Langsung ke konten utama

PERMAINAN SEPAK BOLA KELAS 9

 

Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG

Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd

NIK                             198411162015071345

Kelas                           : 8

Tujuan Pembelajaran

KD 3

KD 4

3.1. Memahami variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

4.1. Mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)

IPK 3

IPK 4

·        Mengidentifikasikan, menguraikan,  dan cara menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola dengan benar.

·        Mendemontrasikan, melakukan, dan menerapkan variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola dengan benar.

 MATERI

    Aktivitas Pembelajaran Gerak Variasi dan Kombinasi Permainan Sepak bola

Gerak variasi dan kombinasi dalam permainan sepak bola merupakan gabungan beberapa hal (gerak dasar) yang dilakukan dalam satu rangkaian gerak, dengan tujuan agar peserta didik dapat menendang, menahan, menggiring, dan menyundul bola.

Gerak variasi dan kombinasi dalam permainan sepak bola pada bagian ini antara lain sebagai berikut.

    Aktivitas Pembelajaran Gerak Variasi dan Kombinasi Permainan Sepak bola

Gerak variasi bermakna satu jenis gerakan dilakukan dengan berbagai cara, misalnya gerak menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, punggung kaki, kaki bagian luar. Sedangkan gerak kombinasi bermakna menghubungkan dua jenis keterampilan gerak, misalnya setelah melakukan gerak memberhentikan bola dilanjutkan dengan gerak menendang. Gerak variasi dan kombinasi dalam permainan sepak bola pada bagian ini antara lain sebagai berikut.

    Aktivitas Pembelajaran 1 (Variasi dan Kombinasi Gerakan Menendang/Mengumpan Bola dengan Menggunakan Kaki Bagian Dalam, Luar, dan Punggung Kaki dengan Arah Bola Datar dan Melambung)

Untuk membelajarkan tentang variasi dan kombinasi gerak spesifik permainan sepak bola dapat dilakukan dengan berbagai cara, peserta didik bisa berlatih secara individual, berpasangan, atau berkelompok.

Komponen keterampilan gerak menendang dapat diajarkan secara individual dengan cara sebagai berikut.

    Berdiri menghadap ke dinding dengan jarak 1 meter.

    Tendang bola menggunakan kaki bagian dalam dengan kekuatan sedang ke dinding dan pantulannya peserta didik berhentikan dengan telapak kaki.

    Setelah peserta didik terpantau ada peningkatan keterampilan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam, tugaskan pada mereka untuk mencoba menggunakan punggung kaki atau kaki bagian luar.

    Tugaskan peserta didik untuk merasakan gerakan yang mereka lakukan, harapannya agar mereka dapat menemukan cara yang tepat untuk menentukan teknik mana yang akan dipilihnya untuk menendang dan memberhentikan bola menggunakan berbagai bagian kaki.

    Untuk variasi latihan, tugaskan peserta didik untuk mengubah jarak berdiri dari dinding.

Kesalahan yang sering dilakukan pada saat latihan dengan pola ini adalah pandangan peserta didik terlalu fokus pada bola, sehingga hal lain kurang terperhatikan, misalnya titik perkenaan bola dengan kaki, pergerakan bola jadi hal ini harus menjadi perhatian guru dalam pembelajaran ini.

Cara lain untuk membelajarkan variasi dan kombinasi menendang dan memberhentikan bola dapat dilakukan

secara berpasangan, seperti gambar berikut. 
(a) Tugaskan peserta didik secara berpasangan untuk berlatih menendang dan memberhentikan bola, tidak masalah wanita dipasangkan dengan laki-laki.

    Lakukan gerak saling menendang dan memberhentikan bola secara berpasangan, misalnya Andi menendang mengguna­ kan menggunakan kaki kanan bagian dalam dan Budi memberhentikan menggunakan kaki kiri selanjutnya dilakukan secara bergantian.

    Setelah peserta didik menguasai gerakan menendang menggunakan kaki kanan, sekarang suruh mereka untuk menggunakan kaki kiri.

