiring, menembak ke gawang

C.        Mengumpan, menahan, menggiring, menembak ke gawang

D.        Menggiring, mengumpan, menahan, menembak ke gawang

 

2.        Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan bola voli.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola voli adalah . . .

 

 

A.        Servis, passing atas, passing bawah, smes, block

B.        Servis, passing atas, smes, passing bawah, block

C.        Servis, passing bawah, passing atas, block, smes

D.        Servis, passing bawah, passing atas, smes, block

 

3.        Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket adalah . . . .

 

A.        Melempar, menangkap, menggiring, menembak

B.        Melempar, menangkap, menggiring, pivot

C.        Menangkap, menggiring, pivot menembak

D.        Menggiring, menangkap, pivot, menembak

 

4.        Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan kasti.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan kasti adalah . . . .

 

A.        Melempar dan menangkap bola melambung

B.        Melempar dan menangkap bola lurus/mendatar

C.        Melempar dan menangkap bola rendah

D.        Melempar dan menangkap bola menggelundung

 

5.        Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan rounders.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan rounders adalah . . . .

 

A.        Melempar dan menangkap bola melambung

B.        Melempar dan menangkap bola lurus/mendatar

C.        Melempar dan menangkap bola rendah

D.        Melempar dan menangkap bola menggelundung

 

6.        Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis.

 

 


 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis adalah . . . .

 

A.        Servis panjang backhand dan pukulan forehand

B.        Servis panjang forehand dan pukulan backhand

C.        Servis pendek backhand dan pukulan forehand

D.        Servis pendek forehand dan pukulan backhand

 

7.        Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja adalah . . . .

 

A.        Pukulan backhand dan forehand

B.        Pukulan forehand dan backhand

C.        Servis forehand dan pukulan backhand

D.        Servis forehand dan pukulan forehand

 

8.        Teknik dasar jalan cepat dapat dilakukan melalui beberapa fase. Fase gerakan dimana kaki depan akibat kerja tumit dan koordinasi seluruh bagian badan, selesai apabila badan berada di atas kaki penopang. Gerakan ini merupakan fase . . . .

 

A.        tumpuan dua kaki

B.        tarikan kaki

C.        relaksasi

D.        dorongan

 

9.        Berikut ini merupakan urutan start lari jarak pendek, yaitu: sikap jongkok rileks, lutut kaki kanan menempel di tanah, kaki kiri terletak di antara kaki kanan dan lutut kaki kanan, ke dua tangan menempel di atas garis start dengan membentuk huruf  V, pandangan rileks ke depan, dan konsentrasi pada aba-aba start berikutnya. Urutan start lari jarak pendek tersebut merupakan start . . . .

 

A.        Start panjang (long start)

B.        Start menengah (medium start)

C.        Start pendek (short start)

D.        Start berdiri (stand start)

 

10.    Untuk memperoleh suatu hasil yang optimal dalam lompat jauh, selain pelompat tersebut harus memiliki kekuatan, daya ledak, kecepatan, ketepatan, kelentukan, dan koordinasi gerakan, juga harus memahami dan menguasai teknik dasar untuk melakukan gerakan lompat jauh. Urutan gerak spesifik dalam melakukan lompat jauh adalah . . . .

 

A.        Awalan, melayang di udara, tolakan/tumpuan, dan mendarat

B.        Awalan, tolakan/tumpuan, mendarat, dan melayang di udara,

C.        Awalan, melayang di udara, mendarat, dan tolakan/tumpuan

D.        Awalan, tolakan/tumpuan, melayang di udara, dan mendarat

 

11.    Tujuan tolak peluru adalah menolak sejauh-jauhnya untuk memperoleh prestasi yang optimal.  Untuk mencapai tolakan yang jauh, seorang penolak peluru harus memahami dan menguasai teknik dasar tolak peluru. Urutan gerak spesifik dalam melakukan tolak peluru adalah . . . .

 

A.       Memegang peluru, sikap badan saat akan menolakkan peluru, menjaga keseimbangan dan menolakkan peluru

B.        Memegang peluru, sikap badan saat akan menolakkan peluru, menolakkan peluru, dan menjaga keseimbangan

C.        Memegang peluru, menjaga keseimbangan, sikap badan saat akan menolakkan peluru, menolakkan peluru

D.       Menjaga keseimbangan, memegang peluru, sikap badan saat akan menolakkan peluru, dan menolakkan peluru

 

12.    Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat dengan menggunakan tangan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, yang merupakan urutan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat dengan menggunakan tangan adalah . . . .

