Langsung ke konten utama

Teknik dasar jalan cepat,Kelas 7,senin, 25-10-2021

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 8


Assalamualaikum Wr Wb,
Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin
Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? dan semoga kalian solat subuh semua yaa?

Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh.dan juga sudah melaksanakan solat sunah solat duha ya?

Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai

semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin.

Jangan lupa absen di isi yaa,

tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah :

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.3.  Memahami kombinasi geraspesifijalan, larilompat, dalempar dalam berbagai permainasederhana daatau tradisional *)

4.3. Mempraktikkan kombinasi gerak spesifijalan, lari, lompat, dalempar dalam berbagapermainasederhana daatau tradisional *)

IPK 3

IPK 4

·        Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan kombinasi gerak spesifik jalan cepat  dengan benar.

·        Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan kombinasi gerak spesifik jalan cepat dengan benar.


MATERI ATLETIK JALAN CEPAT


A. Pengertian dan Asal-Usul Atletik

1. Pengertian dan Asal-usul Atletik



Atletik berasal dari bahasa Yunani, yaitu athlon atau athlum artinya pertandingan,
perlombaan, pergulatan, atau perjuangan. Orang yang melakukannya dinamakan athleta
(atlet). Kita dapat menjumpai pada kata pentahtlon yang terdiri dari kata penda berarti lima
atau panca athlon berarti lomba. Arti selengkapnya adalah panca lomba atau perlombaan
yang terdiri dari lima nomor. Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan, atletik adalah
salah satu cabang olahraga yang dipertandingan/diperlombakan yang meliputi nomor jalan,

lari, lompat, dan lempar. Istilah athletic dalam bahasa Inggris dan atletik dalam bahasa Jerman mempunyai pengertian yang luas meliputi berbagai cabang olahraga yang bersifat perlombaan atau pertandingan, termasuk renang, bola basket, tenis, sepak bola, senam, dan lain-lain. Bangsa Yunani yang pertama kali menyelenggarakan perlombaan atletik. Hal ini dapat dibaca dari karya pujangga Yunani Purba bernama Homerus. Atletik itu sendiri berasal dari bahasa Yunani “Athlos”, artinya lomba. Pada waktu itu cabang olahraga atletik dikenal dengan pentahhlon atau panca lomba dan decathlon atau dasa lomba. Pada buku Odysus, karya Hemerun menerangkan bahwa petualangan Odysus mengunjungi kepulauan di sebelah selatan Yunani, oleh kepala suku diadakan upacara penyambutan. Dalam


upacara tersebut diadakan perlombaan yang terdiri dari: lari, lompat, lempar cakram, tinju,
dan gulat. Pada tahun 776 SM Yunani mengadakan Olympiade.
Pada nomor lari (marathon), nomor ini merupakan kegiatan berlari yang telah dimula
sejak tahun 490 sebelum Masehi. Kegiatan itu berawal dari sebuah kota kecil yang bernama
Marathon, 40 km dari Athena. Jarak sepnajang itulah yang diperlombakan dalam Olimpiade
1889 di Athena. Baru pada tahun 1908, jarak marathon dibakukan menjadi jarak 42,195
km. Sejak itu, cabang olahraga marathon selalu menjadi puncak sekaligus penutup seluruh
rangkaian olahraga.

Olympiade modern dilaksanakan atas prakarsa seorang Prancis, Baron Peire Louherbin pada tahun 1896 bertempat di Athena, Yunani. Dalam Olympiade tersebut nomor atletik merupakan tambang medali yang diperebutkan. Namun, organisasi olahraga atletik internasional baru terbentuk pada tanggal 17 juli 1912 pada Olympiade ke-5 di Stockhom, Swedia dengan nama “International Amateur Athletic Federation” yang disingkat IAAF. Sejak saat itu, atletik mengalami perkembangan yang sangat pesat. Pada   tanggal 3 September 1950 di Indonesia berdiri PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

2. Lintasan Lari




B. Aktivitas Pembelajaran Atletik Melalui Jalan Cepat




1. Pengertian dan Sejarah Jalan Cepat


Jalan cepat adalah gerak maju dengan langkah kaki yang dilakukan sedemikian rupa hingga tanpa terputus hubungan dengan tanah sesaatpun. Perlombaan Jalan Cepat diadakan pertama kali pada tahun 1867 di London. Jarak yang diperlombakan ialah untuk wanita: 5 km dan 10 km untuk pria: 10 km dan 20 km.

2. Perbedaan antara Jalan Cepat dan Lari
Secara teknis jalan dan lari tidak ada perbedaan yang berarti. Baik jalan maupun lari
adalah gerakan memindahkan badan ke muka dengan langkah-langkah kaki
 Perbedaan jalan cepat dan lari adalah berikut ini.Jalan cepat : Pada gerakan jalan cepat selalu ada kaki yang menginjak/kontak dengan
tanah. Artinya, setiap saat salah satu kaki selalu terjadi kontak/menginjak tanah.
Lari : Pada gerakan lari, ada saat melayang, pada waktu melangkah. Artinya, pada
saat tertentu kedua kaki lepas atau tidak menyetuh/menginjak tanah.
3. Aktivitas pembelajaran jalan cepat

Pengantar
Agar dapat melakukan teknik jalan cepat yang benar, maka anda
perlu dapat menjelaskan perbedaan yang nyata antara berjalan dan berlari, serta dand
dapat melakukan teknik jalan yang biasa dengan benar. Berikut ini mengenai teknik jalan cepat yang benar.