    Setelah peserta didik agak mahir menggunakan kaki bagian dalam, tugaskan peserta didik menggunakan bagian punggung kaki dan kaki bagian luar dengan cara yang sama.

    Aktivitas lain dapat juga dilakukan dengan cara, misalnya si Andi melambungkan bola dan si Budi menahan dan menendang kembali ke arah si Andi.
    Pembelajaran ini dilakukan di tempat, dilanjutkan dengan bergerak maju-mundur, dan bergerak ke kanan dan kiri.












Gambar 1.1 Aktivitas pembelajaran 1 variasi dan kombinasi menendang dan menahan bola


Setelah peserta didik mencoba keterampilan menendang dan memberhentikan bola secara berpasangan, selanjutnya tugaskan pada mereka untuk mengganti titik perkenaan bola dengan kaki, misalnya peserta didik menendang menggunakan kaki bagian dalam pada titik bawah bola, dan mengamati pergerakan bola, bagaimana jalannya bola, kecepatan bola bagaimana dan lainnya, setelah itu coba tendang bola pada titik tengah bola bagaimana pergerakan bola dan kecepatan bola, serta pada titik atas bagaimana pergerakan bola. Jika ada peserta didik yang memiliki bakat dalam cabang sepak bola ini maka guru sebaiknya merancang program ekstrakurikuler.

    Aktivitas Pembelajaran 2 (Variasi dan Kombinasi Gerakan Menggiring Bola dengan Menggunakan Kaki Bagian Dalam, Luar, dan Punggung Kaki)

Setelah peserta didik mempelajari tentang variasi dan kombinsai menendang dan memberhentikan bola menggunakan berbagai bagian kaki, sekarang tugaskan mereka untuk mempelajari tentang variasi menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam, luar, dan punggung kaki permainan sepak bola sebagai berikut.

    Tugaskan peserta didik secara berpasangan, masing-masing mendapatkan satu bola.

    Satu orang berdiri di depan, berperan sebagai penentu arah dan pasangannya di belakangnya pada jarak 2 meter.

    Penentu arah mulai menggiring bola menggunakan berbagai


bagian kaki dengan kaki kanan dan kaki kiri ke berbagai arah dan pasangannya mengikuti gerakan dengan arah yang sama.

    Setelah beberapa saat lakukan pergantian posisi.

    Setelah terpantau ada peningkatan keterampilan maka, peserta didik diminta untuk menerapkan keterampilan yang sudah dipelajari dalam permainan sepak bola dengan peraturan yang disederhanakan.















Gambar 1.2 Aktivitas pembelajaran 2 variasi dan kombinasi menggiring bola

Setelah peserta didik mempelajari variasi menggiring bola menggunakan berbagai bagian kaki menggunakan kaki kiri dan kanan, tugaskan mereka untuk mendiskusikan keterampilan ini bersama teman-temannya, dan hasilnya dapat peserta didik jadikan sebagai portofolio hasil belajar.

    Aktivitas Pembelajaran 3 (Variasi dan Kombinasi Gerakan Menggiring, Menendang, dan Menghentikan Bola)

Jenis latihan yang ketiga untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam permainan sepak bola dan sekaligus meningkatkan kebugaran jasmaninya adalah variasi dan kombinasi gerakan menggiring, menendang, dan menghentikan bola sebagai berikut ini:

    Tugas ini dilakukan secara berpasangan.

    Setiap pasangan berdiri menghadap ke depan dalam satu barisan.

    Tugas 1 peserta didik menggiring menggunakan kaki kiri dan kanan secara bergantian menempuh jarak sekitar 7-10 meter, lalu bola ditahan menggunakan telapak kaki, kemudian

berputar arah 180 derajat.

    Setelah badan menghadap teman, tendang bola ke arahnya dan ditahan dengan telapak kaki, kaki bagian dalam/luar atau punggung kaki.

    Lakukan permainan secara bergantian













Gambar 1.3 Aktivitas pembelajaran 3 variasi dan kombinasi menggiring, menendang, dan menahan bola

Latihan jenis ini dapat divariasikan dengan bentuk lain seperti, menggiring, memberhentikan, dan menendang bola dalam formasi segi tiga, setelah beberapa saat diganti segi empat, garis lurus, atau menyerong. Pola latihan seperti ini akan membuat peserta didik sangat tertantang dan kemajuan keterampilan mereka agak cepat tercapai.