 

A.        Serangan menggunakan bantul dan tangkisan depan

B.        Serangan menggunakan tebak dan tangkisan samping

C.        Serangan menggunakan tinju dan tangkisan depan

D.        Serangan menggunakan dorong dan tangkisan samping

 

 

 

13.    Perhatikan gambar berikut ini yang merupakan variasi dan kombinasi teknik dasar pencak silat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, adegen yang dilakukan oleh pesilat A adalah . . . .

 

A.        Mengelak dan dilanjutkan dengan memeluk lawan

B.        Menghindar dan dilanjutkan dengan membanting lawan

C.        Menangkis dan dilanjutkan dengan mendorong lawan

D.        Tangkapan dan dilanjutkan dengan menjatuhkan lawan

 

14.    Bentuk-bentuk latihan kelenturan untuk meningkatkan kebugaran jasmani di bawah ini adalah . . . .

 

A.        Peregangan statis dan dinamis

B.        Push up, sit - up, back up

C.        Naik turun bangku, berjalan dengan kedua lengan

D.        Naik palang tunggal, mengayun di palang sejajar

 

15.    Bentuk-bentuk latihan kekuatan otot untuk meningkatkan kebugaran jasmani di bawah ini adalah . . . .

 

A.        Naik turun bangku, berjalan dengan kedua lengan

B.        Tarik-menarik lengan, tarik tambang, memanjat pohon

C.        Naik palang tunggal, mengayun di palang sejajar

D.        Push up, sit - up, back up

 

16.    Perhatikan gambar di bawah ini yang merupakan rangkaian gerakan guling depan senam lantai.

 

 

 

 

 

 

 

Sikap pelaksanaan gerakan rangkaian guling depan pada saat kedua tangan dibengkokkan adalah . . . .

 

A.        Sikap awal jongkok, kedua kaki rapat, letakkan lutut ke dada

B.        Kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kira 40 cm

C.        Letakkan pundak pada matras dengan menundukkan kepala dan dagu sampai ke dada

D.        Peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi jongkok

 

 

 

 

17.    Perhatikan gambar di bawah ini yang merupakan rangkaian gerakan guling lenting senam lantai.

 

 

 

 

 

 

 

 


Sikap pelaksanaan gerakan rangkaian guling lenting senam lantai adalah . . . .

 

A.        Berdiri tegak dengan kedua kaki rapat dan kedua lengan diangkat lurus

B.        Letakkan tengkuk di antara kedua tangan sambil mengambil sikap guling depan

C.        Saat badan sudah berada di atas kepala, kedua kaki segera dilecutkan ke depan lurus

D.        Ketika layangan selesai, kedua kaki segera mendarat pada matras

 

18.    Aktivitas gerak berirama dilakukan dengan koordinasi antara langkah kaki dan ayunan lengan. Gerakan langkah kaki dalam aktivitas gerak berirama di bawah ini adalah . . . .

 

A.        Langkah biasa, langkah rapat, langkah samping

B.        Langkah ganti, langkah samping, langkah mundur

C.        Langkah samping, langkah rapat, langkah mundur

D.        Langkah biasa, langkah rapat, langkah ganti

 

19.    Gerakan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama dapat dilakukan dengan berbagai gerakan. Salah satu bentuk koordinasi gerakan ayunan lengan dalam aktivitas gerak berirama adalah . . . .

 

A.        Ayunan satu lengan ke belakang dan ke muka

B.        Ayunan dua lengan ke belakang dan ke samping

C.        Ayunan lengan silang dan ke muka

D.        Ayunan dua lengan melingkar di atas kepala

 

20.    Tabel di berikut ini merupakan macam-macam prosedur gaya-gaya renang.

 

Prosedur A

Prosedur B

Prosedur C

Prosedur D

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, yang menunjukkan gerakan renang gaya dada adalah prosedur . . . .

 

A.        A

B.        B

C.        C

D.        D

 

 

 

21.    Tabel di berikut ini merupakan macam-macam prosedur gaya-gaya renang.

 

Prosedur A

Prosedur B

Prosedur C

Prosedur D

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, yang menunjukkan gerakan renang gaya bebas adalah prosedur . . . .