a. Start

Startnya menggunakan start berdiri, karena start dalam jalan cepat tidak

mempunyai pengaruh yang berarti, maka tidak perlu ada teknik khusus yang

perlu dipelajari atau dilatih. Sikap start yang lazim digunakan ada pada aba-aba

“Bersedia” murid/anak-anak menempatkan kaki kiri di belakang garis

start, sedang kaki kanan di samping belakang kaki kiri, dengan badan agak

condong ke depan dan kedua lengan rileks. Pada aba-aba “Ya” atau bunyi

tembakan pistol, segera melangkahkan kaki kanan ke depan, disusul kaki kiri

dan terus berjalan.


b. Langkah
Langkah dimulai dengan gerakan mengangkat paha kaki ayun ke depan lutut,
terlihat tungkai bawah bergantung lemas, karena ayunan paha ke depan,
tungkai bawah ikut terayun ke depan, menyebabkan lutut menjadi lurus.
Kemudian menapak pada tumit terlebih dahulu menyentuh tanah, bersamaan
dengan mengangkat tumit, selanjutnya ujung kaki tumpu lepas dari tanah,
ganti dengan kaki ayun. Begitu seterusnya selalu ada kaki yang menumpu,
jadi tidak ada saat melayang.


c. Condong Badan

Mulai dari kepala, punggung/dada, pinggang sampai tungkai bawah sedikit
condong ke depan.

d. Ayunan Lengan

Siku di tekuk kurang lebih 90 derajat, ayunan lengan kiri ke depan bersamaan
dengan mengangkat paha dan kaki kanan, sehingga koordinasinya adalah
lengan kiri bersamaan dengan kaki kanan, dan lengan kanan bersamaan  dengan kaki kiri.

e. Finish

Tidak ada teknik khusus gerakan masuk finish dalam jalan cepat. Biasanya jalan terus sampai melewati garis finish, baru dikendorkan kecepatannya setelah melewati kira-kira tiga sampai lima meter. Untuk memperoleh langkah-langkah yang benar, maka pemindahan badan dan kaki satu ke kaki yang lain harus nampak jelas, ini kelihatan pada gerak 3-6

panggul. Gerakan ini perlu dilatih agar terbiasa melakukan teknik gerakan jalan cepat yang benar. Untuk memperoleh langkah-langkah yang benar, maka pemindahan badan dan kaki satu ke kaki yang lain harus nampak jelas, ini kelihatan pada gerak panggul. Gerakan ini perlu dilatih agar serasi, lancar, dan tidak cepat lelah. Jadi sikap dan gerakan jalan cepat adalah badan dalam posisi tegak, pandangan lurus ke depan, siku ditekuk, tangan dikepalkan dengan rileks.

Setelah membahas materi di atas,sebagai refrensi silakn kalian buka vidio pembelajarn di bawah ini,sebelum melihat vidio pembelajaran,Silakan kalian siapkan buku catatan dan penanya,sambil membuka vidio,silakan kalian rangkum materi nya dan menggerjakan soal di bawah ini di tulis soal dan jawabanya

https://www.youtube.com/watch?v=KEQpvVVr2qU

Terimakasih kepada anda semua yang Mempelajari materi JALAN CEPAT dan merangkum dan mengerjakan soal ,  silakan kalian foto selvi dan kirim ke nomor bpk yaa,jangan lupa foto selvi kalian saat belajar.

karna waktu kita sudah selesai,apakah ananda semua sudah paham dengan materi in,Insyaalah kita dapat mengambil ilmu dari yang kita pelajari.Aamiin ya robal alamin.

Demikian pertemuan kita pada saat ini,semoga kita selalu dalam lindunga allah SWT

Bapak akhiri

Wasala'mualaikum Wr,W


Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

UH PERMAINAN BOLA BASKET KELAS 9

     Aktivitas Pembelajaran Bermain Bola Basket Menggunakan Peraturan Dimodifikasi Pada pembelajaran sebelumnya peserta didik sudah mempelajari tentang berbagai variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bola basket secara terpisah-pisah, untuk itu sekarang tugaskan peserta didik untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari tersebut ke dalam bentuk permainan bola basket dengan aturan yang dimodifikasi. Pada dasarnya permainan ini dapat dilakukan di sembarang tempat, namun harus permukaannya keras dari semen, walaupun tidak ada ring basket, masih dapat berlatih bermain bola basket, seperti belajar lempar tangkap, menggiring, dan gerak lay-up shoot.     Aktivitas Pembelajaran 1 (Bermain Bola Basket di Halaman Sekolah) Permainan jenis ini dapat dilakukan dengan teman-temanmu saat istirahat jam belajar di sekolah, permainan ini hanya menggunakan gerakan melempar tangkap, lay-up shoot, dan menembak sebagai berikut.     Permainan dilakukan di lapangan semen yang permukaannya rata.  

UH Permainan Bola Basket Kelas 7

Unit kerja                        : SMP AL-AZHAR BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                               : VII   Mata Pelajaran               : PJOK Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin dan semoga kalian solat subuh semua yaa? Siapa yang Tadi pagi tidak sholat subuh? Bapak doakan yang belum sholat subuh semoga diberikan oleh allah kekuatan, kemampuan dan hidayah untuk melaksanakan solat subuh. Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. tujuan pembelajan kita pada saat ini adalah : 3.1.  M e ma h am i  variasi dan kombinasi  g e ra k  sp e s i f i k d a l a m b e r b a g a i  p e r