Langsung ke konten utama

Soal Latihan Pola Makan Sehat, Bergizi, dan Seimbang,Kelas 7, rabu 6-3-2022

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 7


Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin
Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? dan semoga kalian solat subuh semua yaa?

Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh.dan juga sudah melaksanakan solat sunah solat duha ya?

Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.

Tujuan pembelajaran : 

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.10.  Memahami pola makan sehat, bergizi daseimbang serta pengaruhnya terhadap kesehatan.

4.10.  Memaparkan pola makasehat, bergizi daseimbang serta pengaruhnya terhadap kesehatan.

IPK 3

IPK 4

·        Mengidentifikasikan, menguraikan, dan cara  menerapkan makan sehat, bergizi dan seimbang  dengan benar.

·        Mengkaji, mengemas, dan mempresentasikan pola makan sehat, bergizi dan seimbang  dengan benar.


 
Pola Makan Sehat, Bergizi, dan Seimbang

Pendidikan Jasmani. Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) adalah salah satu bidang study yang cukup diminati oleh pelajar laki-laki. PJOK lebih disukai karena lebih banyak melakukan aktivitas fisik di lapangan daripada teori di dalam kelas. Pelajaran PJOK memang lebih didominasi oleh praktek, namun kita juga tidak boleh mengabaikan teori-teori dari pelajaran yang dipelajari agar praktek yang diterapkan di lapangan terlaksana dengan baik.

Sebenarnya tidak semua pelajaran PJOK didominasi praktek, tapi ada beberapa KD atau bab yang pembahasannya didominasi teori. Salah satu materi PJOK SMP kelas 7 semester genap yang didominasi teori adalah "Pola Makan Sehat, Bergizi, dan Seimbang". Untuk melatih kemampuan akademik siswa/i SMP kelas 7 pada materi ini, Bapak  akan berikan sedikit soal pilihan berganda yang dapat melatih kemampuan siswa semua. Soal ini juga bisa menjadi  Penilaian Harian (PH) khusus materi "Pola Makan Sehat, Bergizi, dan Seimbang". 

Silakan kalian kerjakan soal latihan di bawah ini di buku PJOKnya
1. Tubuh manusia dapat tumbuh karena adanya zat yang berasal dari makanan. Oleh sebab itu, untuk dapat melangsungkan hidupnya, manusia mutlak memerlukan makanan. Zat yang diperlukan oleh tubuh dan berasal dari makanan itu disebut Zat makanan atau zat gizi. Berikut ini adalah macam-macam zat gizi, kecuali....
A. Protein
B. Hidrat Arang
C. Lemak
D. Helium.

2. Dilihat dari sudut ilmu gizi, makanan mempunyai tiga kegunaan, kecuali....
A. Membangun dan memelihara tubuh
B. Mengatur proses asimilasi.
C. Memberi tenaga kepada tubuh
D. Mengatur proses faali tubuh

3. Sesuai dengan fungsinya, zat gizi dapat digolongkan menjadi tiga kelompok, salah satunya adalah "Zat Tenaga". Salah satu yang menjadi sumber Zat Tenaga adalah...
A. Mineral
B. Lemak.
C. Vitamin           D. Air 

4. Kalsium berfungsi sebagai bagan pembentuk tulang dan gigi, sebagai katalisator perubahan protrombin menjadi trombin dalam proses pembekuan darah, dan sebagai dalam proses kontraksi pelemasan otot- otot. Salah satu sumber Kalsium Nabati adalah....
A. Susu
B. Ikan teri
C. Bayam.
D. Kuning Telur

5. Vitamin yang berfungsi dalam tubuh untuk mencegah kerusakan saraf dan otak adalah....
A. Vitamin B12.
B. Vitamin C
C. Vitamin D
D. Vitamin E

6. Kebutuhan tubuh akan air bisa dikatakan sebagai kebutuhan nomor 2 setelah Oksigen, maka kita dianjurkan untuk mengkonsumsi air minimal 8 gelas per hari. Air di dalam tubuh, selain berfungsi sebagai zat pembangun juga berfungsi sebagai....
A. Zat tenaga
B. Zat pembangun
C. Zat Pengatur.
D. Semua jawaban benar

7. Pada tingkat berat kita mengenal dua bentuk KKP (Kurang Kalori Protein), yaitu “Kwashiorkor” dan "Marasmus”. Kwashiorkor terutama disebabkan oleh kekurangan protein, sedangkan Marasmus terutama akibat kekurangan kalori. Berikut ini ciri-ciri khas Kwashiorkor, kecuali....
A. Kulit keriput.
B. Otot-otot kendor
C. Bengkak, terutama kaki dan tangan
D. Muka Sembab

8. Penyakit Rakhitis disebabkan oleh kurangnya konsumsi vitamin....
A. Vitamin A
B. Vitamin B
C. Vitamin C
D. Vitamin D.

9. "Scorbut" disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi vitamin....
A. Vitamin A
B. Vitamin B
C. Vitamin C,
D. Vitamin D

10. Yodium merupakan bagian dari hormon thyroid yang mengatur metabolisme basal. Kekurangan yodium akan menyebabkan pembesaran kelenjar thyroid yang dikenal sebagai...
A. Kanker
B. Tumor
C. Gondok.
D. Liphoma


Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r