 

A.        A

B.        B

C.        C

D.        D

 

22.    Tabel di berikut ini merupakan macam-macam prosedur gaya-gaya renang.

 

Prosedur A

Prosedur B

Prosedur C

Prosedur D

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 


Berdasarkan gambar di atas, yang menunjukkan gerakan renang gaya punggung adalah prosedur . . . .

 

A.        A

B.        B

C.        C

D.        D

 

23.    Pertumbuhan jasmani dan pertumbuhan kecerdasan seseorang dipengaruhi oleh faktor atau keadaan. Bila orang tuanya besar-besar, mungkin sekali anak-anaknya juga besar-besar; kalau orang tuanya tinggi, anaknya juga tinggi; kalau orang tuanya pandai, anaknya juga cerdas; walaupun hal ini tidak selalu demikian. Keadaan seperti ini dilihat dari faktor  . . . .

 

A.        keturunan

B.        pembawaan

C.        luar 

D.        genetika

 

 

24.    Tampak tanda-tanda permulaan masa adolesensia (masa remaja), pada anak laki-laki suara membesar, pada anak perempuan membesarnya buah dada serta haid pertama. Keadaan seperti ini merupakan salah ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan seseorang dilihat dari faktor . . . .

 

A.        perkembangan jiwa dan emosi

B.        perkembangan sosial dan intelek

C.        perkembangan jasmani 

D.        kebutuhan (requirements)

 

25.    “Men Sana in Copore Sana” artinya “Pikiran yang sehat terdapat dalam badan yang sehat”. Salah satu cara untuk menunjang tercapainya pepatah tersebut adalah dengan berolahraga. Gerak badan yang benar dan teratur yang dilakukan seseorang sangat berguna untuk . . . .

 

A.        perkembangan jiwa dan emosi

B.        kesegaran jasmani dan kesehatan tubuh

C.        perkembangan dan pertumbuhan jasmani 

D.        meningkatkan aktivitas sehari-hari

 

26.    Tubuh manusia dapat tumbuh karena adanya zat-zat yang berasal dari makanan. Ada enam macam zat-zat gizi makanan yang diperlukan oleh tubuh manusia, seperti: hidrat arang atau karbohidrat, lemak, protein, mineral dan garam-garam, vitamin-vitamin, dan air. Zat-zat gizi makanan yang termasuk sumber tenaga adalah . . . .

 

A.        Protein, mineral, dan air

B.        Vitamin, mineral, protein, dan air

C.        Protein, lemak, dan mineral

D.        Hidrat arang, lemak, dan protein 

 

27.    Makanan sehat sering disebut makanan seimbang. Artinya di dalam menu sehari-hari terkandung semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang memenuhi kebutuhan dan tiap-tiap zat gizi dalam perbandingan yang seimbang satu dengan lainnya. Hal ini mengandung makna bahwa makanan yang kita konsumsi harus mengandung . . . .

 

A.        Empat sehat lima sempurna

B.        Makanan yang banyak dan mahal

C.        Bernilai gizi tinggi dan mencukupi

D.        Semua zat-zat gizi makanan

 

28.    Kekurangan protein biasanya disertai dengan kekurangan kalori. Penyakit akibat kekurangan kalori dan protein disebut kurang kalori protein (KKP). Penyakit ini banyak menimpa golongan anak, terutama anak-anak yang berumur di bawah lima tahun. Pada tingkat berat kita mengenal dua penyakit KKP, yaitu . . . .

 

A.        Kwashiorkor dan Marasmus

B.        Gizi buruk dan busung lapar

C.        Gondok endemis dan liper

D.        Gizi buruk dan gondok endimis

 

29.    Penyebab pergaulan bebas yang dialami remaja dapat dikategorikan menjadi dua faktor, yaitu: faktor internal dan eksternal. Selain faktor internal dan eksternal, ada faktor lain yang secara umum dapat menyebabkan terjadinya pergaulan bebas, yaitu . . . .