 Aktivitas Pembelajaran 4 (Variasi dan Kombinasi Gerakan Menggiring dan Menendang ke Arah Sasaran (Gawang), Arah Gerakan Menggiring Lurus)

Tugaskan 1 orang peserta didik yang terpantau mampu untuk memperagakan variasi dan kombinasi gerakan menggiring dan mengumpan ke arah sasaran gawang, dan peserta didik yang lain mengamatinya.

Aktivitas pembelajarannya sebagai berikut.

 Tugaskan peserta secara berpasangan atau berkelompok, seluruh peserta didik tersebar ke seluruh kelompok, jika sarana memadai.

 Suruh peserta didik untuk membuat media pembelajaran berupa sebuah gawang menggunakan bendera/cone atau sepatu lebar kira-kira 2 meter.


BUATLAH RESUME TERKAIT MATERI DIATAS 


Terimakasih Sampai jumpa lagi di materi selanjutnya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

latihan soal us kelas 9

 Satuan Pendidikan    : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                : Andi Prayogo,S.Pd NIK                             : 198411162015071345 Kelas                           : 9 Pertemuan Ke              : 18 Assalamualaikum Wr Wb, Apa kabar ananda semua? semoga kita semua dalam lindingan allah SWT aamiin ya robal alamin Mari sebelum kita muli pembelajaran pada hari ini, mari kita berdoa sebelum belajar,berdoa mulai semoga setelah kita berdoa kita di beri kelancaran dalam belajar,dan ilmu yang kita pelajari dapat terserap dengan baik,dan berguna bagi kita semua,aamiin yarobal alamin. TUJUAN    - siswa mampu mengusai pengetahuitentang materi permainan bola besar, permaian bola kecil, bela diri cabang atletik, Kebugaran jasmani, Senam lantai, senam berirama, aktivitas di air, P3K,dan Pencegahan penyakit dengan baik MATERI Soal latihan us 1.   Sepakbola merupakan permainan yang sangat familiar di dunia termasuk di Negara kita, tidak jarang kita sangg

TEKNIK DASAR SERVIS

1. Teknik Dasar Servis Servis adalah sesuatu yang sangat penting pada permainan  bola voli , sebab tanpa servis masuk, sebuah tim tidak dapat memperoleh poin (angka). Dengan servis yang baik, maka sebuah tim dapat memenangkan suatu pertandingan. Macam-macam servis bola voli  antara lain: a. underhand serve, b. tennis serve, c. change-up serve, d. floating serve. Berikut contoh servis permainan bola voli : a. Sikap  underhand serve  (servis bawah) ilustrasi underhand serve Caranya: 1. Kaki kiri di depan, sedangkan untuk kaki kanan berada di belakang. 2. Berat badan di depan (agak condong ke depan). 3. Tangan kanan diayun ke belakang. 4. Bola kemudian dilepas - pukul - kaki kanan langkahkan ke depan. 5 Pukulan dapat dengan tangan dikepal atau dengan telapak tangan. b. Sikap  tennis serve  (servis atas) ilustrasi  tennis serve Caranya: 1. Kaki kiri berada di depan. 2. Sedangkan untuk kaki kanan ke belakang. 3. Posisi badan tegak. 4. Tangan kiri memegang bola di depan atas, sed

PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA KELAS 7

  Satuan Pendidikan     : SMP AL-AZHAR  BANDAR LAMPUNG Guru Mapel                    : Andi Prayogo,S.Pd NIK                                     :  19841116201507134 5 Kelas                              : 7 Koetensi dasar               : 3.9   Memahami perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. Indikator                              : 3.9.1. Mengidentifikasikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 3.9.2. Menjelaskan cara menganalisis perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.1.   Memaparkan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fisik sekunder dan mental. 4.9.2. Mendiskusikan perkembangan tubuh remaja yang meliputi perubahan fis