 

A.        Pergaulan, pornografi, orang tua

B.        Pergaulan, pornografi, pengaruh obat

C.        Pornografi, pengaruh obat, lingkungan

D.        Pengaruh obat, orang tua, lingkungan 

 

30.    Melakukan hubungan seks secara bebas merupakan akibat pertama dari pergaulan bebas yang merupakan lingkaran setan yang tidak ada putusnya dengan berbagai akibat di berbagai bidang antara lain di bidang sosial, agama dan kesehatan. Hubungan seks secara bebas akan berujung kepada . . . .

 

A.        Malapetaka bagi pelakunya

B.        Masa depan yang suram

C.        Terjangkitnya penyakit HIV/AIDS

D.        Pertumbuhan tubuh terhambat 

 

31.    Peningkatan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, penyaluran minat dan bakat secara positif merupakan hal-hal yang dapat membuat setiap orang mampu mencapai kesuksesan hidup nantinya. Selain daripada solusi di atas masih banyak solusi lainnya. Salah satu solusi mencegah seks bebas adalah . . . .

 

A.        Jujur pada diri sendiri

B.        Menjaga pola hidup

C.        Memahami bahaya seks bebas

D.        Berpikir secara kritis dan dewasa

 

32.    Organisasi kesehatan dunia (WHO) memperkirakan bahwa di tahun 2020 penyebab terbesar ketiga kematian adalah kecelakaan jalan raya, tepatnya di bawah penyakit jantung dan depresi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecelakaan di jalan raya antara lain . . . .

 

A.        Kendaraan, jalan, cuaca, lingkungan

B.        Jalan, cuaca, lingkungan, mengantuk

C.        Cuaca, lingkungan, mengantuk, manusia

D.        Manusia, kendaraan, jalan, cuaca

 

33.    Kejadian apapun pasti memiliki suatu dampak, entah itu pada diri sendiri, orang lain maupun fasilitas umum. Kecelakaan juga mempunyai suatu dampak seperti luka ringan, luka berat, meninggalnya seseorang. Oleh karena itu kita harus menjaga keselamatan diri di jalan raya. Cara-cara menjaga keselamatan diri dalam berkendara antara lain . . . .

 

A.        Konsentrasi penuh, menjaga kecepatan, jaga jarak aman, dengar musik

B.        Menjaga kecepatan, jaga jarak aman, dengar musik, gunakan helm

C.        Gunakan helm, konsentrasi penuh, menjaga kecepatan, jaga jarak aman

D.        Mengurangi kecepatan, jaga jarak aman, gunakan kaca mata, gunakan helm

 

34.    Upaya-upaya yang ditujukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalulintas, yang dalam bentuk konkretnya berupa kegiatan-kegiatan pengaturan lalulintas, penjagaan tempat-tempat rawan, patroli, pengawalan dan lain sebagainya. Metode penanggulangan kecelakaan di jalan raya tersebut adalah . . . .

 

A.        Pre-emptif

B.        Preventif

C.        Represif

D.        Rehabilitasi

 

35.    Pertolongan pertama pada kecelakaan adalah pertolongan darurat yang diberikan kepada korban kecelakaan, maupun yang sakit mendadak secara tepat, cepat, dan sementara sebelum mendapat pertolongan lanjutan dari tenaga medis bila diperlukan. Sifat dari pertongan pertama adalah . . . .

 

A.        Memberikan rasa tenang, mengurangi rasa takut, mengurangi bahaya yang lebih besar

B.        Mengurangi rasa takut, mengurangi bahaya yang lebih besar, mengurangi rasa sakit

C.        Mengurangi bahaya yang lebih besar, mengurangi rasa sakit, mengobati korban

D.        Mengurangi rasa sakit, mengobati korban, memberikan rasa aman bagi korban

36.    Kecelakaan itu bermacam-macam dan penanganannyapun memerlukan keterampilan dan pengetahuan sendiri-sendiri. Oleh karena itu, orang yang memberikan pertolongan pertama harus mempunyai pengetahuan, keterampilan dan mampu melihat situasi dan kondisi korban sebelum melakukan pertolongan pertama. Tindakan-tindakan yang harus dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama adalah . . . .

 

A.        Amankan lokasi, cegah dan atasi shock, cegahlah infeksi, panggil dokter

B.        Panggil dokter, hentikan pendarahan, cegah dan atasi shock, cegahlah infeksi

C.        Hentikan pendarahan, cegah dan atasi shock, cegahlah infeksi, lokalisasi korban

D.        Cegah dan atasi shock, cegahlah infeksi, lokalisasi korban, korban bawa ke dokter

 

37.    Perasaan mau jatuh, pandangan berkunang-kunang, telinga berdenging, lemas, keluar keringat dingin, menguap, dan denyut nadi lambat. Ciri-ciri di atas merupakan gejala-gejala . . . .

 

A.        Pendarahan

B.        Pernapasan berhenti

C.        Shock

D.        Pingsan

 

38.    Aktivitas yang dilakukan secara terencana, teratur dan berulang-ulang dalam intensitas tertentu dan berkesinambungan untuk meningkatkan taraf kesehatan dan kebugaran merupakan hakikat dari . . . .

 

A.        Berolahraga

B.        Latihan fisik

C.        Aktivitas kebugaran

D.        Pembentukan daya tahan

 

39.    Tabel di bawah ini merupakan jenis tingkatan aktivitas fisik yang dapat dilakukan untuk mempertahankan kesehatan tubuh.

 

Aktivitas A

Aktivitas B

Aktivitas C

Aktivitas D

1.     berkemah di alam bebas

2.     penjelajahan di alam bebas

3.     mendaki gunung

4.     rekreasi ke suatu tempat

1.     peregangan

2.     senam taichi, yoga

3.     mencuci pakaian, mobil

4.     mengepel lantai

 

1.    push-up

2.    naik turun tangga

3.    angkat berat/beban

4.    senam terstruktur dan terukur (fitness)

1.    berjalan kaki

2.    lari ringan

3.    berenang

4.    senam

5.    berkebun dan kerja di taman

 

Berdasarkan tabel di atas, yang merupakan aktivitas fisik tergolong tingkat ringan adalah . . . .

 

A.        A

B.        B

C.        C

D.        D

 

 

 

 

 

 

 

 

 

40.    Tabel di bawah ini merupakan tujuan dari pencegahan penyakit.

 

Tujuan A

Tujuan B

Tujuan C

Tujuan D

Suatu usaha pencegahan penyakit melalui usaha mengatasi atau mengontrol faktor-faktor risiko dengan sasaran utamanya orang sehat melalui usaha peningkatan derajat kesehatan secara umum.

Menghentikan proses penyakit lebih lanjut dan mencegah komplikasi.

Menurunkan kelemahan dan kecacatan, memperkecil penderitaan, dan membantu penderita untuk melakukan penyesuaian terhadap kondisi yang tidak dapat diobati lagi.

Meningkatkan derajat kesehatan perorangan dan masyarakat secara optimal, mengurangi peranan penyebab serta derajat risiko, juga meningkatkan secara optimal lingkungan yang sehat.

 

Berdasarkan tabel di atas, yang merupakan tujuan dari pencegahan penyakit tahapan tersier adalah . . . .

 

A.        A

B.        B

C.        C

D.        D

 

 

B.       Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat.

 

1.        Teknik dasar permainan bola voli antara lain: passing bawah, passing atas, smash dan spike, servis, dan bendungan. Jelaskan cara melakukan gerakan passing bawah yang meliputi: fase sikap awal, sikap pelaksanaan, dan sikap akhir permainan bola voli.

2.        Teknik dasar lari jarak pendek antara lain: start, gerakan lari, dan memasuki garis finish. Jelaskan cara melakukan gerakan lari jarak pendek yang meliputi: gerakan kaki, gerakan ayunan lengan, dan sikap badan.

3.        Perhatikan gambar di bawah ini. Latihan kebugaran jasmani apa pada gambar tersebut. Jelaskan cara melakukan latihan kebugaran jasmani tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

4.        Pernapasan buatan metode mulut ke mulut adalah metode yang paling efektif dalam membantu korban ketika mengalami kesulitan bernapas. Caranya dengan menghembuskan udara ke paru-paru korban dengan mulut sendiri. Jelaskan cara melakukan pernapasan buatan dengan metode mulut ke mulut.

5.        Menghindari sex bebas tidak semudah yang kita bayangkan. Untuk menghindari seks bebas, perlu dilakukan pendidikan seks kepada anak-anak di keluarga. Jelaskan cara menghindari seks bebas.

 

 

============ SELAMAT MENGERJAKAN ===========

Terimakasih telah mempelajari materi hari ini,semoga bermanfaat .
Bapak akhiri
wasalamualaikum Wr Wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis